Jumat, 13 September 2019

The Carnival Enhaii, Reuni Rasa Konser

  4 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Setelah berbulan-bulan gw males banget nulis di sini, akhirnya ada satu alasan kuat untuk kembali. Reunian kampus gw minggu lalu emang beda bangetlah dari reuni-reuni lainnya. BEDA! BANGET! Gw bingung mau mulai dari mana. 

Before D Day


Dua bulan yang lalu, di timeline gw nongol flyer sederhana bertuliskan Grand Reunion The Carnival Enhaii. I was like, " OK, another reunion." Umur segini ya, undangan reuni sekolah udah silih-berganti. Yang udah-udah, buat gw, dateng ke reuni itu cuma jadi alasan untuk ketemu temen-temen deket gw masa sekolah aja. Teman-teman lain? Aduhlah, masih inget aja udah sukur. Dan mereka juga belum tentu inget sama gw. So, yes.... gw gak over excited liat flyernya. Dalam hati cuma ngomong, "Ya kalo bisa dateng, gw dateng. Kalo gak bisa, ya udah." Reuni akbar kampus gw, ENHAII, terakhir diadakan 3 tahun yang lalu. I didn't come, which made Angie Anggoro (Pastry 95) was super upset with me. Hihihihi. Karena dia datang jauh-jauh dari Bali, sementara gw dari Bekasi gak nongol. In my defense, Ngie, Bekasi lebih jauh dari Bali, ya. Kita beda planet. 

Gw japri Nanda Nuril (HOA 95, yang kemudian dalam waktu singkat berubah jadi KaNan yang ngehits banget di grup reuni), untuk konfirmasi tanggal reuni. Bukan apa-apa. Di flyer ditulis 07/09/19. Gw yang "bule" ini jadi ragu, apakah itu tanggal 9 Juli atau 7 September? Hahaha. Kalo 9 Juli, ya wassalam aja, itu tinggal 2 minggu dari hari itu. Bhay! Nanda confirmed acara diadakan tanggal 7 September. Katanya, "Ikut tanggalan Indonesia, Wiin!" Ya maap, aku kan buley. 




Tau-tau aja gw udah masuk dalam Facebook Group Enhaiiers 70's 80's 90's 2000-2016 Rawwwwkkzzz. Waktu itu isi grup masih cuma puluhan orang. Beberapa nama gw kenal baik, karena ternyata susunan panitia reuni adalah dari angkatan 90's. Singkat cerita, grup tiba-tiba meledug sama jumlah member yang bertambah signifikan dalam hitungan hari. Nanda yang jadi salah satu admin, yang biasanya gak pernah gw liat posting status, mendadak bawel banget di grup. Kebawelan admin di grup memancing banget member lain untuk gak mau kalah. Wkwkwk. I mean, if you're not one of us, lo bakalan heran liat orang-orang dari rentang usia yang lumayan jauh (kuliah tahun 70-an sampai 2000-an) bisa blending becanda gak pake portal. Enhaii mah emang gitu anaknya. Maklumin aja. Btw, Enhaii tuh nama lain dari NHI atau STPB (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung) dan sekarang nama resminya adalah STP Enhaii Bandung. Kita sekolah pariwisata dan perhotelan ya, kak. Kita udah biasa sama yang namanya senioritas, tapi bukan untuk saling menjatuhkan, melainkan untuk saling membantu. Ini mah beneran. Dari kuliah, kakak senior punya tanggung jawab ke adek juniornya dalam hal belajar dan praktek (dan yang lain kalo mau...eheum...). Manis banget kan kita? 

Tapi da' gw masih ragu mau dateng reuni atau nggak. Belom ngatur-ngatur urusan cuti pak suami biar bisa gw tinggalin sama bocah di rumah, ye kaaan? Ah elah, baru mikirinnya aja udah ribet. Masih 50-50 lah waktu itu. Gw kontak sahabat gw, Vera (HOA 95), sosialita Bandung, owner Wale (Warung Lela) dan Orbital Dago Gallery (ih gw endorse warung lo, Ver), untuk nanya dia mau dateng atau nggak. Sama aja, dia belum tau. Pendaftaran early bird udah dibuka waktu itu. Early bird charge Rp 100K. Lewat dari itu charge Rp 150K. Oh well, walopun masih ragu, selisih 50 ribu perak buat emak ini tiada boleh dihempaskan. Daftar ajalah dulu. Mau dateng atau nggak, urusan belakangan, pikir gw. 

Pertengahan Agustus, Yogi Arifiandy (HOA 95), my job training mate di Shangri La Surabaya circa 1998-1999 nelpon gw. Buat gw ini ajib banget. Udah lama kita gak ngobrol langsung. Kalau di Facebook ya lempar-lemparan joke mah biasa. Yogi ngasih tau gw kalau di hari reuni itu, pagi harinya akan ada Munas Alumni untuk memilih ketua Ikatan Alumni STPB. Btw, congrats, dude, terpilih jadi wakil Ketua Ikatan Alumni STPB periode ini. Yogi or Igoy juga nanya kesediaan gw untuk mengisi mural di venue reuni. Waktu itu keinginan gw untuk hadir di reuni nambah jadi 70%. OK, kalo gw harus nge-mural, berarti ada alasan kuat untuk datang. Karena si Vera juga belum ada kabarnya mau dateng atau nggak. 

Gak lama, Pak Pimpro, Panji atau Pak Amel (hihihihi), WA gw. Bla bla bla cukup panjang, ternyata belakangan gw sama Panji nyadar kalau plan bikin mural di area sepanjang 20 meter itu gak realistis. Begitu juga kata Pungky (HOA 94) yang rencananya akan mengisi area tersebut dengan karya seninya. It's just too ambitious. Rada sedih sebenernya, tapi at least di titik ini gw udah ada kepastian kalau akan hadir di reuni. Karena suami udah ambil cuti. Horrreeeeehhhh! Last days of August, barulah gw dan Pungky dapat ide untuk mengisi area kosong di kampus dengan print art aja. Simple dan gak makan waktu serta biaya. OK. 



Sambil nunggu hari H, tentu saja mamak ini sambil jualan. Wuahahaha, mayan sis, ekeh dapet orderan tote bag lukis 50 bijik! KaNan (Nanda) yang nongol dengan jargon KARNIPALKEUN-nya itu ngasih ide gw buat bikin tote bag buat dipake ke acara. Gw bikin sebiji, posting di IG @emakgaoel, eh diminta sama si Pado (HOA 96). Yawdah, gw lepas itu tas ke dia. Pado dengan manisnya posting di grup, dan lalala, orderan berdatangan. Makasih lho, KaPin (Pinda, Ketum The Carnival) udah kasih ijin gw buat gelar lapak akhirnya. Mayan kaaak, buat ongkos ke Bandung, kaaak! Sesuatuh!

D Day



Jumat, 6 September 2019, jam 15.00. Gw sampe juga di Surapati, dari Bekasi naik travel Baraya. Dijemput sama "sopir" pribadi gw, Vera. Iya, Vera akhirnya daftar juga, walopun dia daftar yang bayarnya 150K, karena dia horangkayah, sedangkan gw horangkeren. Kata Vera, yang bayar 100K closing song-nya Kemesraan, yang bayar 150K closing song-nya ntar dinyanyiin sama Ariel. Julid! Abis cipika-cipiki, kita berdua langsung meluncur ke kampus. Hari itu ya .... gw kasih tau aja, gw udah punya feeling kalau ini acara gak bakalan biasa. Grup udah rame sama postingan teman-teman yang mulai berdatangan ke Bandung. Gw ngetik ini aja masih merinding lho! Sumpah! Alumni-alumni berdatangan dari segala arah menuju Bandung. Dari Jakarta, Bali, Medan, Batam, bahkan beberapa dari luar negeri udah sampai duluan. Pengumuman resmi panitia kemarin, 2000-an peserta sudah mendaftar. Belum bisa dipastikan berapa totalnya, karena di hari H besok, masih akan dibuka ticket box untuk yang datang langsung. Dan angkatan gw, 1995, ada di peringkat 1 jumlah alumni yang mendaftar untuk hadir di reuni ini. Kita kok kerennya gak abis-abis ya, ghaess? *digeplak*

It's been 2 years since the last time I stepped my foot on campus. 2 tahun lalu gw diminta Pak Anang Antono yang waktu itu masih menjabat sebagai Ketua STPB, untuk menggambar mural di tembok gedung Pasca Sarjana. It was awesome. Tapi kali ini beda. Gw datang ke kampus memang untuk napak tilas hari-hari gw dulu di sana. 5 tahun di kampus, tiap jengkalnya menyimpan cerita. Ngueeeng!

Gw dan Vera berpapasan dengan banyak teman lama sambil menuju lobi hotel Enhaii untuk mengambil writsband. Panitia masih wara-wiri mempersiapkan segala sesuatunya di area parkir depan Dome dan juga di dalam Dome. Booth masih belum terpasang semua. But again, I am feeling it. This is gonna be awesome. Dalam hati gw berdoa, semoga acara besok berjalan lancar. Karena 2000 orang lebih mengharapkan yang sama. Pressure is on buat panitia. Dan gw ikut deg-degan. Latahan lu, mak! 




7 September 2019, jam 14.30. Gw dan Vera udah sampe lagi di Setiabudhi. Mampir dulu ke Kytos Hotel yang hari itu isinya alumni semua. Teman-teman sekelas gw dan Vera dari HOA 95 kelas B udah janjian untuk ketemuan dulu di sana. Ini pemandangan yang gw lihat di sepanjang jalan Setiabudhi, hari itu. Orang-orang berpelukan lama sambil ketawa-ketawa. Bersalaman sambil menepuk-nepuk pundak. Sesekali terdengar jeritan atau teriakan gembira, layaknya lo akhirnya bisa ketemu sama temen lo setelah bertahun-tahun gak tau kabarnya gimana. It's so heartwarming. Terharu akutu. Rasanya pengen ikutan pelukan sama semua alumni yang gw temuin di sepanjang jalan Setiabudhi. Tapi kan gak mungkin, ntar gw dikira sableng. Jadi ya udah, gw cengengesan aja, senyum-senyum kiyut melihat pemandangan manis itu. 

Jujur gw dan temen-temen baru masuk area The Carnival jam 17.00. Mohon maaf untuk beberapa band yang gak sempet gw liat penampilannya. Salahkan bokong yang berat untuk digerakkan. Udah kena kopi sama cemilan di rooftop Kytos, langsung bego. Begitu masuk gate, area parkir udah penuh sama manusia. Gw sempat skeptis beberapa hari yang lalu, apakah area parkir kampus cukup buat nampung 2000-an orang? Eh cukup, lho! Masih ada space-lah buat lari-lari slow motion nyamperin mantan yang keliatan dari jauh. Tapi emang keliatan pas aja, gak ada area yang kosong melompong. Hampir semua booth gw liat penuh dikerubutin orang-orang. 



Acara demi acara berjalan relatively lancar. Memang ada beberapa jeda yang agak lama, tapi justru malah ngasih kita waktu untuk beredar ke area dalam Dome yang isinya booth makanan. Ada Baso Urip dan Ayam Rica Asep, yang HARUS BANGET disamperin, plis! Karena mereka adalah legend! 

The highlite of the night were actually two: FOON dan KSP.

Buat FOON (From Out Of Nowhere) gw abis kata-kata deh, Silakan lihat langsung penampilan gokil mereka di sini. They took molecular gastronomy and stage performance to the next level. I'm proud to call you my friends. Ngaku-ngaku, biar ikutan keren. 


Sebelum FOON tampil, kakak-kakak panitia menampilkan flash mob yang lumayan bikin kita warming up goyang-goyang body sebelum acara puncak. Sekalian tes, pinggang masih kuat gak ya? Ternyata masih kuatlah buat digoyang sampe pagi. Ini apa, deh?

KSP muncul sekitar jam 10.30 malam. Gak pake basa-basi, dari lagu pertama langsung pecah lapangan parkir kampus. Lagu-lagu era 80-90an mulai dari Crisye, Reza sampai Chumbawamba gak kasih ijin kita buat kendor. Angkat tangan semuah! Goyangkan semuah! Senggol yang perlu disenggol! KSP did a GREAT JOB that night. Semua puas dan lemas udahannya. Tadinya goyang gak kasih kendor, udahannya goyor ngedeprok di parkiran. Baru inget umur. Dasar manusia-manusia uzur. 



Kelar KSP sebenarnya masih ada penampilan dua DJ lagi. Tapi memanglah itu diperuntukkan khusus bagi yang semangat jiwa dan raganya masih berkobar. Gw? Bhay! 

Reuni ini sukses dan harus jadi benchmark untuk panitia reuni akbar selanjutnya. Gw gak bisa melebih-lebikan apa yang udah gw liat, tapi faktanya memang INI KEREN BANGET! Salut untuk semua kerja keras panitia yang  menyelipkan persiapan acara ini dalam kegiatan wajib sehari-harinya selama 2 bulan. You guys rawks. Gw pulang dengan senyuman lebar di wajah (dan kaki cangkeul sebetis-betis).

Credit: Bidix Tour and Travel
Post D Day

LAH! UDAHAN REUNINYA? APHA_APHAAN INIH! ULANG!

Terima kasih untuk panitia semua, ya. Banyak yang tidak disebut di sini, tapi seriously, I appreciate you guys all. Gw yakin 2410 alumni yang hadir pun merasakan hal yang sama dengan gw. Sampai hari ini gw masih terbayang-bayang. Gagal move on versi hardcore. 

Sedikit catatan untuk bahan evaluasi, dan skip aja kalau gak mau baca, sih. Ini beneran minor banget sebenernya, tapi agak mengganggu sedikit. 

1. Agak susah nemuin tempat sampah, kak. Gw yakin banget semua alumni gak ada yang mau buang sampah sembarangan. Tapi dengan luasnya area dan banyaknya manusia, kekurangan tempat sampah bisa jadi masalah dalam waktu singkat. Akibatnya di beberapa pojokan keliatan tumpukan sampah yang tersusun rapi. Iya, tetep rapi kok, hahaha. Karena emang kita segan banget sebenernya naro kaleng bekas minuman dan kotak makanan di situ. tapi apa daya, gak ada tempat buangnya. 

2. Next time untuk pengundian hadiah mungkin bisa dibuat terpisah dari acara di stage. Gw tau untuk beberapa slot, penarikan nomor undian adalah sebagai pengisi jeda saat check sound atau bridge dari satu acara ke acara selanjutnya. Tapi kemarin justru kelamaan karena nomor yang dipanggil-panggil gak nongol-nongol. Usul aja, untuk pengundian-pengundian gini, manfaatkan big screen aja dan pakai random.org untuk mengundi. Nomor yang keluar bisa dilihat di layar, sekalian notice bagi yang nomornya keluar silakan ke sebelah panggung, misalnya. Tapi kan, gw cuma bisa omdo. Gw gak tau gimana susahnya merealisasikan itu. Still, perspektif dari pihak luar biasanya bisa membuka mata kita.

Bottomline, buat gw, dan buat semua yang hadir gw yakin, GRAND REUNION THE CARNIVAL ENHAII 2019 SUKSES! CONGRATS YOU, GUYS! GOOD FRIENDS GOOD VIBES. MUCH LOVE AND PEACE. 


KARNIPALKEEEUUUUNNN!!!



Credit: panDJaitan

4 komentar:

  1. Hai bule dari planet Bekesong. Gw baru sekali baca blog @emakgaoel.com Dan gw sukak...Sebagai emak gaoel jg..jadi kepengen coba nulis juga nih...hahaha

    BalasHapus
  2. Keren tulisanmu dek say... Sukaak banget 💜💜

    BalasHapus
  3. Seperti yang dirimu bilang merinding pas nulis ini, dan sayapun merinding selama baca tulisan dirimu.....reuni paling berkesan dan rasanya malam itu gak pengen berakhir......uhuuyyyy....😆😆🤸

    BalasHapus
  4. Sukaakk sama tulisannya, alurnya, sangat deskriptif, buat saya yg ga bisa dateng, ini ngebawa imajinasi saya seolah hadir di sana. Makasih kakak... Semoga lain kali bisa merasakan langsung ������

    BalasHapus