Sabtu, 09 Februari 2019

Gini Amat Punya Anak ABG Cowok

  5 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Dua tahun terakhir ini, hidup gue dapat tantangan baru: ngadepin anak cowok ABG yang judesnya mintak ampun kalo ngomong sama mamaknya. -_- Gue gak inget juga awalnya kapan dan gimana, apalagi pemicunya. Perasaan pas dia masih kecil, manis-manis aja kelakuannya, kok begitu masuk kelas 3 SMP mulai sewot-sewotan. :v

Gue bukannya gak tau sih, emang susah ngadepin anak ABG. Gue tau banget, karena dulu gue juga termasuk anak yang rada susah "damai" sama nyokap gue. Tapi nyokap gue dulu orangnya emang keras dan disiplin banget, jadi wajar aja ada bentrokan-bentrokan, kaan. Sementara gueeeh? Gue ini kok yakin banget kalo udah jadi emak yang super cool, awesome, keren, gaul, asik, gitu. Kok masih kena dijudesin sama anak? Hiks. 


Eniwei, anak bujang gue ini, Fadhil, 15 tahun, bukan anak yang bermasalah. Dia penyayang, kok. Banget malah, apalagi sama adeknya, Safina. Cuma gak ekspresif aja. Jadi gue berusaha aja sabar-sabar, elus-elus dada kalau lagi ngomong sama dia. Yang bener-bener menguji kesabaran itu kalo pas nyuruh dia sholat sama bersihin kamar. Ya Lord, cobaan kok gini amat, yak. Heuuu... Serius, kalo gue nurutin emosi, dia juga emosi, ujung-ujungnya bisa berantem. Satu lagi kendala berkomunikasi sama anak seumur dia nih, mereka kok kalo ngomong gak pernah jelas, ya? Pernah gue tanyain di status FB, apa cuma anak gue doang yang kalo ditanya, jawabannya yang keluar kayak orang lagi kumur-kumur pake kuah cilok panas? Ternyata banyak! Why? Entahlah. Sedikit ilustrasi percakapan yang harusnya ringan, bisa berujung "petaka" jutek-jutekan cuma gara-gara ngomong kayak kumur-kumur ini:

Me: "Dhil, udah sholat belum?
Him: "^$*$... ((^&%$..."
Me: "Ya ampun. Sholat dulu dong, Dhil! Udah jam berapa ini?"
Him: "*%^%@* )((^% ...($@**^"
Me: "Sholat, Dhiil ...."
Him: "(% *(#@ ((*^$@@*()..."
Me: "Apa? Ngomong apaan, sih dari tadi, gak jelas."
Him: "UDAH SHOLAT TADI DI SEKOLAH!"
Me: " Ooooo....." Melipir ....

Iye, tau. Harusnya gue dengerin dulu yang jelas dia ngomong apaan, baru komentar, kan? Tapi coba bayangin komunikasi 24 jam kayak gitu, tiap dia ngomong, gue nanya, "Apaaah?" Khawatir malah ntar anak gue yang kena darah tinggi gara-gara emaknya dikira budeg. -_-

Heuuh... Kadang gue suka mikir, apa ini "ganjaran" yang harus gue terima karena punya anak-anak yang manis-manis banget waktu merekaa kecil, ya? Dua anak gue dari bayi nggak pernah bikin repot baik di rumah mau pun kalau dibawa keluar. Kolik? Nope. Nangis minta mainan? Nope. Ngambek? Nope. Tantrum? NEVER. Gue ngerasa Allah emang ngasih kemudahan banget buat gue selama anak-anak ini bayik. Allah emang Maha Tahu kalau hambaNya ini gak kompeten-kompeten amat jadi ibu. Semacam gak tega kayanya kalau gue harus dealing sama masalah-masalah kayak gitu. Gue bersyukur banget. Tapi ketika menjelang remaja, ternyata tantangannya lebih menguji kesabaran dibanding cuma ngurusin anak rewel minta mainan di mall. :v

Alhamdulillaah-nya, Fadhil ini punya channel penyaluran yang positif. Dia hobi banget main gitar dan ngulik-ngulik gitar listriknya. Sering nge-jam bareng papanya. Kadang dibawa nonton konser juga. Pokoknya, minat dia ke musik besar banget. Yang apes, gue gak ngerti musik sama sekali. Wakakakak. Jadi gimanalah caranya emak membangun komunikasi manis sama anak abege-nya inieh, pemirsa? :v

Biasanya sekarang gue sama papanya ngakalin cara ngobrol ke dia. Bagian ngomong serius-serius, biar papanya aja karena bisa diselipin sambil main musik bareng. Bagian mama, jatahnya menye-menye aja, kayak, "Dhil, belum cium Mama. Cium dulu, dong." atau, "Fadhil sayang gak sih sama Mama? Kok udah lama gak peluk Mama?" Byahaha. Untungnya, biar pun dia kurang ekspresif, gue selalu tau kalau dia sayang banget sama gue. Asal bukan di depan umum, (kalau diminta) dia selalu mau peluk dan cium gue sampai sekarang. Jadi gue juga udah ngurang-nguranginlah ngomel-ngomel buat urusan yang itu-itu terus. Kayak urusan bersihin kamar, gue udah mulai rada give up, deh. Sampe tadi sore ....

Temen-temennya datang ke rumah, un-announced. Dia panik. Gue tau banget itu kamar lagi kayak ada adegan Anaconda ngamuk di dalemnya. Sambil panik, pas temen-temennya mau masuk ke kamarnya dia bilang, "Lo pada ke sini kenapa gak bilang-bilang dulu, sih?" Dijawab sama temen-temennya, "Astaghfirullooh, Dhiiil! Kamar loo!" Bwahahahaha. 

Kadang emak gak usah banyak-banyak ngomong, biarin aja anaknya belajar sendiri, lewat kesalahan atau malu. Moga-moga kapok, besok-besok inget sendiri bersihin kamarnya. :p

Jangan putus asa, para emaks yang sama-sama berjuang komunikasi sama anak ABG kek gue, yaaa. Selalu yakin aja kalau kita tuh pada dasarnya pengen membesarkan anak-anak yang baik, dan sedang melakukannya sampai sekarang dengan seluruh kemampuan dan kekuatan kita. Mereka pasti jadi orang baik, insya Allah. Cuma judes aja dikit .....

5 komentar:

  1. Wakaka ... I feel you mak. Lha, anak gw masih 10 taon aja ngomongnya udah kayak kumur2, padahal cewe lho. Tapi anak2 sekarang emang ga bisa diperlakukan seperti mak-bapak perlakukan kita dulu. Zaman dulu mak melotot dikit aja anak pasti udah mundur dengan teratur, lha, anak sekarang dipelototin? Kagak ngaruh merekanya. Sambil nyantai, ngeteh, nonton, selipin deh tuh petuah, biasanya sih lumayan masuk. Yuk ah, semangat maaak. Menghadapi anak milenial, maknya kudu platineal *apaan sih?*

    BalasHapus
  2. Hehehe... Bisa juga anak cowok malu gegara kamarnya masih berantakan. Biasanya kan cuek2 bebek...

    Kalau disini mungkin ngremeng ya. Jadi anak ngremeng saat si emak rada bawel. Akupun juga gitu sama ibuku.... Hehehe...

    BalasHapus
  3. Ahahahaha...aku ngalamin sama anak anak ragil mbak.Kan dia kost, tiap kali ku suruh jangan lupa sapu kamarnya.Dan dirapiin.jawab ya tapi nggak pernah dilakuin.Nah barusan ada kakaknkelas mampir ke kost dan ke kamarnya.Langsung nyapu dan bersih2.Emang kudu dijeblesin kok ya.nak anak ini

    BalasHapus
  4. Ooo gitu yaa..siap2 ahh...anak aku baru umur 6 tahun she :-P

    BalasHapus
  5. ponakanku gitu, Mbak. Mau nanya apa, jawabnya cuma "Heh", "Huh", dan sebangsanya. Tapi kalau ngobrol sama temannya kok asyik aja ya.

    BalasHapus