Jumat, 27 September 2013

Kamu Blogger Apa?

  80 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikuum ...

Mulai sekarang harus membiasakan diri membuka postingan dengan salam, karena itu adalah salah satu bentuk kegaulan yang keren. :D Ayo, dijawab! #pegangsapu. Salam itu do'a lhoo ... *iya mak iyaaa*

Sooo, beberapa hari ini saya tersindir (Garis bawahi "tersindir", karena saya mau bahas itu sebenarnya, tapi takut lupa pas udah kepanjangan ngomong). Ada selentingan kategori blogger terbagi menjadi beberapa golongan: blogger sejati, blogger banci lomba, blogger review, blogger curhat, blogger reportase, dan lain-lain. Hmmm, nggak tau juga siapa yang bikin klasifikasinya, apakah ini pernyataan resmi departemen perbloggeran? Entahlah. Yang pasti saya jadi kepancing lebay lagi, kan! Apa lagi nggak ada penjelasan jelas untuk masing-masing jenis blogger itu. Baiklah, berarti ini waktunya saya untuk sotoy (kebiasaan banget). Bhahahaha!

Blogger sejati itu mungkin maksudnya blogger yang postingnya rajin dan blogwalkingnya juga rajin, termasuk interaksi dengan sesama blogger di kolom komentar. Aaah, ingin sekali bisa menjadi seperti mereka. Tapi hidup saya bukan cuma di dunia maya, sulit sekali untuk konsisten seperti itu. 

Blogger banci lomba itu mungkin yang blognya isinya postingan ikutan lomba blog di mana-mana. Waah, saya mah suka-suka aja sama blogger model beginian. Berarti mereka tahu memaknai peribahasa: Sambil menyelam minum kopi. Ya, nggak, sih? Boleh jadi saya juga termasuk di dalamnya, walaupun saya lumayan selektif sih milih-milih lomba blog. Saya sih konsisten cuma milih lomba blog yang gampang. Hahahaha, tipe-tipe ogah susah banget.

Kalau blogger review udah jelaslah ya, isi blognya review segala rupa. Bisa resto, bisa buku, bisa toko, bisa online shop, bisa apa aja deh. Pokoknya segala rupa di-review. Makan soto padang di pasar direview, lengkap dengan wawancara tukang jualnya. Beli pete dua papan direview lengkap dengan harga pete selama seminggu terakhir. Nganter anak les, tempat lesnya direview sampe anaknya pulang les, emaknya masih sibuk ngumpulin info. Beli buku tulis direview sampe ke jumlah garisnya dikasih tahu. Aaah, bukankah blogger seperti ini memberikan manfaat yang sangat besar kepada kita, saudara-saudara? I like this type. ^_^

Kalau blogger curhat ya mostly isi blognya pasti curhatan si blogger. Tapi jangan sepelekan blog yang isinya curhat ini, karena biasanya pelajaran hidup justru paling banyak ditemukan di blog model begini. Kita nggak pernah tahu apa yang sudah dilalui orang lain sampai kita tahu kisah yang mereka bagi lewat blognya. Dan biasanya, setelah itu ada aja pelajaran penting yang bisa kita petik dari kisah curhat mereka ini. Walaupun yeaaah, curhat kadang suka nyaru sama galau sih, ya. Kalau isinya menggalau terus, saya rasanya gatel mau ngasih saran untuk bikin novel aja. Sayang banget drama-drama hidup lo segitu banyak cuma berakhir di blog. Dijadiin novel siapa tau laku. 

Blogger reportase mungkin model-model wartawan yang lagi liputan gitu, ya. Sukanya datang ke berbagai acara launching, seminar, workshop dan melaporkan semua yang mereka dapat di acara melalui postingannya. Beberapa kali juga saya pernah bikin reportase untuk beberapa acara yang saya datangi. Seneng juga, terutama kalau ada temen yang bilang terima kasih karena mereka nggak bisa hadir tapi jadi tahu jalannya acara gimana. Lagian, nggak ada ruginya sih rajin-rajin datang ke acara-acara ini. Selain jadi punya bahan postingan, goodie bag dan doow prize-nya susah buat dicuekin! Apalagi kalau ada lomba live tweet-nya. Wiih, makian semangat! Kembali lagi ke peribahasa: Sambil menyelam minum kopi tadi, ya! Hahahaha ....

Jadi kenapa saya merasa tersindir? 

Setelah menang lomba blog 10 Days For ASEAN kemarin, beberapa teman mengingatkan saya, ngeblog jangan cuma buat lomba aja, ya! Wahahaha, harusnya sih saya nggak usah kesindir, ya? Kan isi blog saya gado-gado. Ada curhatnya, ada reportasenya, ada reviewnya, pokoknya ini blog serba ada kayak minimarket. Tapi jujur, setelah menang lomba kemarin, saya agak takut terjebak jadi blogger khusus pengejar hadiah-hadiah lomba itu. Soalnya, sekarang jadi udah ngerasain manisnya dapet hadiah dari ngeblog. Takut ketagihan dan kehilangan esensi ngeblog yang sesungguhnya. Hihihihi .... Jadi gimana caranya supaya saya nggak terjebak?


Hadiah menang lomba blog 10 Days For ASEAN, Samsung Galaxy Tab 3, 8 inch. Terharu... :')

Untunglah, hidup saya nggak cuma seputaran ngeblog aja. Lagian emang ada gitu yang sehari-hari kerjaannya full time ngeblog? Umm, nggak tahu juga ya. Pokoknya, saya punya anak dua yang kerjaannya berantem melulu. Saya juga punya suami yang menuntut kasih sayang dari saya (halah). Dan saya punya satu warna lain dalam hidup saya yang ikatannya dengan jiwa saya lebih besar ketimbang ngeblog: nulis novel. Saya bukan bilang saya nggak suka ngeblog, ya! I love blogging! Really! Tapi kalau saya tidak menyelingi kegiatan blogging saya dengan menulis novel, bisa jadi saya akan terjebak jadi blogger tipe spesifik. Dan melihat begitu mudahnya saya tergoda dengan hadiah gadget dan jalan-jalan keluar negeri lewat lomba blog, bisa dipastikan saya akan jadi blogger banci lomba. Aduh, saya nggak maauuuu! Karena itu membosankan sekaliii.

Saya respek sama blogger yang sampai punya blog khusus untuk lomba. I do! Bagi saya itu bentuk konsistensi yang tidak semua orang punya. Dan setahu saya, beberapa teman yang punya blog khusus untuk postingan lomba, biasanya tetap punya blog lain yang isinya lebih personal. Lagian saya juga kagum karena mereka sampai bikin blog khusus untuk ikut lomba. Wuaaah, ngurusin blog itu repot banget, kan! Saya punya satu ini aja nggak tiap hari kepegang. Apalagi punya lebih dari dua! Hebat! 

Saya nggak mau terjebak jadi satu jenis blogger aja, karena saya punya banyak cabang kemauan dan pikiran yang terserak di mana-mana. Kadang saya pengen nulis tentang keluarga saya, kadang saya pengen ikut lomba, kadang saya tergoda juga ngereview gerobak tukang ketoprak. Ah, pokoknya, saya ini kebanyakan mau. 

Besides, saya lagi semangat bikin novel baru lagi, nih! Berawal dari twit-nya @bentangpustaka yang ngasih pengumuman Lomba Menulis Novel Remaja Passion Show diperpanjang. Waaahahaha, tadinya saya udah memutuskan untuk nggak ikutan. Berhubung DL diperpanjang, saya akhirnya bisa menulis fiksi lagi sekarang. Berbulan-bulan saya sudah sibuk nulis di blog ini. Jadi sekarang saya pamit dulu untuk beberapa saat ya, untuk menyelesaikan novel ini tepat waktu. Wish me luck! By the way, ini lomba juga kan, ya? Berarti gue penulis banci lomba, dong? Eaaaa ....




80 komentar:

  1. Aku sih masuk golongan Blogger Kece, Mak #kibasponi :)))
    Gudlak lomba novelnya.. aku mlipir ah, gak ikutan. Lagi ada target lain #uhuy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, iyaaa....-_-
      idih, masih sebulan mak, ayo doong temenin akuu....:')

      Hapus
  2. Aku mba... Blogger curhat! Hidup curhat! :)))

    BalasHapus
  3. aku silent blogger, mbak. sepertinya belum masuk kategori di atas, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, sukanya dateng diem2, pergi diem2 ya? xixixixi

      Hapus
  4. semangat mak...doaku menyertai keberhasilanmu ikutan lomba novel...:D
    kalo aku masuk kategori mana ya, dibilang blogger koq jarang update blognya, dibilang penulis jg gak ada karyanya #ehh gak nyambung ya...ya gitu deh blogger nano2 aja ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana mana juga boleee...asal mabak edi hepi aja mbaak....
      yg penting kita konsisten ngerusuh di status yes? :))))

      Hapus
  5. Ada koq full-time blogger, Mak. Tapi mereka ngga hanya di depan komputer aja koq kerjaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya profesi gitu mbak Helda? ada ya? aku nggak tau...hehehe
      wah, gak gaul nih ekeh...:)))

      Hapus
  6. aku juga semuanya, mak.. yg penting happy XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iiih, setujes benggeeus jeeung....yang penting heppiii....hihihihihi

      Hapus
  7. Hahhh...tos dulu, qta sama typenya : blogger campur2 alias gado2 :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss panci sama mak icoel....gado2nya jangan pedes yak...:))))

      Hapus
  8. salam kenal ya mb...enak baca tulisanya
    ngalir banget.,.,.

    BalasHapus
  9. Aku blogger pas-pasan mak, pas pengen ngeblog ya ngeblog biarpun nggk ada ide, pas lagi nggak ada ide pas pengen ngeblog .. jadi kesimpulannya pusing aja xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, tapi kudoakan semoga rejekinya gak pas2an....aamiin...:D

      Hapus
  10. Aku blogger yang suka blogwalking tapi jarang di blogwalking balik #eaaaa .....
    Btw semua ada waktunya mak. Nulis novel emang harus fokus, apalagi utk lomba. Kalau dikau menyebut diri penulis banci lomba, aku gak mau menyebut diri blogger banci lomba, karena aku bukan banci haghaghag....
    Menurutku sih, kalau sering menang, apalagi hbs dpt juara 1, ya terusin aja momennya. Ntar kalau lama gak menang, ya bertapa aja duluk. Ummm... ya gitu deh pendapat blogger tak punya sikap hihihiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyindiiir...nyindiiiir...-_-!
      iya nih, siapa sih yg pertama bilang banci utk istilah begini yak? aku kok ngerasa jadi gimana gitu...-_-
      biasanya abis menang lomba, abis itu luammmaaaaaaa lagi menangnya...huahahahaaa

      Hapus
  11. Saya blogger artworker (+ curhat juga sedikit-sedikit. Hehe)

    BalasHapus
  12. Saya blogger artworker (+ curhat juga sedikit-sedikit. Hehe)

    BalasHapus
  13. waa ku kayaknya yg suka review2 xD
    tp enak gt ya klo blognya campur2 :D

    visit my blog ^_^
    www.LuchLuchCraft.com
    My online store ^_^
    www.TokoLuchLuchCraft.biz

    BalasHapus
    Balasan
    1. ingeee, aku mah pernah beberapa kali main ke blogmu dan sukaa...soalnya aku jg suka sama crafting gitu...apalagi liat2 tutorial/DIY...:D

      Hapus
  14. Blogger all in one berarti ya mak.. hehehe

    BalasHapus
  15. Kyanya si aku Blogger gado2 juga mak, yg ptg heppy & ga nyusahin org ajah :)
    Sukses buat novel nya, Cant wait to read it :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju! yang penting happy dan gk ngerusuhin orang lain :D
      makasih yaa...:) sukses juga buat kamu...

      Hapus
  16. qiqiqi. aku blogger campur2, mak. kadang curhat kadang lomba, kadang ngereview juga xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana mana juga boleh laa...apalagi kalau kamu kan rajin banget, tiap bikin postingan niat...:D

      Hapus
  17. iiih,,blogger apa ya aku maaak,,all in one blogger gak ada ya maak,,kyknya aku ngeblog seadanya deh maak,,adanya GA ikut GA,,adanya BC ya ikutan kalo topiknya cocok,,gak ada ya cerita ttg anak,,ato tips parenting,,jd aku blogger apa mak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebas mak bebaaas...jadilah blogger apa pun sesuka bunda...asal yang penting senang dan ikhlas..hihihihihihi

      Hapus
  18. Kalo aku, blogger apaan ya? :) Yang jelas, isi blog ku gak ada review dan reportase, karena aku gak bisa nge review dan nge reportase hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi isi blognya apa? fiksi ya? berati kamu blogger fiktif san...wakakakakkkk

      Hapus
  19. klo aku awalnya ngeblog sih cm pengen posting ttg traveling aja. Tp berhubung kehabisan modal jln2, ya udah aku isi jg ama curhatan. Trus ikut2an lomba yg gampang2 ajah, jd penggembira.. hahaa.. yg penting bs refreshing ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaah iyaa, blogger travleing juga harusnya aku masukin jadi salah satu kategori...khusus travel blog aku suka sebel bacanya...sirik soalnya...hahahahahaa

      Hapus
  20. ehmm... masuk yg mana ya, ngaku blogger aja sebenarnya aku malu, masih bingung klo ditanya kontribusi ke org lain lewat blog itu apa hehehee... sok seriyes aahh ngomongnya :D

    kebetulan memang klo ada lomba blog atau giveaway gitu jadi semangat nulisnya, mak. jadi mungkin termasuk kategori banci lomba kali yaaa hihihii... habis yg bikin semangat di antara padatnya aktivitas eight to five dari senin mpe sabtu ya nulis postingan lomba itu sih :D blogger egois kali ya daku ini, mengejar kesenangan pribadi.

    oya, selamat bersemedi mak Winda, ditunggu jadi juara di lomba Passion Show ini yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah setuju banget mak! ikut lomba itu booster banget. Yang tadinya males2an ngisi blog, jadi semangat. Bagus bagus aja sih kalau buatku, apalagi kalau menang. Mayaaan...hehehehehe
      aamiin, makasih doanya ya mak.. :')

      Hapus
  21. kalo saya kyknya masuk kategori blogger amatiran kale.bis kategori tadi ga ada yg masuk....jd malu sama para sesepuh nech....kudu banyak belajar dari para suhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau amatiran itu kan karena gk berbayar, jadi lawannya itu profesional....lah, sama dong sama saya....ngeblog boro2 dibayar, siapa yg mau bayar? hihihihi..gapapa, yg penting nulis di blog bikin hepi...:D

      Hapus
  22. wuaaaah...aku malah blogger yang masih mencari jati diri :D..hehehehe...entahlah mak...seringkali saya benar-benar memanfaatkan blogg untuk menulis..apapun itu...tergantung mood, bisa traveling, bisa curhat, bisa review, dan sesekali ikut lomba...yah...at least bisa berbagi :D...yang pasti, menjaga konsistensi memang kuncinya..dan paling susaaah ..apalagi buat PNS seperti dirikyuuu...*mulai lebaaaay...yang penting, blogging bikin happy...yaay...dan suskes untuk lombanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa mak indah...yg penting sudah bisa menemukan tempat curhat, baik untuk kesehatan jiwa....:D lanjutkan ngeblognya...
      dan terima kasih doanya ya mak...

      Hapus
  23. Mbak, kalo aku blogger apaan sik?
    Tolong tentukan ya, sebelum gadis kece nan periang ini galau cuma gegara kategori blogger.
    Kekekeekeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho kok tanya aku? masalahku? masalah pohon belimbingku? huahahahaha

      Hapus
  24. Hahaha! Setuju banget sama kalimat: Hidupku bukan cuma di dunia maya. Makanya, Maaakkk ... aku ga bisa getol maksain diri posting buat ngeblog. Banyak banget yg mau diurusin baik domestik maupun luar. :)))) Yang pasti, tiap hari kudu nulis, meski bukan cuma di blog. Biarlah dibilang bukan blogger sejati. #eaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss mak haya! tapi gue mah angkat topi dah sama mak haya...mobilitas tinggi banget! :D

      Hapus
  25. Maksudnya maksain diri posting buat ngeblog tiap hari bahkan sehari sampai beberapa kali.

    BalasHapus
  26. *Balik maning* blogku gado-gado kuah kacang wkwkwkw.

    BalasHapus
  27. gak tau deh mak daku termasuk blogger yang mana..campur kayaknya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti mak enny mah blogger jago masaaaak...:D

      Hapus
  28. aku ... blogger.. entahlah. Pokoknya nulis aja...

    X))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamoh blogger banyak maunya! sama kayak sayah! hahahahahaa

      Hapus
  29. Balasan
    1. sama-sama mak hannaaa...sukses juga buatmuuu...:)

      Hapus
  30. Saya memilih untuk tak melihat sekat-sekat itu mak. Apa saja, yang penting nyaman buat saya tulis :)

    Good luck novelnya ya mak moga menang lagiiii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah kalau mak mugniar mah sudah terbukti, blogger keren! :D
      terima kasih doanya ya mak..:)

      Hapus
  31. Errrr...keknya aku blogger abal-abal Maaak qeqeqeqeqe...
    Gudlak lomba novelnya mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. son't worry be happy...aku temenin, aku juga abal-abal...:)))
      makasih doanya ya :)

      Hapus
  32. kl aku belag-belog...planga-plongo, Mak. Alias bingung kl nulis di blog hihihi....
    Smoga menang ya, Mak...novelnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bingung pegangan pacar aja...hihihihihi
      makasih yaa, aamiin...:)

      Hapus
  33. Saya masuk blogger suka-suka...suka-suka aja pengen posting apa wkwkwk
    Sukses untuk novelnya Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mak Esty...aku pun suka-sukaku aja...lah blog punya sendiri ini...hahahahahaa
      aamiin, makasih doanya mak..:D

      Hapus
  34. Wah kayaknya kalo aku kategori blogger yang seneng narsis n pengin eksis selalu. Kluyur sana sini ngintip blog tetangga Mak. Selamat y atas kesuksesan ngblog n novelnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaaah, cucok mak! aku juga blogger narsis...wuahahahahaaa...
      sukses juga buatmu yaa..:)

      Hapus
  35. Aku sih.... blogger... blogger.... #malu #ngumpetinblog

    BalasHapus
  36. Aku Blogger apa ya? Gado-gado juga sih kayaknya...

    BalasHapus
  37. Blogger adalah subuah pilihan. Saya juga pernah mempostingnya.

    Karena menjadi seorang blogger begitu menyenangkan.

    Salam dari Jember Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas imam, jadi blogger itu menyenangkan...
      salam balik dari bekasi.. :)

      Hapus
  38. Kalo aku malah masih bingung termasuk Blogger apa bukan --" hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo punya blog, blognya diisi, blogger dong...:D

      Hapus
  39. kayanya aku juga gado2 nih mbaa..salam kenal yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss sesama gado-gadoer!
      salam kenal juga ya...:D

      Hapus
  40. wih.. nemu blog ini langsung follow deh, seru soalnya..
    tipe blogger narsis ko ga ada ya? hehe

    BalasHapus
  41. saya masuk kategori gado-gado aja lah, sesuai dengan kemauan yg banyak banget itu, hihihi.
    salam kenal juga ya, mak

    BalasHapus
  42. G usah terpengaruh kata org, mbak. Yg penting bs mbuat hapi hepi ja dah cukup.

    BalasHapus