Kamis, 14 Maret 2013

Safina's Dress, Jahit Tangan, Cuy! :')

Para mami tercinta yang punya anak perempuan kecil, mungkin pernah ngalamin nih kejadian yang baru saya alami ini. Safina (Nana) kalau main tab punya Papa-nya sukanya main dress up. Jadi dia milih-milih baju, sepatu, tas, asesoris untuk dipakai model dalam games itu.

Kemarin, permainan meningkat dengan sebuah permintaan. "Mama, Nana mau baju kayak gini!" katanya sambil menunjukkan gambar model dengan dress warna ungu. Saya lirik dikit model bajunya dan komentar dalam hati, "Beuh, kalo tiap main dress up dia minta beliin baju kayak gini, bolong dompet ekeh, nek!" Wkwkwkwk...

Sebuah ide melintas di kepala. Ide yang sebenarnya "nggak banget" dalam bayangan saya kemarin. Saya mau coba jahit baju sendiri untuk Nana. Berhubung nggak punya mesin jahit, tantangan menjadi lebih besar: jahit baju untuk Nana dengan jahit tangan! Bwahahahaa....saya langsung ngekek sendiri kemarin. Ya kali, orang nggak ngerti jahit baju kayak saya bisa jahitin baju buat si Nana, jahit tangan pulak!



Tapi, seperti biasa, bawaan ribet sendiri, tiap dapat tantangan biasanya kepikiran. Saya langsung mikir, "Masa sih nggak bisa jahit baju model sederhana sendiri?" Saya pun mengamati satu dress sederhana milik Nana dan mikir gimana cara jahitnya. Akhirnya, dengan tekat setengah yakin, saya ke toko bahan dan alat jahit di dekat rumah dan belanja. Saya beli bahan 1,5 m, jarum jahit, benang, asesoris, kancing dan ristleting.

Sore kemarin dengan bismillaahirohmaanirrohiim saya mulai sotoy ngukur kertas koran ke badan si Nana. Terus gunting-guntng bahan berdasarkan bayangan saya aja gimana cara jahit baju itu. Sebenarnya 9 tahun yang lalu saya sempat ikut kursus menjahit selama sebulan, tapi belum sampai ke pelajaran menjahit baju sama sekali. Baru diajarin ngitung-ngitung ukuran dan menggambar pola. Dan karena udah lama juga, lupa semua! Wakakakakkk, gak guna banget, deh!

Tapi jangan panggil ekeh Emak Gaoel kalau begitu aja nyerah. Hihihihi...kalau sudah punya mau, biasanya saya suka ngotot ngerjain sampai selesai. Bawaan orok. -_- Akhirnya, dengan terseok-seok, hari ini saya bisa mempersembahkan perjalanan menjahit sendiri baju untuk Nana. Check this out!

Masang ristleting dengan jahit tangan!! Nggak nyangka, bisa juga ternyata. :D

Setelah bahan saya potong, saya mikir apa duluan yang harus saya jahit. Akhirnya saya mutusin sendiri, kayaknya masang ristleting harus duluan. Maka dengan perasaan was-was takut salah, saya jahit pelan-pelan ristletingnya ke dua bahan untuk bagian belakang baju. Eh, bisa! Bisa! Jadi makin semangat buat nerusin. :D

Makin semangat pas dua bagian untuk atasan ini hampir jadi! :')
Perjuangan belum selesai. Bagian atas dress harus disambung dan nggak boleh meleset, karena kalau salah posisi, nanti dua bagian itu nggak akan ketemu di titik yang seharusnya. (Ngemeng apa sih, mak?). Sampai di bagian ini Nana udah nanya-nanya, "Kapan selesainya?" Dooh, besok kali, dek! Ini belum apa-apa juga. -_-

Huaaa, berhasil juga masang rok dan bagian atas dress-nya! *jingkak-jingkrak*
Menyambung bagian atas dengan roknya adalah bagian yang paling deg-degan dan bikin frustasi. Bikin rimpel rok bocah itu ternyata susaaaaaahhhhh ya sodarah-sodarah! Astaghfirulloooh! Saya sampe kesel sendiri. Tapi nanggung kalau berenti. Lagian Nana pasti kecewa banget kalau bajunya nggak jadi. Akhirnya walaupun jahitan udah makin acak-acakan dan mletat-mletot, saya tetap meneruskan.

Viola! :D
Akhirnya, dalam waktu 6 jam saya berhasil menyambung semua bagian dress itu jadi satu baju utuh dengan jahitan yang.....yaaah, gitu, deh...-_- But, me so proud! ^_^ Nggak sabar nunggu Nana bangun untuk nyobain baju baru hasil jahitan emaknya ini.

Ini dia, Safina dengan baju barunya. Dijahit tangan oleh Emak Gaoel. Jangan liat bagian dalemnya ya, mengerikan! :)))
Fffiuhh! Seneng banget tadi pagi Nana udah mondar-mandir make baju barunya dengan senang. Saya jadi mikir sendiri, kayanya nggak sanggup deh punya profesi penjahit. Bikin satu aja kayak begini udah bikin punggung sama mata sakit. Hiks.

Tiba-tiba Nana nyeletuk sambil nunjukkin Tab-nya ke saya. "Ma, besok mama bikinin yang begini, ya!" *pingsan*





49 komentar:

  1. Lucuunyaaa safina, di tambah dengan dress buatan emaknya jahitan tangan pula, hadeuuh di jahitnya juga pasti penuh dengan cinta..

    kalo aku yang pake dress gituh Lucu ga yaa??
    Mau donk Maak :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, lucu mak lucuu...pasti jadi kayak barbie deh...:'))

      Hapus
  2. waaahhhhh kreatip sekali mak gaoel... ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali doang...abis itu kapok..mending beli jadi dah..:)))

      Hapus
  3. wakakakakakakakaka.... Na, kacian mamanya klo tiap hari jahit tangan. perjuangan ya mak :)

    BalasHapus
  4. wihihihi.. keren tapi bis abikin baju dengan jahit tangan, saya aja jahit bagian yg sobek atau bolong suka acak2an..

    BalasHapus
  5. hahahahaha, pingsan kalau nana tiap hari nunjukin dress baru :))
    tapi ih, bagus hasilnya mbak.. mana pas banget buat nana.

    BalasHapus
  6. Jait tangan semuaaaaaaaaah? Daku kagum pada kesungguhan niat dan ketulusan hatimu, Mak~

    Tapi hasil jadinya bagus begitu. O___O

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyyaaah! jait tangan semuaaa...termasuk masang resleting dan bikin rimpel2nya itu...whewww....pegeeelll...:')))

      Hapus
  7. Wuiiih jago gitu kok mbak ( >o<)b
    Kalo Chi yang sulit itu ya jahit resleting kalo jahit tangan *curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, paling susah jait restleting sama jahit bagian ketek...wkwkwkwkwk

      Hapus
  8. Huahahaha, setuju dengan Nana, bikin yang lebih keren ya, Ma :))
    Salut deh ama emak satu ini, bisa nulis bisa jahit, apa yang kurang coba? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dong mak..tega lu...gw nulis aja udah...jahit nyerah deh...:))))

      Hapus
  9. kereeen kereeen kereeennn...... benerean keren deh, jadi terinspirasi pengen bikin dress juga buat Kanaya.... salam kenal ya mak.....

    BalasHapus
  10. kereeeeen mbak, kreatif banget sih mbak winda

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen nyenengin anak mbak lidya...tapi udah ah, kapok jait sendiri..:)))

      Hapus
  11. bagus mbak.....
    aku juga pengen tapi ga punya mesin jahit dan menyerah.... jadi malu sama mbak hihihi...

    semangat lagi!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, kalo punya mesin jait kayanya lebih asik sih emang...:')

      Hapus
  12. Ayo Nana... besok besok minta bikinin lagi baju sama Mama mu, Om Hadi senang liat mamamu menderita....

    hahahahahahahahahahahaha


    Itu bagian dalamnya pasti ramijuddddd ya wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  13. wah, salut sukses dlm 6 jam..
    btw, yg bilang ramijud di atas orang sunda pasti ya.. udh lama ga denger kosakata itu, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu orang sunda banget yg komen di atas...hahahahahaaa

      Hapus
  14. eyaampun, cuma 6 jam? Kayaknya sy boleh nih ngorder? Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6 jam, abis itu sakit pinggangnya 12 jam mak...:|

      Hapus
  15. hihihiii, kebayang deh si emak nunduk-nunduk lagi jait. Tapi keren Mak. Jahitan tangannya itu lho... Jempol deh buat mak Gaoel! :D

    BalasHapus
  16. woow, hebat euyy.. emang kreatif bangets Emak yang satu ini *jempol.com*

    BalasHapus
  17. Yang lucu emaknyaaaa..., bikin ngakak terusss

    BalasHapus
  18. ngakak plus terharu membacanya,krn kebetulaaaan bgt aku jg lgi pngnbikinin baju anakku mia,tp ga punya mesin jait.dgn baca ini aku jd ga ragu lagi...

    BalasHapus
  19. Huakakkakkakak mau ngakak dolo ah! Etapi nekadnya keren deh. Anakku juga nih, baru 3 tahun, Shakira, sukanya main dressed up gitu. Udah pinter pula nyocokin warna. -____- Duh, jadi takut kalo 2 tahun lagi minta kayak Nana. -____- Mana bisa jait eikeeee.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wayolooo!!! #nakut2in huahahahaa...
      etapi beneran deh, bisa karena kepepet itu beneran kok.. :)))

      Hapus
  20. Kereenn..jd terinspirasi..hrs nyiapin semangat sebesar2nya dulu neh..

    BalasHapus
  21. Wahhh keren nih emaknya safina...Hidup emak emakkk !!!!

    BalasHapus
  22. waaaaaaaaaaahh! kalo emak gaoel bisa saya juga mungkin bisa. Saya udah lama pengen bikinin anak perempuan baju yg ia minta :)))

    BalasHapus
  23. wahhhhhhhhhh mantapppp,,, ketemu blog si emak ni, karena mendadak kepikiran pengen bikinin baju untuk si Habibah yg masih usia 6 bulan,,,
    pake semboyan ini dehh.. "semua orang bisa beli apapun untuk anaknya,, tapi gak semua orang bisa bikinin sesuatu yg unik dan lucu hasil karya tangan sendiri untuk anaknya,," semangattt semangattt

    BalasHapus
  24. salluuuuuuuutttttttttttttt banget....jadi semangat setelah nemuin blog ini....semoga bisa jahit manual juga

    BalasHapus
  25. keren maaaak..itu jaitnya pake tusuk apa? mau ncobba ah..

    BalasHapus
  26. Waaaaah sama kayak saya mbak, saya juga sedang seneng senengnya bikin baju buat Aira....

    BalasHapus