Selasa, 18 Desember 2012

Anak Hilang di Mal

  23 comments    
categories: 
Maaaak! Siapa yang pernah ngalamin anak hilang di mal, mak?
Saya pernah, mak... :((( Sekitar tahun 2008, di Metropolitan Mal Bekasi. Waktu itu saya sedang hamil anak kedua dan si sulung umurnya belum 5 tahun. Saya, suami dan anak pergi ke mal siang hari. Kondisi mal waktu itu ramai sekali karena sedang ada pameran di lobi utama. Musik berdentum-dentum keras, sehingga buat ngobrol pun susah. Belum lagi stand-stand dadakan yang bikin lobi makin penuh sesak. Orang lalu lalang liat-liat stand pameran dan sebagian berdiri ngerubungin stage, nonton performance di panggung. Pokoknya riweuh deh, mak.

Image from http://mrsmommyholic.blogspot.com/2012_09_01_archive.html
`
Nah, pas lagi riweuh-riweuhnya gitu, saya dan suami misah. Si abang (suami) sambil ngasih kode sekilas nunjuk ke arah panggung. Saya pun ngangguk tanda paham kalau dia mau nonton pertunjukkan di stage. Saya pun lanjut liat-liat stand pameran. Saat sedang melihat-lihat itu ada sedikit perasaan was-was melintas dalam hati. Soalnya si Fadhil, anak saya, sedang tidak bersama saya. Akhirnya saya juga jadi nggak betah sendiri ngeliat-liat dan memutuskan untuk bergabung dengan suami dan anak saya.

Jeng jeeeeng! Di sinilah drama dimulai. Saat saya melihat suami sedang asyik nonton orang di panggung, saya nggak liat Fadhil dekat dia. Tapi saya nggak mau panik dulu. Saya colek dia sambil nanya, "Fadhil mana?"
Si abang dengan muka polos bilang, "Lho? Bukannya sama kamu?"


Mak! Kaki rasanya langsung berasa kayak kapas. Lemes banget. Darah saya rasanya langsung terhisap ke ulu hati dan kepala saya langsung berdenyut. Ngeliat muka saya pucat pasi, suami saya langsung ngeh kalau Fadhil juga nggak sama saya. Dia langsung sigap keliling area lobi mal yang lagi rame-ramenya itu. Suara musik keras bikin kepala saya makin muter-muter. Pandangan saya udah kabur. Belum lagi waktu itu saya lagi hamil lima bulan.

Tangan saya gemeteran ngambil HP dalam tas dan mikir keras mau telpon siapa. Kebetulan mal itu bersebelahan dengan kompleks rumah orang tua saya. Salah satu pintu keluarnya terlihat dari pos satpam komplek. Saya pun berinisiatif menelpon tetangga komplek untuk minta tolong menghubungi satpam supaya melihat-lihat ke pintu keluar mal dari pos jaganya. Siapa tahu si satpam melihat anak saya keluar dari sana.

Saya nangis, nggak? Jangan ditanya lagi! Nangis dan marah, walaupun nggak tau marah sama siapa. Kayanya sih marah sama diri sendiri. Suami saya kembali ke tempat saya berdiri di dekat tempat satpam mal. Saya sedang minta tolong sekuriti mal untuk mengumumkan nama anak saya walaupun harapan saya tipis sekali kalau pengumuman itu akan terdengar olehnya. Suara orang cuap-cuap dari pengeras suara, suara musik dan suara orang lalu-lanang menelan pengumuman itu. Saya makin putus asa.

Akhirnya saya cuma sanggup berdiri di dekat pos sekuriti mal sambil berdoa semoga Fadhil terlihat di tengah-tengah keramaian itu. Pikiran-pikiran buruk terlintas di benak saya. Bagaimana kalau dia bertemu orang jahat yang mau menculiknya? Bagaimana kalau dia terjatuh dari eskalator? Bagaimana kalau dia... Naudzubillaah min zaliiik....

Suami saya kembali keliling mal mencarinya. Lima menit kemudian suami saya kembali sambil menggendong Fadhil yang terlihat baru berhenti menangis. Subhanallaah! Rasa lega saya tidak terkatakan. Saya gendong dia serta-merta dan menanyakan kemana dia.

Ternyata saat saya dan suami lengah, dia teringat kalau setelah kami melihat-lihat pameran di lobi kami akan makan di KFC. Itu yang kami janjikan padanya. Jadi saat dia tidak melihat kami berdua, dia berinisiatif mencari kami ke arah KFC yang menjauhi lobi. Untung suami saya ingat kalau tadi kami sempat bicara begitu padanya. Sehingga suami saya pun menyusuri area KFC dan menemukannya sedang duduk ditemani seorang ibu sambil menangis. Ibu itu menemaninya dan memberinya minum. Dia bilang, "Tunggu di sini aja, ya...Nanti mamanya juga datang..." Alhamdulillaah, dia tidak bertemu orang jahat, tapi justru dipertemukan dengan ibu baik itu. Tuhan masih melindunginya.

Dari pengalaman mengerikan itu, saya dan suami belajar banyak. Dan saya coba untuk membaginya dengan teman-teman di sini. Semoga bermanfaat. :)

Saat Pergi ke Mal Membawa Balita

1. Selalu gandeng tangannya kemana pun kita pergi, mak! Jangan sekali pun dlepas. Anak kecil kayak gitu lincahnya ngalah-ngalahin tikus. Sumpah, deh! Sedetik aja meleng, hilang dari pandangan. -_-

2. Tempat-tempat yang harus diwaspadai di mal itu antara lain toko pakaian yang banyak lorong-lorong berisi rak pakaian. Mereka bisa dengan gampang nggak keliatan atau hilang dari pandangan, lho.Yang berabe, begitu hilang dari pandangan, kita nyari ke kiri, dia juga panik nyari kita ke kanan. Pasang telinga, dan panggil namanya dengan keras.

3. Selain toko pakaian, lobi yang sedang ramai oleh pameran juga harus diwaspadai. Suasana hiruk-pikuk bisa membuat anak kita cepat hilang orientasi dan panik begitu mama atau papanya tidak terlihat. Akibatnya dia akan lari kemana saja mencari kita dan bukan tidak mungkin justr malah menjauh dari posisi kita.

4. Kalau kira-kira mau shopping yang agak ribet seperti belanja bulanan di supermarket, dudukkan anak di troli. Itu jauh lebih aman ketimbang anak digeret-geret sambil dorong troli. Kalau niatnya mau shopping pakaian atau sepatu, sebaiknya bawa stroller biar mereka bisa didudukkan dan kita agak leluasa memilih pakaian dan sepatu untuk mereka. Walaupun ya, tetap harus diawasi strollernya, jangan ditinggal-tinggal ya, mak!

5. Miskomunikasi dengan partner! Ini yang terjadi pada saya dan ternyata sering sekali terjadi pada pasangan lain yang sempat mengalami anaknya hilang mal. Tidak cukup dengan kode atau pandangan mata saja pada pasangan saat kita akan berpisah sebentar di dalam mal. Pastikan anak kita memang sudah bersama suami atau istri. Handing over sang anak ke partner kita secara fisik. Asumsi dalam pikiran kita yang mengatakan, "Ah, anakku sama suami..." tanpa memastikan terlebih dahulu itu fatal.

6. Ajarkan anak untuk selalu mencari pihak sekuriti terlebih dahulu jika mama papanya tidak terlihat lagi. Begitu masuk mal, tunjuk seorang sekuriti sambil mengatakan, "Kalau kamu tidak lihat Mama dan Papa, cari Om yang pakai baju seperti itu, ya! Dan bilang namamu siapa dan nama Mama Papa."

Kalau Anak Hilang di Mal

1. Saya tahu saran ini minta ditampol banget. Jangan panik! Ya kale nggak panik! Anak ilang inih urusannyaaah! Tenang, mak tenang... Kepanikan kita justru akan makin memperparah keadaan. Kita harus tenang untuk bisa berpikir cara tercepat dan efisien menemukan anak kita yang hilang.

2. Segera minta pihak sekuriti untuk menyebar ke beberapa pintu keluar mal setelah memberi tahu ciri-ciri, pakaian dan nama anak. Kalau anda berdua suami/istri, salah satu harus menunggu di tempat pertama kalinya anda sadar anak anda hilang. Just in case, sang anak ingat tempat terakhir kali dia melihat orangtuanya dan kembali ke sana.

3. Manfaatkan pengumuman melalui speaker mal dengan menyebut nama panggilan anak dan apa panggilan anak ke kita. Contohnya, jika anak memanggil ibunya dengan Umi, mintalah agar petugas yang mengumumkan menyebut ibunya dengan Umi. "Telah hilang anak usia 4 tahun bernama X dengan ciri-ciri memakai kaos hijau dan sepatu hitam. Uminya menunggu di pos sekuriti pintu barat." Siapa tahu anaknya denger, dia bisa agak tenang mendengar Umi-nya sedang mencarinya. Kalau waktu kasus saya itu, rasanya saya pengen banget ngomong langsung depan mic sambil teriak-teriak, "Fadhiiil! Ini mama, naak! Kamu di manaaa???" Sayang, nggak dibolehin sama petugasnya. -_-

4. Berdoa, mak! Berdoa! Ya iyyalaaah! Beneran lho, kekuatan do'a akan terlihat di saat-saat genting seperti itu. Pertolongan insya Allah datang dari arah yang tidak diduga.

Demikian sharing pengalaman saya seputar anak hilang di mal. Saya berdoa, semoga kita tidak akan pernah mengalaminya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan YME. Tapi seandainya takdir berkata lain, semoga point-point di atas bisa berguna, ya... :')

23 komentar:

  1. *meluk jiwo erat erat* gak boleh ilang kayak om udil..

    BalasHapus
  2. anak sy dua2nya pernah ilang. Yg satu ketinggalan di bengkel. Main pulang aja, lupa kl Keke masih di ruang tunggu bengkel. Kejadian kedua, Nai sempet ilang di Pasar Baru. Untung di amanin sm satpam

    Tp dua2nya kejadiannya bukan sm sy atau suami. Dua2nya pas lagi pergi sm kakek-neneknya. Itu aja sy udah lemesnya minta ampun pas denger ceritanya..

    BalasHapus
  3. pungky:
    pegang yg kenceng deh...:D

    mak Myra:
    ya ampuun...kebayang mak....untung masih dilindungi Allah ya... :') moga2 gk kejadian lagi deh...itu juga tuh, kalodibawa org lain (walaupun nenek/kakeknya) kita juga harus waspada ya...

    BalasHapus
  4. aku bawel abis kalo ke mal mbak. mudah2an gak terulang lagi ya

    BalasHapus
  5. belom pernah ilang sih... *jangan sampeeeeee* ... aku rada ga nyaman juga sih kalo ajak2 ke tempat rame gitu.. biarin deh dibilang terlalu protektif ato apa... ntar kalo udah gedean aja deh skalian -___-"

    lucu sih pernah ngalamin.. si anggit ketemu temennya di gereja. suatu kali mereka berdua entah lah main kemana... tetiba si anggit balik ke aku, ehhh temennya ga ikutan.. nah lohhh nyangkut dimanaaa... ibunya panik, hampir nangis.. anggit ditanya2 tapi ditanya dengan panik gitu si anggit jadi ketakutan, jadi nangis malahan :)))) hadehhhh... ga nyalahin sih tapinya.. pasti panik banget laaa ya..

    BalasHapus
  6. huweee :( iya ya serem banget kalo ada dedek kecil ilang di tempat keramaian.. aku juga pernah mbak, nemenin anak2 nyari2 ibunya.. untung aja ketemu. fyuhh..

    BalasHapus
  7. Saya juga pernah panik gak liat Bapak Ibuk saya di keramaian pasar malam waktu kecil :'(

    BalasHapus
  8. makasih tipsnya mbak winda.. *peluk arya erat digendongan waktu kalap belanja*

    BalasHapus
  9. heuuuu,...jangan sampai deh *_*
    dan bengong baca kmntr mba myra anastia...yg lupa ninggalin anaknya dibengkel, hihiii...sini aku jitax mak, masa lupa ke engkel bawa anak @_@

    BalasHapus
  10. wah patut kupelajari nih walaupun belom nikah ehehe. eh mak, saya juga pernah ilang di mal lo, tapi saya udah gede jadi bisa balik sendiri ke rumah hehehe

    BalasHapus
  11. Saya gak pernah mengalami kehilangan anak di tempat umum, tp membaca pengalaman emak gaul kok ya serem amat to ya.,, amit2 jangan ada lagi penjahat yg suka menculik anak2

    BalasHapus
  12. ya ampun ..deg2an mba ikut ngerasain..
    akupun pernah hilang di mall mba hehe, bedanya fadhil yg pinter inisiatif ke kfc kalau aku teriak sekencang2nya MAmaaaaaakkk!! :D dan masih ingat ceritanya padahal dulu masih sd

    BalasHapus
  13. alamaaak... ikut deg-degan baca tulisannya, alhmdulillah anak2 sy belum prnah hilang,, trus sejak dini sy ajarkn dia utk menghfl no hp sy, jd kalau suatu saat terpisah bs mnt tlg sesiap utk nlp sy, hehe...

    BalasHapus
  14. gw pernah baca, katanya kalo bepergian ke mall gitu, bekali si anak dengan secarik kertas nama mamapapanya, juga nama dia. just in case dia menghilang dari pandangan, suruh kasiin itu tulisan ke yang tukang woro2 itu (apa ya namanya?, information ya? hehehe)....

    BalasHapus
  15. Aku pernah ngalamin ini mbak, adik bungsuku yg wkt itu umur 6 tahun. Akhirnya aku ajarin, klo dia tersesat di mal lagi, dia cari satpam mal atau minta tolong karyawan mal utk cari loket informasi. dan beneran dia ilang lagi tapi wkt itu gak sama aku. Alhamdulillah dia ingat dan pergi ke bagian informasi *legaaaaaa

    BalasHapus
  16. pernah hampir kehilangan Kaka. Waktu itu kita cuma pergi berdua. Ceritanya lagi booming kaos angrybird, dan Kaka pengen banget nambah koleksinya. Saya sibuk asyik pilih-pilih, si Kaka malah keseret arus orang-orang yang lagi jalan. Kebetulan waktu itu pas pergantian shift. Rupanya dia ngikutin orang-orang sampai masuk ke ruangan khusus pegawai. Untung ada pegawai yang ngeuh, dan membawa Kaka nyari saya. Saat itu saya sendiri belum sadar kalo anakku habis jalan-jalan masuk ke ruangan pegawai...hihihi... Tau-tau si Kaka udah teriak kegirangan sambil manggil-manggil Ambu diikutin si Mas pegawai dept store-nya.
    Setelah kejadian itu, kapok cuma pergi berdua.

    BalasHapus
  17. pernah keponakan tapinya..dia cm bilang sm mamanya pas dianter petugas resepsionis sambil nahan tangis..mamaa aku td ketinggalaann...
    memang kl pas di mall sbg emak harus bawel cek posisi anak deh.. *seriius bgtt :D

    BalasHapus
  18. huff..merinding disko bacanya ;(
    aku jg pernah ngalamin kejadian tiba2 Samara lari kencang keluar dr toko. Waktu itu posisiku di dpn kasir, langsung aku lempar uang utk byr itu dikasirnya.

    aku kejar Samara, eh...hampir saja dia turun escalator. 1 detik aku telat lari mungkin Samara udh turun sendiri.

    Lutut ini rasanya Mau copot mak...:(

    BalasHapus
  19. Ya ampun, Mak, ikutan lemes bacanya.:(( Aku juga pernah kehilangan Faruq soalnya. Tapi, bukan di mal, melainkan supermarket. Aku sendirian, ga sama suami. Aliran darah rasanya berhenti, ti, ti, ti. Faruq ditemuin seorang Bapak, di luar supermarket. Alhamdulillah, ga apa-apa. Kalau dia tahu-tahu nyeberang bagaimana? Naudzubillah, ga kebayang dah aku. Dia baru 3 tahun waktu itu.

    Sekadar share. Pas aku ke S Pore, aku lihat seorang perempuan bawa anak 3 kecil-kecil, Mak. Dia dan anak-anaknya masing-masing pake gelang. Gelang itu diikatkan satu sama lain. Kayaknya terbuat dari karet. Jadi, kalau yang satu bergerak agak jauh, yang lain ikut ketarik. Itu cara dia supaya ga kepisah sama anak-anaknya.

    Semoga ga pernah kejadian lagi sama kita-kita ya, Mak.

    BalasHapus
  20. Mbak lidya:
    iya mbak, jangan sampe kejadian lagi deh mbak....rasanya nahan biar gk pngsan tuh luar biasa banget.. -_-

    Mak Redcarra:
    haduh, kasian ya anggitnya...-_- tapi ibu temennya past emang lagi panik banget itu...hiks...:(

    Suci Nabbila:
    alhamdulillaah, fadhil juga waktu itu ketmu orang baik kayak kamu...^_^

    Dyah:
    Nah iya kan...anak2 pasti panik begitu orgtuanya out of sight...:(

    Miss Rohma:
    sama-sama...moga2 gk pernah kejadian sama Arya ya...^_^

    Mbak irma:
    heuheuheu...iya ih...mau ketawain mak myra gk enak....kok bisa lupaaaa, mak? hihihihihi....tapi namanya manusia ya, apalagi emak2, pikiran bertumpuk, bisa aja lg kurang knsentrasi....:D

    Hima:
    ih kalo udah bisa balik sendri dari mal mah gk ilang atuh..hahahahaa...

    jurnal transformasi:
    semoga gak kejadan lagi deh...:)

    @srini:
    hahaha, ya...teriak yg kenceng juga ampuh, nik...:)

    Sun:
    ah, iyaa...menghafal nomor HP org tua juga bsa jadi tindakan preventif....terima kasih ya....^_^

    mr. X:
    saya juga pernah baca, tapi malah jadi takut disalahgunakan sama org jahat yang menemukan.....hehehehee..jadinya ya sejak kejadian itu emang jadi lebih waspada aja....jangan sampe ilang dari pandangan....

    Mayya:
    huffft....lega ya...penting banget ngajarn anak2 utk tau apa yg hars dilakukan dalam keadaan darurat gitu ya...:)

    Ambu:
    ya ampuuun, itu s Kaka udah same mana2, malah ngehnya pas udah dibalikin? hihiihihihi....untung nyasarnya ke ruang pegawai...-_-

    Mbak Enny:
    bener mbak, harus selalu waspada, bawel,cerewet....hahahahahaa

    Mbak Dwiyani:
    huaaa, pengalamanmu lebih serem lagi mbak? hiks, nggak kebayang kalau telat dikit aja...:( alhamdulillah Allah melindungi ya...:')

    Mak Haya:
    heuheuheu...merinding disko juga baca pengalaman hilang Faruk mak....:( untung dia ketemu org baik ya...
    iya, aku juga pernah liat di amerika, anak2 yg baru bisa jalan malah dipakein kayak tali gitu d badannya trus dipegang sama mamanya...tapi koook...rasanya jadi kayak gukguk ya? gk tega juga ngashnya...hihihihihihi

    BalasHapus
  21. Ya Allah, Mak, anak disamain tikus. Tapi bener juga, sih, ponakan aku ampun deh. Bawa dia ke tempat umum bener-bener nggak bisa disambi. Anaknya aktif, apalagi kalau udah kenal sama tempatnya. Jangankan di mal, di lingkungan rumahku aja dia bisa ngilang. Takutnya tuh kalau main di kali.

    Jadi pelajaran berharga bagi para orang tua dan calon orang tua seperti saya: jangan lengah dan nggak boleh meleng.

    BalasHapus
  22. Hiks.. turut sedih dan deg-degan bacanya, Mbak Winda. Saya sering juga merasa takut kehilangan sedang belanja atau ke keramaian. Terima kasih sharingnya ya, Mak.

    BalasHapus
  23. Pernah tuh waktu Ibam masih kecil. Aku mau tulis juga ah pengalamanku waktu itu.

    BalasHapus