Jumat, 09 Januari 2015

Sukses Membangun Toko Online

  12 comments    
categories: 
Assalamu'alaikum.
Pernah galau gak gara-gara sering banget nongkrong depan komputer, tapi yang diurusin status sama twit orang melulu? Kalau isinya bagus, dijempolin, kalau ngajak berantem akhirnya berantem di status. Gak sadar tau-tau udah 5 jam aja begitu. What a waste of time.
Saya pernah ada di masa-masa "kegelapan" itu, saat waktu saya di depan komputer dan internet bener-bener gak produktif. Akhirnya galau sendiri. Dan kepikiran, "Wah, kalau bisa jualan dan menghasilkan duit di internet kan lebih manfaat, minimal buat kesejahteraan dompet sendiri." Akhirnya, muncul deh ide mau jualan segala rupa barang. Mulai dari peralatan rumah tangga, hasil karya crafting sampai baju-baju muslim.
Saya pikir, kalau udah banyak temen di social media, cukuplah modal buat jualan online atau malah buka toko online sekalian. Songong, beud yak? Hahahaha. Akhirnya, karena mulainya dari pengetahuan cetek begitu, ya jualan sih jualan, tapi gak maksimal dan gak bertahan lama. 
Terus Mak Carra alias Caroline Ratri ngasih saya buku ini. 
  
Sukses Membangun Toko Online


Dan makin jelaslah ke-sotoy-an dan ke-songong-an saya selama ini. Mwahahaha. Eh, buka toko online emang gampang, tapi mau yang sukses atau yang setengah-setengah? Mulailah saya membaca buku yang covernya warna-warni unyu ini.
Selesai baca, saya manggut-manggut kayak ayam jago nyari cacing.Kesimpulannya: mudah kok buka toko online dan menjalankannya, asal tahu step by step yang harus dilakukan. Daan buku Mak Carra ini beneran komplit banget. Yang bikin saya seneng, biar pun sebagian membahas masalah teknis online yang berhubungan dengan internet, bahasanya gak "dewa". Buat orang gaptek kayak saya jadi mudah paham. Kan ada tuh, orang pinter soal teknologi, pas ngejelasin ke orang awam, pake bahasa tinggi. Yeh, buat apaan? Lah, kok malah pembahasan ke sono, sih? Wkwkwkwk.
Kembali ke buku ini. Diawali dengan langkah awal yang basic banget yaitu memahami apa itu bisnis online dan apa tujuan kita memulai bisnis online. Walaupun sepertinya sepele, tahap ini penting banget ternyata, karena dari sanalah kita mulai bisa setting semua aspek yang berhubungan dengan bisnis yang mau kita jalankan. Soalnya semuanya kan berawal dari niat, ya. :)

Di Bab selanjutnya kita diajak untuk setting sistem penjualan, produk yang mau dijual, pemilihan jasa pengiriman, menentukan jalur pemesanan sampai membuat branding toko online kita. Semua dibahas tuntas dan detil.

Bagian selanjutnya kita diajarin step by step membuat situs web toko online. Bener-bener anugerah banget buat orang gaptek kayak saya bisa dapat guidance ini. 

Di Bab selanjutnya sampai akhir dibahas dengan detil juga gimana mengatur situs web toko online, misalnya posting foto aturannya gimana. Lalu diajarin juga cara-cara mempercantik toko online kita, supaya lebih menarik di mata calon pembeli. Diajarin juga gimana cara yang efektif mempromosikan toko online kita. Intinya, semua diajarin! Tinggal mau belajar atau nggak. Soalnya asli, ini mah tinggal ngikutin aja.

Lewat buku ini juga, kita gak cuma diajarin jadi tukang jualan, tapi manager dari bisinis online milik kita. Bagaimana caranya menganalisis pengunjung web toko online? Dari sana kan kita bisa membaca market seperti apa yang mampir. Terus dikasih tahu juga caranya mendapatkan pelanggan baru dengan menggunakan banyak tools marketing. Bahasanya njelimet? Nggaaak! Saya aja yang gak ngerti marketing bisa paham, kok.

Sampai di bagian akhir pelajaran paling penting agar toko online kita managemen-nya rapi, kita diajarkan untuk mengatur keuangan secara tertata dan tepat.

Asli, dah! Abis baca buku ini, jadi semangat lagi pengen punya toko online. Hmmm.

Buku ini bisa kamu dapat di toko-toko buku terdekat atau pemesanan lewat web Stiletto Books. HargaRp 44.000 rasanya murah banget untuk ilmu segambreng yang sudah dirangkum sama Mak Carra di buku ini. Makasih ya, Mak! ^_^


Penulis : Carolina Ratri
ISBN : 978-602-7572-26-39-4
Tanggal Terbit : 15 Jul 2014
Jumlah Halaman : 211
Berat Buku : 250
Dimensi : 13 X 19
Harga : Rp 44.000,-

12 komentar:

  1. Jiaaah, jadi inget olshop yang udah ga keurus Mak..
    Lengkap nih pembahasan ttg olshop di bukunya Mak Carra..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap banget. Beneran, bisa jadi panduan. Aku seneng banget bisa punya buku ini. ^_^

      Hapus
  2. sebagai pelaku bisnis online, kayaknya kudu baca juga, tapi.. kalo membaca dari postingan emak gaoel, insya Allah manajemennya mendekati seperti apa yang sudah ditulis di buku tersebut. Bismillah karena Allah. semangaaaaaaaaaaaaaaatt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini detil banget step by stepnya. Keren bangetlah. Seenggaknya buat aku yg sotoy gini, jadi belajar banyak. Hehehe...iya, mulai bisnis dengan bismillaah krn Allah, insya Allah berkah ya mak... :)

      Hapus
  3. lengkap banget ya isi bukunya mak carra, bekal buat yg mau bangun toko online nih...

    BalasHapus
  4. waah harus beli bukunya nih :)

    BalasHapus
  5. pernah sempet pengen jualan craft buatan sendiri, tapi terbentur masalah pembagian waktunya sama sekolah, jadi batal deh..
    Nanti kalau sudah ada waktu lagi dan mau mulai, insya Allah beli bukunya deh, makasih infonya kak.. ^_^

    BalasHapus
  6. Aku mau beli buku nya ahhhh :D

    BalasHapus
  7. Makasih reviewnya Maaak :-*
    Semoga memberi manfaat buat semua yang baca yaaaa...
    Amin!

    BalasHapus
  8. Aku udah beli. Suka sama isinya yang ngebantu banget. Sama kayak mak Winda, aku juga belajar banyak.
    Ayuk mak, semangat jualan online :)

    BalasHapus
  9. Maaak, reviewnya bikin saya pengen beli bukunya Mak Carra deeeh...

    Saya juga jualan online nih, tapi susah banget majunya. Kayaknya perlu baca juga. Thanks ya infonya maaak :D

    BalasHapus
  10. Makasih infonya, Mak Gaoel. Walaupun Bunda, perhaps, gak akan punya online-shop, tapi who knows, one day Bunda juga akan belajar buka online-shop, hehe...

    BalasHapus