Kamis, 31 Juli 2014

Kupon Reward Fadhil

  2 comments    
categories: 
Assalamu'alaikum, maaakss!

Libur sekolah kali ini lama banget gara-gara nyambung sama Ramadhan dan Idul Fitri. Bikin begaaah! Tadinya sok-sok kreatif ngerancang kegiatan anak-anak di rumah selama liburan, tapi saking lamanya, akhirnya kehabisan ide. Ujung-ujungnya bocah dikasih main komputer/tab tiap udah mati gaya. 

Si Fadhil nih ya, kalo nggak dibatesin main komputer atau tablet, suka lupa daratan dan lautan banget! Rada-rada udah kecanduan dan sering bikin esmosi jiwa kalau nyuruh stop main. Yang paling bikin spanneng kalau gara-gara asik maen, dia suka lalai sholat dan ngaji. Wogh, bikin mamanya yang cantik dan keren dan awesome ini sewot. 

Kalo nggak ada yang nyuruh berhenti main tab, nggak bakalan berhenti maen anak-anak ini -_-


Lama-lama jadi kasian juga sama dia, kena omel melulu tiap nyuruh sholat. Lah, dianya juga jadi kendor, gak ada kesadaran sendiri untuk sholat dan ngaji. Boro-boro, mandi aja kadang suka lupa kalo udah keasikan maen komputer. Akhirnya, saya harus mencari solusi biar keadaan gak kondusif begini gak keterusan. Repot bo, Fadhil udah kelas 6 sekarang. Harusnya dia udah mulai inisiatif sendiri buat belajar, sholat, mandi, beberes kamar dan lain-lain tanpa harus disuruh. Tapi ya, saya juga paham, menerapkan disiplin begini ke anak-anak nggak bisa instan kayak bikin pop mie. *lalu laper, pengen makan pop mie*

Akhirnya, beginilah cara saya untuk bisa membuatnya kembali ke jalan yang benar. 

Ladies and gentlemen, I present you: Kupon Reward!

Saya dan Fadhil membuat sebuah kesepakatan, bahwa mulai tahun ajaran baru ini, saya akan menyediakan beberapa kupon bermain komputer dan tablet untuk Fadhil. Kupon tersebut bisa didapatnya kalau dia bisa memenuhi tugas-tugas yang harus dilakukan sehari-hari. Bentuk perjanjian ini sebenernya sederhana banget, tapi kalo dia nggak bisa memenuhi ya resikonya nggak bisa maen komputer dan tablet. It must be hard for him. Hihihihi.



Bentuk perjanjian kupon reward Fadhil:

1. Kupon Reward hanya bisa ditukar pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur.
2. Setiap Kupon Reward yang didapat, harus ditanda-tangani oleh Mama atau Papa dan dimasukkan ke dalam stoples.
3. Kupon Reward yang sudah diberikan bisa ditarik kembali jika Fadhil melakukan kesalahan/kelalaian, misalnya lupa sholat atau berantem rusuh sama adeknya.
4. Kupon Reward ada 4 macam:
    a. 5 menit untuk main komputer
    b. 10 menit untuk main komputer
    c. 5 menit untuk main tab/HP
    d. 10 menit untuk main tab/HP



5. Total Kupon Reward yang bisa ditukar dalam satu hari (Sabtu/Minggu/hari libur) maksimal 90 menit.
6. Khusus untuk sholat dan membaca Al Quran, reward yang berlaku hanya yang 5 menit, karena kegiatan tersebut bisa dilakukan berulangkali dalam sehari kalau dia mau menabung kupon sebanyak-banyaknya. Makin banyak sholat (fardhu dan sunnah) dan membaca Al Quran, maka makin banyak kupon terkumpul.
7. Reward 10 menit akan diberikan untuk tugas-tugas harian seperti membereskan kamar, membantu membawa cucian kotor ke belakang, membantu cuci piring, belajar, latihan matematika, menemani adik bermain, dan lain-lain.



8. Sekali seminggu akan ada Jackpot Reward berupa 60 menit bermain di komputer atau tablet, jika Fadhil bisa memenuhi tantangan Mama dan Papa. Bentuk tantangan bisa bermacam-macam: hafalan surat pendek, menyelesaikan membaca sebuah buku dalam seminggu, latihan menulis setiap hari sebanyak satu lembar (tulisannya cakar ayam banget! -_-)




Tujuannya saya buat kesepakatan seperti ini, biar Fadhil juga paham kalau bermain game online juga harus ada batasnya. Selain itu,biar bisa memacu semangatnya untuk mulai inisiatif sendiri melakukan tugas-tugas yang harusnya sudah jadi kesehariannya. Soal reward memang mungkin terasa seperti suap, tapi untuk anak-anak rasanya sah-sah saja. Karena tujuan awal saya untuk membentuk kebiasaan dan rutinitas. Semoga semakin besar nanti, tanpa reward pun, dia sudah terbiasa. Selain itu, seru aja kalau dibuat semacam permainan begini. Saya berharap, Safina yang sekarang masih belum bisa baca, mengamati kesepakatan kami ini. Dan segera, setelah Safina bisa ikut join dalam agreement, dia pun akan saya libatkan.



Btw, belom-belom kemaren saya udah ditagih satu kupon sama Fadhil karena dia membereskan sofa depan TV. Hihihihi.

2 komentar:

  1. Wah, ide yang bagus, Mak :3. Tapi, itu total maksimal bisa maennya 3 jam, ya, wah waktunya kurang puas itu, mak :D. Hehe.. Titip salam semangat, ya, mak, buat anaknya :D

    BalasHapus
  2. Pengen banget nyobain metode reward ni; secara si kimpuy yg 5 tahun juga sdh ada gejala kecanduan. Tp kalo buat umur segitu, pake berantem ga, ya?

    BalasHapus