Senin, 16 Mei 2016

Belajar Bisnis Bareng Bogasari di Kidzania

  4 comments    
categories: 
Assalamu'alaikum.

Alhamdulillaah, Kidzania sayang banget sama Emak Gaoel. Hampir tiap tahun dapat undangan dari tempat main anak-anak yang ngehitz itu. Tanggal 12 Mei kemarin, saya kembali diundang untuk menghadiri seminar Entrepreneurship Berbasis Terigu yang diadakan oleh Bogasari di Kidzania Jakarta. 


Ini apa sih, entrepreneurship berbasis terigu? Bingung juga waktu saya baca e-mailnya. Tapi pasti ini gak jauh-jauh dari masak-masak, deh. Dan walaupun saya gak hobi masak, apalagi bikin kue, saya tetap memutuskan untuk datang juga hari itu.

Alhamdulillaah, saya datang. Ternyata isi seminar dan demo-nya banyak banget manfaatnya buat saya yang gak suka masak, apalagi buat yang hobi dan minat banget bikin kue. Eh, mau masuk bulan Ramadhan, nih! Jualan kue laku banget, chiyn. Belajar dulu dari hasil seminar saya kemarin, yok. Soalnya nara sumbernya berbagi kiat-kiat bisnis kue yang bagus banget. 

Berhubung acaranya di Kidzania, anak-anak saya bisa ikut, mereka asik main di luar, saya tenang mengikuti acara di dalam gedung teater Kidzania. Acara pagi itu dibuka oleh MC dan perwakilan dari Kidzania dan Bogasari sebagai yang punya hajat hari itu.


Btw, kalau ke Kidzania, lihat-lihat beberapa arena permainan ternyata hampir semuanya pakai tepung Bogasari, seperti toko donat, toko roti, toko kue dan restoran pizza atau yang disebut Establishment Baking Center. Jadi Bogasari dan Kidzania ini memang sudah menjalin hubungan baik sejak lama, sejak tahun 2007 lho. Nggak heran, kali ini Bogasari pun mengundang pecinta Kidzania untuk belajar bisnis kue di Kidzania.

Yang ditunggu-tunggu oleh undangan akhirnya naik panggung. Chef Yeni Ismayani, seorang chef dan food stylist, mulai menjelaskan seluk-beluk memulai bisnis berbasis terigu. Bisnis berbasis terigu? Gimana maksudnya? Ya, mulai bisnis kue gitu. lho. Biar pun pemaparan bisnisnya seputar kue (makanan manis), Chef Yeni berbagi poin-poin penting untuk semua orang yang ingin memulai bisnis mikro/kecilnya di bidang apa aja. Maksudnya, poin-poin yang dijelaskan aplikatif untuk kita semua. 

Misalnya, kalau mau mulai bisnis itu yang paling dibutuhkan adalah ketahanan mental alias gak gampang menyerah. Mau jualan kue, baru sehari jualan, nggak laku, langsung mundur. Yah, ke laut deh. Terus, kalau jadi pelaku bisnis itu jangan mentok di modal. Gak ada deh itu istilah, "Gak punya modal gede," terus nggak berani mulai. Apalagi kalau mau mulai bisnis kue, didukung banget tuh sama Bogasari dengan tepung pancake Chesa-nya yang murah, gampang diolah, mudah dikreasikan dan yang pasti enak. Ntar deh, belakangan ya saya kasih liat, Chef Yeni bisa bikin pancake model apa aja dari tepung pancake Chesa ini.


Terus, kata Chef Yeni lagi nih, hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat memulai bisnis adalah pemilihan lokasi, promosi dan fokus pada satu bisnis. Naah, penting, nih! Fokus. Karena biasanya kita belum apa-apa, udah pengen bikin yang lain. Padahal, sebaiknya saat baru mulai, fokus dulu ke satu jenis makanan yang kita inginkan menjadi brand terkuat kita. Misalnya, ingin dikenal sebagai penjual pancake paling enak di Bekasi, fokus aja jual pancake. Nggak usah dulu deh mikir, mau nambah jenis kue lain, kayak kue cucur, kue klepon, atau kue rangi. Ntaar, kalau bisnis udah mulai berkembang, boleh deh mulai mikirin ekspansi produk. Gitchuuu!


Sambil Chef Yeni cuap-cuap di panggung, plus rada stand up komedian (serius, ni chef cantik kocak juga ternyata, hahaha), kita dibagiin sampel pancake bolognaise hasil kreasi Chef Yeni. Eh, enak. Pengen minta tambah, tapi malu. Bhik. 

Btw, kalau memang berminat untuk memulai usaha berbasis terigu, Bogasari punya yang namanya Bogasari Baking Center, lho. Di sana kita diajarin sampai ngelotok seputar membuat kue dan penganan. Dan ada sertifikatnya. Ini kayak kuliah singkat jurusan pastry and bakery, lho. Udah banyak lulusan BBC ini yang sukses jadi pengusaha kue. Selengkapnya kalau minat bisa baca-baca di sini.


Setelah selesai ngobrol tentang bisnis, Chef Yeni keluar dari teater Kidzania dan mulai demo masak di sana. Wuidih, saya paling demen nonton orang masak. Hahaha. Nangkring sebelahnya Chef Yeni, ngarep dapet sampel lagi. Hari itu Chef Yeni memperagakan kreasi pancakenya dengan menggunakan tepung Chesa dari Bogasari. Serius lho, ternyata pancake kalau diolah jadi makanan gurih, enak juga jadinya. Ini saya sambil nulis jadi kebayang-bayang lagi pancake bolognaise-nya. Huaa, besok bikin ah. 


Pokoknya, kalau mau mulai bisnis kue (berbasis terigu) jangan ragu lagi, ya. Bisa pilih produk dari Bogasari untuk mulai atau belajar serius dulu di BBC. Terima kasih, Kidzania, udah ngundang saya. Walaupun mungkin saya nggak bakalan buka usaha pastry, tapi saya belajar banyak soal bisnis. Pssst, intip bisnis Emak Gaoel yang lagi ngehits di sini, ya. :D

4 komentar:

  1. Belum pernah nyobain bikin kue paka tepung premix gini. Biasanya sih anti gagal yah?

    BalasHapus
  2. Aku dari kecil seneng banget bikin kue, pengen bisnis tapi gak pede, karena belajarnya sendiri doang. Ternyata asik ya bogasari ngadain kuliah singkat kaya gitu, dapet sertifikat lagi, jadi pengen ikutan. Anyway, thanks mak. sharingnya bermanfaat banget.

    BalasHapus
  3. Iyaaah... besok dia buka toko bakery *curiga ciiiyn

    BalasHapus
  4. jadi ingin belajar bikin kue nih, Mak~ :D
    asik banget kelihatannya, apalagi sampai dijadikan bisnis ya~

    BalasHapus