Selasa, 12 Maret 2013

Kolaborasi Emak dan Suami di Rumah: Komunikasi

  19 comments    
categories: ,
Seminggu yang lalu, seperti biasa saya "mati gaya" seakan-akan kerjaan di rumah udah pada selesai aja. -_- Padahal.... Blogwalking udah pegel, nyampah di TL udah tumpah ruah saking banyaknya (yang nggak penting), anak-anak udah duduk kece depan tivi, suami udah berangkat kerja. Walaupun cucian kotor numpuk, jemuran teriak-teriak minta disetrika, piring nangis-nangis minta dicuci, lantai ngemis-ngemis minta disapu, saya malah bingung mau ngapain. Hahahaha...bilang aja males, mak! :|

Akhirnya, akibat mati gaya akut itu, saya iseng masuk ke salah satu group FB favorit saya, Kumpulan Emak-emak Blogger dan iseng lempar pertanyaan survey. Nanyanya juga gara-gara baru ngalamin di rumah sama suami. Seminggu sebelumnya asisten rumah tangga minta cuti, jadi saya dan suami harus bagi-bagi tugas rumah. So, saya pengen tahu aja, pembagian tugas rumah sama suami si emak-emak di KEB ini kayak apa, ya?

"Sore, emak-emak cantik. Saya mau iseng survey, nih! Kalau keluarga yang nggak pake jasa ART atau ART lagi pulang kampung, pembagian tugas sama suami untuk chores harian gimana, mak?
Contohnya kalau aku begini:
Mama: nyiapin sekolah dan les anak-anak, masak, nyuci piring, nyapu ngepel, jemput sekolah.
Papa: anter sekolah, belanja ke pasar, nyuci baju jemur. 


Image from http://eksposnews.com/view/25/22265/Hanya-16-Persen-Suami-Mau-Bantu-Istri-Beres-beres-di-Rumah.html#.UT7tTTfVnUw




Eh, nggak disangka, yang ikutan survey banyak juga dan jawabannya beda-beda tapi menarik semua. Saya jadi paham bentuk kerja sama antar suami-istri bisa sangat beragam dan tergantung pada kepentingan masing-masing rumah tangga dan juga menyesuaikan dengan kondisi masing-masing. Aih, jadi banyak belajar dari emak-emak ini. Belum lagi yang jawabannya kocak, kayak ada yang pura-pura tidur pas anak kebangun tengah malem (lirik Mak Waya) wakakakakkk! Terus ada juga lho ternyata yang semua kerjaan rumah dikerjain sama suami, istrinya cuma nyetrika sama nyapu doang. Enak ya mak, namanya juga penganten baru. Mihihihi...(towel Mak Fiki).

Di bawah ini saya kutip hasil survey isengnya, ya... Siapa tahu bermanfaat, atau malah bisa sekalian dicontek. Yang pasti beberapa menghibur banet bacanya. Antara pengen ngomong, "Aaaa, co cwiiit!" dan, "Ciyaan..." (yang ini khusus buat Marintan sama Ila yang belum nikah, jadi di rumah kebagian disuruh-suruh. Hahahaha...) 
 
Image from http://oliverartscouncil.org/?paged=3

1. Mak Rahmah'Suka Nulis' Chemist
Mama: nulis artikel, masak, beres rumah, dan lain-lain.
Papa: fokus internet marketer and blogpreneur.

Pagi:
Saya --> nyapu, ngepel, nyiapin sarapan.
Suami --> mandiin anak-anak, nganter ke sekolah trus langsung ke kantor.
Siang:
Saya --> masak, ngurus bayi.
Suami --> jemput anak-anak, mampir ke pasar.
Sore-malam:
Saya --> nggosok, nyuci piring.
Suami --> nyuci baju, njemur.
Suami saya mau ngapain aja asal jangan disuruh nggosok. Ngeri katanya.

Saya : semua dari A sampai Z, kecuali nyetir. Itu bagian dari job suami, baik hari libur atau tidak.
Suami : hari kerja ya ngantor, kalo di rumah ngenet, kalo hari libur selain ngenet ya ngutak atik mobil.


Dari awal sih gak ada ART sih mbak, kerjaan full di aku. Suami dari pagi sampai malam kerja (ngantor dan studio foto) jadi hampir gak ada libur. Tapi kalau sempat libur, biasa suami ngajak si kecil main seharia.



Baju udah jelas pasti laundry heheheee.... 
Suami cuma partisipasi minggu aja nyapu ngepel dalam dan luar rumah karena kerja sampe malam. 
Anak-anak bersih-bersih rumah tiap sore. 
Aku urusan dapur dan nyetir antar jemput sekolah yang jauh. Kalau cape aku gak masak.

Sampe saat ini belum perlu maid, jadi semua berdua.
Cuci baju, kalo aku ndak sempet (baca: males dan cape) itu suami. Masak, belanja kebutuhan dapur/rumah, bayar segala macem, ngepel suami juga. 
Aku: setrika doang en nyapu ^^ 

Kalo aku nggak pake ART, semua kerjain sendiri, tapi suami sering bantuin cuci piring, kadang-kadang bikinin nasi goreng. Dan bangun tengah malam ngidupin lampu kamar mandi kalo anak-anak mau pipis. Aku pura-pura tidur soalnya... wkwkwkwk
 
8. Mak Izzah Zakiya
Papi : bertanggung jawab atas kebersihan sebagian rumah, nyapu, ngepel, sebelum brangkat kerja, include mandiin anak pagi hari,cuci mobil n motor on weekend.
Mamam : sisanya masih banyak kok kerjaan emak-emak selama si papi ngantor sampe beres. Cuma nyetrika aja saya yang angkat tangan, nyewa teteh buat nyetrika seminggu sekali.
 
Ummi: bikin sarapan, ngepel, cuci baju, jemur, jemput anak sekolah, setrika. 
Aba: mandiin anak-anak, pakein baju, antar sekolah. 
Faruq: cuci piring, ikut bantuin ngawasin adik.

Hehehe, kalo saya berhubung belom berkeluarga, biasanya di rumah suka disuruh-suruh.

11. (Mak) Ila RizkyNidiana 
Aku belum nikah, mak. hehe. Tapi kalo di rumah aku bagian nyuci piring, nyapu dan ngepel.

Saya gak pernah pake ART. Di rumah kerjasamanya suami kuras kamar mandi, masak aer (tugas pasti hihi..). Cuci piring gantian siapa yang luang. Tugas pasti saya nyapu, ngepel, nyuci, nyetrika. Jemur pakaian dan nyiapin anak sekolah gantian siapa yang luang . Tapi suami saya jam kerjanya elastis. Jadi bos buat diri sendiri (berdagang). Berangkat jam 8 (boleh molor tak ada denda) pulang jam 1 atau 2 siang. ga pernah pergi-pergi kecuali ada pesanan dagangan atau ngejar tender pengadaan seragam sekolah, guru-guru atau instansi-instansi.
Sebenarnya pembagian yang paling enak dan nyaman adalah elastis dengan komunikasi. Jadi siapa yang luang waktu dan mampu mengerjakan sesuatu ya dikerjakan. Nggak pake iri-irian gitu deh. Kalo kami kalo sama-sama senggang tapi sedang males ya gelontorkan jurus rayuan qiqiqi...
 
13. Mak Effie Netta 
Saya ada 1,5thn tanpa ART. Pagi aku nyapu dan masak (aku masak emang pagi karena buat bawa bekal suami juga). Suami yang ngepel, nyuci (kalau cucian yang besar kaya seprai gitu di laundry aja) dan jemur. Kalau mandiin anak tergantung waktu (kalau suami masih ada waktu sebelum berangkat, suami yang mandiin, kalo ga ya aku aja). Nyuci piring kalo malam gantian aja aku dan suami (walaupun kayanya lebih sering aku dech, hehe). Siang aku nyetrika (pas anak tidur siang). trus kalau beberapa hari sekali yang bersihin kamar mandi suami, kalau aku yang bersihin semua kaca jendela. Belanja saya seringnya di abang sayur yang lewat depan rumah aja. Apalagi ya? Kayaknya itu aja dech, soalnya anakku belum sekolah.
 
Aku gak pake ART. Karena jadwal kerja suami fleksibel, bisa kerja di rumah (ngantor kalau ada meeting aja). Nggak ada pembagian tugas khusus sih. Yangg jelas bagian anter jemput krucils sekolah, suami. Kalau pagi beliau sekalian belanja ke tukang sayur juga :)), masak gantian aja siapa yang mau masak hari itu. Yang gak ada pembagian itu. Ngurusin pet, suami. Urusan cuci setrika baju, aku. Sisanya semua dikerjain bareng dan dibantu anak-anak juga karena yang dua udah pada gede-gede.

15. Mak LeylaImtichanah 
Semuanya saya yang melakukan, kecuali pas weekend, baru deh dibantu suami. Super rempong dan super capeeek.... tapi masih bisa ngetik.
 
Kalau saya gak ada pembagian yang jelas, mak! Tergantung siapa yang lagi bisa aja. Kecuali nyetrika. Suami bilang kalau nyetrika nanti aja tiap kali mau pake, itu pun baju yang buat pergi aja. Kalau buat sehari-hari gak usah.. Hehee...

17. Mak Astin Hidayat 
HHihiiii dua hari stress kerjaan yang nyita mata *gak bisa selingkuh ngetik ---wotak, urusan rumah semua saya dan suami handle anak, mulai dari mandiin mpe kasih makan dan nidurin. hehehee. Alhamdulillah kombinasi yang seperti itu yang pas dan cocok. Kalo malam capek tinggal minta pijitin suami.

Jaman masih tinggal di luar dulu gak pake ART, jadi tiap hari kerja sama. Biasanya urusan mandiin anak jadi jatah bapaknya. Kalo hari libur bapaknya juga yang bikin makan siang dan bersih-bersih (vaccum and bersihin kamar mandi).

Saya tinggal di Jepang gak pake ART. Semua kerjaan rumah full saya yang kerjain. Paling kalo hari libur aja suami bantu mandiin anak sama beres-beres rumah. Dulu waktu anak masih bayi, suami bantu masak makan malem juga kadang-kadang. Sekarang anak dah gede ga pernah lagi, errr...... 

Kalo saya emang ga pake ART, kebetulan kerjaan suami dan saya fleksibel. Jadi ya kita kerja sama aja, mana yang bisa dan sempet kerjain, ya dia yang ngerjain. Yang pasti urusan antar jemput anak sekolah suami, urusan cuci jemur saya, sisanya sama-sama tergantung yang sempat. Kalo setrikaan, sama mak Myra Anastasia n Sary Melati, prinsip nyetrika cuma pakaian untuk pergi-pergi aja, itu pun setrikanya pas perlu aja, irit energi, waktu, n tenaga.

Kaaan! Beragam banget, kan? Tapi yang jelas, intinya komunikasi sama keluarga. Aku malah kagum banget sama emak-emak di luar negeri dan yang nggak pake ART (di Indonesia). Karena udah ngerasain sendiri, rempongnya kayak apa. Semangat terus, mak! ^_^
Dan kalau ada yang baca dan merasa postingan ini bermanfaat, boleh lho donasi vote untuk Emak Gaoel ikutan pertukaran blogger antar negara di Big Blog Echange. Klik ini atau gambar di bawah aja. Masukkan alamat email, cek link yang dikirim ke email, klik link tersebut, supaya votenya terhtung. Dibantu, yaa... Terima kasih sebelumnya. :')

PS: Mau ngelink blog 20 emak di atas, tapi anakku yang kecil udah keburu teriak-teriak manggil. Sabar ya...


19 komentar:

  1. wuihh...ternyata gara2 mati gaya tho jd keluar survey ini :)

    BalasHapus
  2. walau gak punya ART nyatanya tetep bisa gaoel koq, mak :))

    BalasHapus
  3. hihiihih hebat yaa, pas mati gaya bisa ngadain survey canggih beginiih.. saluuut maaak

    BalasHapus
  4. wahhahhaa... nasib yg blm nikah dan masi tinggal org tua, nunggu disuruh aja ngerjain apapun.. :p

    BalasHapus
  5. keren hasil surveinya, makkk ^^

    kalo dulu bagian paling membosankan dan lama kelarnya ya ngepel tapi abis ibuku beli alat pel yang pake busa bukan yang kain, jadi cepet kerjanya :D lumayan enak sekarang, mak. hehe

    BalasHapus
  6. Ealaaah... aku nampang keren disini xixixiiii.... Makasih mak. Tp dibanding emak2 lain aku kelihatan kurang perjuangan niiiih jadi malu sama emak2 lain. Bukan males kok mak, suwer te kewer2, tp karena ada kendala kesehatan juga *cari2 alesan

    BalasHapus
  7. keren mbak surveynya, dari survey akhirnya jadi sebuah tulisan ya mbak, hehehe, selamat beres2 ya mbak

    BalasHapus
  8. Wah kaum hawa semua....Boleh nimbrung nggak nih, Emak Emak,hehe...

    BalasHapus
  9. cakeppppp... hehehee emang kudu kerjasama ya. klo gak mah rempong sendiri yang ada malam blasss :)

    BalasHapus
  10. kalau ARTku sih pulang kampung terus mbak alias gak punya art hehehe. memang bantuan suami itu penting banget kalau gak ada ART. ini aku gak ada ART aja online trus apalagi ada ya hihihi

    BalasHapus
  11. Dulu, aku pernah mecah rekor (dewe). Ga punya ART, ngurus rumah, anak2, dan ngurus mertua yang sakit sampai 2 tahun. Kalau inget itu sekarang, mikir lagi. Kok bisa, yaaa??? *pengsan

    BalasHapus
  12. bagus, bagus survey ini, jadi ada bahan diskusi dengan suami. Aku pikir cuma suamiku doang yang pagi sebelum berangkat kantor dan pulang kantor ngenetnya gak bisa ilang *salam kenal mak Winda

    BalasHapus
  13. Komunikasi memang penting ya Mak :)

    BalasHapus
  14. aku juga nggak pake ART tapi berhubung belum punya anak jadi suka2 kerjanya hehhee...suka nyuci yah nyuci...suka masak yah masak hehehe...klo malas masak marilah kita makan diluar

    BalasHapus
  15. dari mati gaya lahir ide lucu yang bisa jadi sumber tulisan ^^ saya belum menikah tapi nantinya saya dan (calon) suami akan bikin daftar kerjaan apa aja yang bisa dibagi berdua karna kemungkinan besar kami gak akan ngajak PRT, biar bisa hanimun tiap hari hahaha

    BalasHapus
  16. Wahhh, seru....tambah salut aja sm beberapa emak yg saya kenal disini. Tanpa ART tapi bisa eksis dan aktif menulis, luar biasa.

    Saya,...saya...hikssss, sejak menikah sampe skg gak pernah gak pake ART. Dulu saat anak2 masih kecil sampe pake dua ART di rmh, bkn krn kebanyakan duit tapi krn kondisi emaknya aja. Bbrp tahun terakhir malah ART nya udh pakai yg plg setengah hari. makanya saluuutttt bgt deh sm emak2 yg gakpake ART ^^

    BalasHapus
  17. Seruuunya..
    Mati gaya tapi bikin hebooh :D
    Udah nge vote ya

    BalasHapus
  18. Mbak Edi:
    Hahaha, sebenernya bukan mati gaya sih, tapi lagi males ngapa-ngapain...wkwkwkwk

    Mak Sary:
    wah iya, penting itu...hihihihi

    Mbak Meilya:
    survey iseng2an aja mbak..hehehehee...

    Dongeng Denu:
    iya..hihihihihihi.....

    Ila:
    wah alat pel kayak apa itu? tolong kasih tau akuuu...:))))

    Mak Lusi:
    dirimu sakit apa tho? aku juga kalau dibanding emak2 lain jadi keliatan malesnya...wkwkwkwkwk

    Mbak Lisa:
    iya, padahal iseng doang tadinya, ternyata pas dibaca2 menarik juga jawaban emak2 ini...:)

    Kang Sun:
    boleeeh, silahkan gabung, kang...:D

    Rika:
    iya bener, harus kompak dan saling ngerti...:)

    Mak Lidya:
    salut mbak sama dirimu.....aku selalu keteteran kalau pas nggak ada ART...:(

    Ummi Haya:
    huaaaa, hebat banget miiii....kadang kita suka gk sadar berapa besar kekuatan kita, sampai begitu selesai kita baru mikir, "eh, bisa juga ya gw ternyata..." hihihihihi

    Mak Astin:
    hihihihihi, iya, jadi banyak belajar dari emak2 yg lain ya....:D

    Mak Esti:
    tul...pentng banget...:D

    Mbak Natalia:
    naaah, kalau belum punya anak emang malah enak kerja bareng suami dan "kerja" bareng suami...;)

    Mbak leniwijayanti:
    iya, intnya apa-apa harus diomongin dan diobrolin kalau sudah menikah...gk bisa memaksakan kehendak sendiri dan saling ngerti aja...:)

    Mak Irma:
    sama maaaak....aku juga salut banget sama emak2 yg di luar negeri dan di Ind gk pake ART, apalagi kalau anaknya banyak pula...huaaa....kebayang rbetnya, tapi bisa...itu beneran hebatnya banget bangeeet...:')

    Nchie:

    huaaa, makasih votenya ya chieee...:')

    BalasHapus
  19. waaaa, jadi inget kapan hari ke-gak ada-an ART ini jadi salah satu alesan saya gak bisa finish di J50K, hihihihihihi. Trimakasih mak gaholll, ini membuat saya merasa gak sendirian *iyya, saya agak lebay :D

    BalasHapus