Jumat, 11 April 2014

Buat yang Suka Masak atau Baru Belajar Masak, Baca Resep Dulu Dot Com!

  10 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Entah kenapa, biar pun saya ini nggak bisa masak, tapi hobi banget nonton acara masak-memasak dan baca-baca resep masakan. Tontonan model Top Chef, Master Chef, Hell's Kitchen sampai acara masak-masaknya Farah Quinn dan Chef Wan saya suka banget nontonnya. Baca buku dan website yang isinya resep plus foto-foto juga saya suka. Kadang emang bikin dilema, perut mendadak berisik kalau lagi asik melototin resep enak-enak gitu. Biar pun hobi saya ngeliatin acara atau foto-foto makanan enak, keinginan buat memasak masih belum terlalu termotivasi. Masih suka ngarep dalam hati, "Semoga dengan nonton dan baca-baca doang, besoknya gue langsung jago masak." Yakale! Hahahaha.

Image from http://blogs.sacurrent.com/flavor-2/masterchef-open-call-heads-to-houston/

Saya sadar, yang bikin saya masih males buat nyoba mulai masak adalah karena yang saya tonton dan baca acara dan website punya chef-chef terkenal. Apalagi waktu saya riset novel Macaroon Love yang bicara tentang kuliner, wuih, boleh tanya deh pengetahuan saya tentang dunia kulinari internasional. Nah, tau sendiri kalau masak ala chef terkenal ya pasti beda dong sama emak-emak rumahan, apalagi model emak kayak saya ini. Yang hari-harinya nggak jauh-jauh dari ceplok telor, ayam goreng, sayur asem, sambel dan lalap. Heuuu ... pengen bisa masak makanan yang rada eksotik dikit, tapi nggak mumet-mumet amat kayak di web chef-chef itu. 

Pengennya nyobain resep masakan yang simpel, cocok buat pemula kayak saya ini, dan minim resiko gagal. Wkwkwkwk. Eh, ketemu blognya Adam dan Susan yang lebih dikenal sebagai pasangan traveling blogger dengan nama @PergiDulu di Twitter. Namanya Baca Resep Dulu. Iseng saya keliling di blog yang mereka khususkan untuk resep masakan itu. 



Tampilan blognya rapi, nggak banyak printilan. Jadi enak ngeliatnya. Di side bar kiri khusus buat naro kategori jenis makanan aja. Jadi gampang banget untuk nyari jenis-jenis resep makanan yang kita inginkan. Ada resep kue-kue basah, resep berbahan dasar ayam, resep bubur, resep mie, resep telur. Komplit dan gampang dicari. Headernya juga unyu-unyu, gambar anak cewek berkuncir dua dengan beberapa karakter kartun sayuran. Seger liatnya. Simple.



Tapi yang paling saya suka dari blog ini adalah, resep-resepnya bukan resep yang susah untuk diikuti. Kalau pun ada yang keliatannya levelnya rada advance ketimbang kemampuan memasak saya, Adam dan Susan menampilkannya dengan semudah mungkin. Berhubung anak-anak saya penggila masakan ayam, saya langsung telusuri resep-resep di kategori ayam. Wuaah, langsung semangat waktu lihat ternyata nggak ribet bahan kok kalau mau masak Chicken Teriyaki. Kebayang, selama ini kalau pengen makan Chicken Teriyaki, saya angkat telepon dan pesen antar HokBen. -_-



Atau Ayam Hainan yang selama ini saya anggap masakan level "nggak mungkin" buat saya, ternyata nggak pabaliut banget cara masaknya. Hihihihi. Jadi semangat mau mulai coba masak lagi.

Yang menyenangkan lagi, di Baca Resep Dulu ini, setiap resep ada pengantarnya. Pengantar tersebut berisi sejarah masakan, tips-tips memilih bahan makanan sampai saran penyajian. Pokoknya, buat beginner "chef" kayak saya ini, blog ini pas banget buat mulai belajar. *langsung bookmark*

10 komentar:

  1. Wah cocok nig bt q mbk hehe..Okeh..meluncur kesonoh....

    BalasHapus
  2. ngomongin soal makanan, jadi laper -__-

    BalasHapus
  3. Boleh tuh buat referensi masak..walo punya buku2 masak sering juga cari2 resep di internet

    BalasHapus
  4. Wah... keren-keren.. yang mau masak silahkan baca tulisan di atas...

    BalasHapus
  5. referensi banget nih :) ke tkp :)

    BalasHapus
  6. langsung ke TKP ah ngintip resep

    BalasHapus
  7. Seketika lapar.....
    Mampir ya http://gebrokenruit.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. nice share.
    untuk belajar masak sambil berwisata ke sumatera barat silahkan klik di sini

    BalasHapus
  9. hahaha.. iyo selama ini mikir yang instan aja padahal bikin chicken teriyaki itu mudah ga perlu ngesot ke hokben . trims infonya mak

    BalasHapus
  10. mantep dijadiin referensi buat istri ..:v

    BalasHapus