Jumat, 28 September 2012

Saat Rempong Harus Memilih

Jadi orang yang banyak maunya kayak saya ini emang repot. Pengen ini, pengen itu, kemampuan dan tenaga terbatas. Kalau nggak pinter-pinter mengolah emosi, ujung-ujungnya malah jadi uring-uringan sendiri. Wajar sih, namanya manusia (katanya) emang nggak akan pernah puas. Tapi tau diri penting banget ternyata. Hahahaha...

Bulan September ini sampai akhir tahun nanti memang kayanya bulan-bulan tersibuk dan menggiurkan untuk penulis-penulis wannabe kayak saya ini. Lomba menulis novel bertaburan dari penerbit-penerbit besar, lomba menulis artikel, audisi penulis...wuaah, macem-macem, deh! Maunya dikerjain semua. Tapi ya itu tadi, balik ngeliat ke diri sendiri, "Tau diri deh, mak!" kata saya dalam hati. Bukan meragukan kemampuan, tapi meragukan time management yang bakal jadi ngaco karenanya. Takutnya nanti yang harusnya jadi prioritas utama malah tergeser karena mengejar yang nggak terlalu penting.
Maaak, pala penuh maaak!!! (http://www.fresheventure.com/748/7-tips-for-overwhelmed-online-entrepreneurs/)

Akhirnya dengan berat hati, beberapa yang kira-kira tidak akan terkejar karena waktu harus dilepas. Nggak apa-apa, rejeki nggak akan kemana. Mending saya fokus melakukan sesuatu yang nantinya akan menghasilkan sesuatu yang lebih besar (kalau rejeki, ya!) Ehehehe... Lagian semua mau dikerjain, kok kemaruk amat ya? Punya tekad dan hasrat besar itu penting, tapi bukan berarti ngotot sampe berotot juga kan, ya?

Untuk saat ini, akhirnya, saya harus membuat list of priority untuk menjaga konsistensi dan semangat saya.

1. Nomor satu tentu saja ngurusin anak, suami dan rumah. Termasuk juga di dalamnya ibadah. Mudah-mudahan, jangan sampe deh ibadah saya keteteran gara-gara mengejar duniawi, walaupun itu menulis sekali pun. Lagian, menulis juga sebenarnya saya niatkan karena Allah, karena sudah seharusnya segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini hanya berdasarkan niat karena Allah semata kan? ;)

2. Ngurusin blog ini dan Kampung Fiksi. Dalam waktu dekat Kampung Fiksi akan mengisi acara di sebuah acara besar: Social Media Festival. Kita akan berkolaborasi dengan Story Lab (sebuah sekolah film di Bandung). Saya, lagi-lagi dengan tidak tahu malu, akan jadi pembicara perwakilan dari Kampung Fiksi di stage performance nanti. Ini butuh persiapan serius, mengingat saya masih plintat-plitut, planga-plongo, kalau bicara di depan orang banyak. Tolong aku, Tuhan. -_-

3. Berhubung ini dibayar, saya juga harus komit dan serius melakukannya. Saya menjadi salah satu kontributor di sebuah website untuk mom and kids. Kewajiban-kewajiban setiap bulannya sudah menanti saya. Nggak nurut, ya ada resikonya. Mulai dari nulis artikel, interaksi di social media, nge-twit sampai ikut rame-rame kalau ada acara offline mereka. Btw, join yuk, mom! Ini website paling cihuy buat para mommy yang mau belajar dan sharing seputar tumbuh kembang anak balitanya. Bermanfaat banget! ^_^

4. Lomba dan audisi kecil-kecil seperti Lomba Gado-Gado Rendang Femina dan audisi Antologi Emak-emak Blogger. Alhamdulillaah, yang ini udah kelar dua-duanya. Yang mau ikutan masih sempat, lho!

5. Sambil nunggu Magali Chronicle terbit, pelan-pelan saya mulai nge-draft lanjutan kisahnya. Siapa tahu rejeki, Magali bisa jadi dwilogi, trilogi, biologi, dan logi-logi lainnya.

Segitu aja, saya udah kelimpungan ngatur waktu. Pagi sampai sore jelas-jelas udah jatah anak-anak. Suami? Harusnya sih malem Ya, samalah! Jadi sopir bocah sekolah dan les. Jadi financial manager si mbak tiap mau belanja (maksudnya ngasih duit belanja sama nyusun menu) sama jadi wasit kalau bocah berantem.Rempong ya, neeek!

Akhirnya dengan berat hati, beberapa hal di bawah ini harus saya lepas.

1. Gradien Writer Audition. Sempat ikut di minggu pertama, tapi karena tugasnya tiap minggu dan lumayan, akhirnya terpaksa saya lepas. Yang mau ikutan, sayang sekali pendaftarannya sudah tutup, dan sekarang sudah masuk audisi minggu ke-4.

2. Young Romance Indonesia. Lomba nulis novel ini juga sempat menggoda saya. Tapi karena syaratnya pabaliut, akhirnya saya lepas juga. Etapi, jangan dicontoh, ya! Siapa tahu rejeki kamu, ikutan gih!

3. Lomba Novel Amore Gramedia. Ini juga menggoda banget. Ya kali, nama Gramedia kan WOW gitchu! Tapii, deadline mefet dan syarat minimum jumlah halamannya lumayan banyak. Saya cukup tahu diri, nggak bakalan selesai tepat waktu. Monggo yang mau nyoba.

4. Masih banyak lagiii sebenernya lomba-lomba yang lain, deadline bervariasi mulai Oktober sampai Desember 2012. Cari aja sendiri, ya! Wkwkwkwk....

Jadi, saya berusaha mengingatkan diri sendiri aja sekarang. Mau semuanya juga bukan berarti akan dapat semuanya. Play it smart, pick the best that you think you can do, then do your best! The rest is God's games.

When too much is never enough, remember this: Less is more! ^_^

19 komentar:

  1. bener-bener mesti make skala prioritas ya mbak, dan..kayaknya aku juga bakal nggak ikutan banyak event nulis, daripada yang lainnya pada keteteran

    BalasHapus
  2. kadang kalo lagi sibuk dan ga ada waktu itu tawaran dan godaan datang tak tahu malu bener gitu sih ya... jadi emang kita yang musti pinter-pinter...

    huhhh kondisinya lagi sama kurang lebih ama saya.. cuma saya yaaa apalagi kalo bukan urusan kantor.. hari ini saya juga menggalau.. jalan sana jalan sini ndak jelas, cari inspirasi... tugas seabrek musti dibagikan, tapi kok ya ngeblank gimana mbaginya...

    *lhaaahhh malah curcol*
    *ngeloyor pergi lagi cari cemilan*

    BalasHapus
  3. Hehehehehhehe... Super sibuk. Semangaaaat :)

    BalasHapus
  4. namanya emak2, banyak gawean tapi anak n suami tetep prioritas utama.

    BalasHapus
  5. less is more

    jadi inget promo Glee Project 2 tiap kali denger kata2 di atas :))

    BalasHapus
  6. sy bbrp kali pengen masuk ke fabmoms itu, tp selalu keluar tulisan "This Connection is Untrusted"

    BalasHapus
  7. Huwaaaa... sama Mbak, gi rempong juga. akhirnya say gutbai dah sama beberapa lomba :D

    BalasHapus
  8. Wah bacanya aja udah ikutan rempong nih mbak, semangaaaaat (/>o<)/

    BalasHapus
  9. jd pengen punya 10 tangan ya mak, kayak gurita.. hehehe..

    BalasHapus
  10. 37MW: kelingking... #trus suit... :))) makasih ya udah mampir...

    Mbak Redcarra: eh sama lho samaa...pas lagi rempong2nya gini, kok malah bermunculan yg bikin tergiur ya? hahahahaaa

    Dorma: semangaat!!! ^_^

    Indomaret: iya doong, suami dan anak2 itu urusannya paling penting... ^_^

    ndah: iya, itu si santana yg ngomong gitu kan ya wkwkwkwk

    mak Ke2nai: aku juga ngalamin itu awalnya, tapi klik certified dan I understand the risk, abs itu kebuka dan lancar2 aja...insya Allah aman kok websitenya, mungkin krn masih baru banget...join maaak... :)
    iya bener, pengennya pnya tangan 0, mata 10, kuping 2 aja cukup, mulut udah cukup deh 1, hahahahaaaa

    OCI: iya, jangan terlalu memaksakan dirilah...yang pentng kita enjoy ngelakuinnya... :D


    chici: hahahaaa, rempooong... :)))

    BalasHapus
  11. ternyata yg namanya emak sama aja ya, pengen ini itu, tapi waktu terbatas banet.*sama mak, terjadi pada diriku.hiks....btw, salam kenal mak ya, ni lagi blogwalking, q udah followed, follow my blog mak,www.nurulhabeeba.blogspot.com, sebenarnya nggak pede, tapi biar cepet ketularan kayak emak...

    BalasHapus
  12. kaya lagunya Doraemon, aku ingin begini...aku ingin begitu...ingin ingin itu banyak sekali :)

    Sama kaya mba Chi, gak bisa buka webnya fabmoms, mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
  13. nanti kalau mesti tour bukunya Magali bakal lebih repot lagi loh ^_^

    BalasHapus
  14. Wkwkwkwk.... Memang harus pakai skala prioritas kok ... Dan supaya maksimal mmg don't spread yourself too thin ;)

    BalasHapus
  15. OMG mak... rempongggggggggg.... magali-nya ditunggu mak...

    BalasHapus
  16. pinjem tangannya boleh gak mbak hehehe, lagi rempong juga nih aku

    BalasHapus
  17. mbak nurul habeeba: salam kenal juga ya mbak...sip, aku mampir dan follow.. :)

    kluarga qudsy: bener, kayak nobita...hahahahaa...btw, menurut info yg bikin web, gpp, certified aja as secured line, abis itu lancar kok...:)

    Ria: tur buku Magali? diusahakan bisaaaa...wkwkwkwk

    G: dont spread yourself too thin...berasa selai gue...wkwkwkwk...tapi bener banget itu... :)

    Olive: beneran rempong banget...heuheuheu...doain Magali yaaa... :D

    mak Lidya: aku aja kurang nih...hahahaa...problema emak2 yaa...24 jam sehari kurang, tangan 2 juga kuang...tapi yg penting itu enjoy every moment with our family...^^^

    BalasHapus
  18. Nangis lagi gue baca ini...
    *mimpi-mimpikuuu*
    :((

    BalasHapus