Minggu, 14 Februari 2016

Belajar Hand Lettering dengan Kuas dan Cat Air untuk Pemula

  23 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Baru juga dua bulanan mendalami seni hand lettering gara-gara latah ikut kekinian di Instagram. Sekarang udah mau ngasih tutorial ala-ala pun. Emak Gaoel mah gitu orangnya. Sotoy. Hahaha! Etapi, beneran deh, cobain hand lettering buat kegiatan santai-santai di rumah, relaxing banget, lho! Apalagi kita nulis-nulis indah quotes yang nggak kalah indah dan inspiratif. Pikiran jadi fresh dan positif banget jadinya. Nggak kepikiran lagi deh mau nyinyirin orang di socmed. Eh. Saya malah punya project besar untuk tahun 2016 ini, menulis terjemah Qur'an dengan hand lettering. Saya udah cerita di sini


Jadi gini, ya. (Songong dimulai). Hand lettering itu salah satu bagian dari seni kaligrafi dan typography. Ada banyak macam dan medianya. Bisa pakai brush pen (yang harganya mayan nguras dompet), bisa pakai kuas dan cat air, bisa pakai marker, bisa pakai pulpen kheuseus untuk kaligrafi (ini juga mehong, cyin). Tapi bukan masalah harga peralatannya sih kalau kata saya. Soalnya kalau emang udah suka, nantinya pasti niat banget nabung supaya bisa punya peralatan yang mumpuni. Apalagi kalau udah mulai mikir untuk dibisnisin (kayak saya) hihihi. 

Jadi kalau latihan hand lettering pakai cat air untuk pemula kayak saya gini, gimana belajarnya?

Kertas

Pakai sketch book atau buku gambar biasa juga nggak masalah, sih. Asal pastikan kertasnya cukup tebal, karena kalau pakai cat air, suka tembus kalau kertasnya terlalu tipis. Kalau saya, untuk menghemat, saya pakai kertas HVS yang beratnya 100 gr. Beli langsung satu rim, pakainya bolak-balik, karena untuk latihan. 

Kuas


Berhubung saya mau bahasnya kali ini tentang hand lettering pakai cat air, berarti alatnya kuas. Nanti postingan selanjutnya bolehlah kita bahas tentang hand lettering menggunakan brush pen. Untuk kuas saya pakai merek Lyra. Kuas ini ada berbagai ukuran mulai dari nomor 1 (kayanya sih ada nomor 0 juga, tapi saya belum nemu). Saya pakai nomor 1,2 dan 3 (ukuran kecil). Kuas ini paling enak dari beberapa kuas yang saya coba. Mak Tanti sih makenya merek Joyko, tapi saya belum ketemu juga kuasnya. Kuas Lyra ini murah kok, harganya nggak sampai Rp 10.000/buah. Kumpulan seratnya padat dan ujungnya lancip. Jadi memudahkan saat melakukan lettering yang banyak gerakan memutarnya.

Cat air

Bebas. Pakai yang mana aja. Saya sendiri lebih suka pakai cat air kering, yang tinggal dicocol (((DICOCOL))) air di ujung kuas kayak GIOTTO Watercolor ini. Saya nggak perlu palet lagi memakai cat ini. Tapi kalau mau pakai yang model cat dalam tube juga silakan, tapi ya mau nggak mau harus punya palet juga.

Practice


Basic hand lettering dengan menggunakan kuas adalah cara memegang kuas dan tekanan kuas saat menulis. Ini harus dilatih supaya luwes. Cara memegang kuas sebenarnya nggak bisa diajarin lewat tulisan dan juga tiap orang harus menemukan posisi kuas yang dirasa paling nyaman di tangannya. So, saran saya, cobain berbagai posisi (memegang kuas) sampai menemukan yang paling nyaman saat melakukan gerakan menulis. 
Basic rule hand lettering (baik itu tulisan sambung mau pun cetak), tekanan dikurangi saat kuas bergerak ke atas, dan ditambah saat gerakan ke bawah. Istilahnya dalam ilmu lettering adalah strokes up dan strokes down. Ini juga perlu dilatih. Untuk basic gerakan tiap huruf bisa dilihat di video ini. 

Latihan brush lettering menulis alphabet dengan kuas dan cat air. Kuas yang saya pakai Lyra no.1. Videonya dipercepat...
Posted by Winda Krisnadefa on Sunday, 14 February 2016


Referensi belajar di Instagram

Banyak letterer terkenal di Instagram. Sebagian besar share video tutorial singkat. Video-video ini sangat membantu proses belajar saya selama beberapa bulan ini. Yang perlu kita ingat adalah, jangan terintimidasi dengan cantiknya huruf yang mereka hasilkan, lalu terobsesi untuk membuat bentuk yang sama persis dengan milik mereka. Yang ada malah jadi stress. Hahaha. Yang penting justru, menemukan kenyamanan menulis terlebih dahulu, lalu dengan banyaknya latihan kita justru akan bisa menemukan bentuk khas milik kita sendiri. Sama aja kayak nulis, kok. Latihan, latihan, latihan. 
Ini beberapa akun yang bisa kamu kepoin di IG:
@stefankunz
@handwritten.sg
@poppyandmintdesign
@blackchalkco
@renmadecalligraphy
@letteringcamp

Semoga bermanfaat, ya! :* 

23 komentar:

  1. keren mbak, saya juga pengen belajar :-)

    BalasHapus
  2. Ini namnaya latah kekinian namun memberikan masukan yang positif lho Mba.. Buktinya berkat mempostimg lettering di IG kan akhirnya bisa menerbitkan buku ttgb lettering.. Sukses ya Mba..

    BalasHapus
  3. Saya pengen banget bisa gini mak.. Tapi apa daya medianya gak jauh2 dari pensil, pulpen dan stabilo..haha.. Belum niat

    BalasHapus
  4. Aku juga lagi demam ini mbaak..pake kuas lyra 1. Tapi yaaa aku anaknya mah angot angotan. Hahaha

    BalasHapus
  5. Aku juga lagi demam ini mbaak..pake kuas lyra 1. Tapi yaaa aku anaknya mah angot angotan. Hahaha

    BalasHapus
  6. Duuuhhh gemes kalo liat handlettering gini. BAru nyoba pake spidol tapi kurang oke. Next nyoba pake kuas aaah.

    BalasHapus
  7. Kalau udah terbiasa memang bikinnya cepet yah gak belepotan

    BalasHapus
  8. Dua bulan udah bisa bya nincileolornget sih XD
    Kebetulkan aku punyanya pencilcolor yang bisa berubah jadi cat air dan bisa bikin palet sendiri.
    Cuma ya agak ribet.. dan kuasnya cuma punya dari bawaannya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. deuh ini keyboard kenapa si. Maksudku itu ini dua bulan udah bisa keren begini XD

      Hapus
  9. Wah aku kudu ngasih tau adekku nih dia kalau tau ada kaya gini pasti suka ngikutin, makasih ya mak infonya :)

    BalasHapus
  10. wah kayaknya sulit ya secara aku mah gak bisa nulis bagus

    BalasHapus
  11. Jadi pingin belajar juga mak. Dari dulu saya suka coret-coret tapi kurang kreatif, jadi harus nyontek dulu baru beraksi :)

    Terima Kasih sharingnya Mak

    BalasHapus
  12. bisa gak ya.. duh gak bakat nulis cantik bgini dari kecil mak..

    BalasHapus
  13. Duuuh gak bakat deh kaya'nya bikin ginian. :(

    BalasHapus
  14. Susah banget mbakk... tapi bolehlah dicobaaaa ^^

    BalasHapus
  15. Cantik...makasih mba^^ mau jajal yg pake pidol dulu heheuu

    BalasHapus
  16. aku juga sukaaa banget hand lettering mak..tapi belum merambanh ke kuas, masih mengandalkan spidol hehehe

    BalasHapus
  17. Aku suka naksir lihat tulisannya, mba :)
    Ntar aku belajar lagi ah :)

    BalasHapus
  18. Aku mah bisanya mewarnai aja. * itu juga ala2 anak TK. hehe.
    Nice Post Mak. :-D

    BalasHapus