Minggu, 22 Februari 2009

Mengapa Autis Jadi Kata Yang Populer Sejak Facebook Menggila?

  2 comments    


Temans, aku cuma prihatin...Jangan salah tanggap dulu yah. Sering baca komen orang-orang di fesbug, kalo seseorang udah keliatan konseeeen banged sama status dan fesbuk-nya, biasanya muncul komentar : lagi autis ya?. Untuk informasi singkat tentang autis itu sendiri aku kutip tulisan dari sang ahli nih yaa...

Penyebab autis belum diketahui secara pasti. Beberapa ahli menyebutkan autis disebabkan karena multifaktorial. Beberapa peneliti mengungkapkan terdapat gangguan biokimia, ahli lain berpendapat bahwa autisme disebabkan oleh gangguan psikiatri/jiwa. Ahli lainnya berpendapat bahwa autisme disebabkan oleh karena kombinasi makanan yang salah atau lingkungan yang terkontaminasi zat-zat beracun yang mengakibatkan kerusakan pada usus besar yang mengakibatkan masalah dalam tingkah laku dan fisik termasuk autis.(Griya Fisioterapi Abu Ukasyah).

Kebayang gak gimana beratnya mendidik anak autis? Belum lagi menghadapi kenyataan kalau ternyata penyakit ini gak ada obatnya, hanya ada pencegah untuk menjadi lebih buruk lagi. Berikut gambaran bagaimana beratnya perjuangan orang tua yang memiliki anak autis:

http://www.tabloidnova.com/article.php?name=/perjuangan-orang-tua-dampingi-si-buah-hati-1&channel=news%2Fperistiwa

Berat yaaa? Yuuuk, mulai sekarang kita coba untuk lebih berempati dengan kesusahan orang lain. Jangan justru jadikan itu sebagai bahan olok-olokan. Kadang kita tidak sadar apa yang kita perbuat dan ucapkan mungkin bisa menyakiti hati orang lain, walaupun kita tidak bermaksud begitu. Anggaplah ini kekhilafan kita sebagai manusia dan semoga di waktu mendatang kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Sekali lagi, temans...tidak ada maksud untuk menggurui. Hanya ingin berbagi dan semoga bisa diterima dengan hati sejuk dan senyum manis. :-)

2 komentar:

  1. Betul, saya juga heran dengan begitu banyaknya istilah yang dipakai sekena-kenanya aja tanpa tahu benar makna dari kata tersebut.

    Thanks for sharing ya.

    BalasHapus
  2. iya G, padahal banyak bahan joke lain yang jauh lebih lucu daripada bawa2 kekurangan orang lain kaya gini kan? lagian, becanda kaya gitu nggak bakalan bikin org ketawa ngakak-ngakak juga kok, so what's the point? cuma nyakitin perasaan orang aja...
    thank's dah nongol di post jadul ini ya G...^_^

    BalasHapus