Minggu, 22 Desember 2013

Ibu, Cinta Tiada Akhir

  8 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum ...

Ehehe ... ehehe ... *baru mulai udah cengengesan*
Saya rada-rada takut mau nulis sesuatu tentang ibu atau Mama saya ... takut nggak bisa nahan emosi, trus mewek ... :') Takut yang baca jadi mikir saya lebay banget atau gimana, gitu .... Tapi beneran, mending saya nulis yang senang-senang aja deh tentang Mama saya di Hari Ibu ini.



Saya suka inget waktu masih kecil, Mama saya itu orangnya fleksibel banget. Kalau urusan sholat dan ngaji, Mama emang keras, nggak boleh alpa sekali pun. Saya salut sama Mama saya yang dengan kesibukannya dengan kegiatan sosial di luar rumah, masih bisa mengontrol sholat ke-lima anaknya di rumah. Pokoe, jangan coba-coba ninggalin sholat, deh kalau nggak mau kena interogasi Mama. Tapi di luar itu, Mama saya santai banget kok sebenarnya. Contohnya, kalau saya lagi males sekolah dan pasang muka memelas bilang pusing. Mama saya paling cuma ngeliatin sebentar terus nanya, "Ada ulangan nggak hari ini?" Kalau saya bilang nggak, Mama paling cuma bilang, "Terserah, tapi nanti kalau dimarahin guru Mama nggak nanggung, ya. Dan jamin nilai nggak terganggu." Udah, gitu doang. Jadi saya yang disuruh memutuskan sendiri, mau bolos atau nggak. Untuuung, saya waktu kecil rada pinter. Jadi kalau pun memutuskan untuk bolos, nilai saya masih bisa bikin bangga deh dikit. Entah kemana sekarang menguapnya kepintaran saya waktu kecil dulu. #menataplangit

Belum lama ini Mama saya sakit. Lumayan parah, kalau mengingat ke belakang Mama adalah sosok yang super rempong. Sejak saya kecil, Mama jarang ada di rumah. Ngaji, kegiatan ibu-ibu kantor Papa saya, kegiatan sosial, arisan, jualan, dagang, pameran ... banyak, deh! Tapi biar begitu, kami 5 bersaudara nggak pernah ngerasa kekurangan perhatian, lho. Malah waktu saya kuliah, saya ngerasanya Mama saya over banget merhatiin saya, alias over protektif. Dan itu sempat bikin saya mental agak memberontak dulu. Hiks. Tapi, pokoknya gitu, deh. Mama saya orang sibuk. Presiden kalah, dah! Nah, pas sakit kemarin, otomatis Mama nggak boleh ngapa-ngapain. Saya tahu pasti, Mama depresi berat. Akhirnya kena semacam serangan gelisah selama beberapa bulan. 

Sejak saat itu saya baru sadar satu hal: Mama saya tidak akan selamanya bisa jadi perempuan kuat yang siap membopong setiap saya membutuhkannya. Ternyata ada masanya Mama membutuhkan saya (dan anak-anaknya yang lain) dan kami harus siap berkorban. Saya kasih tahu sesuatu, ya. Lebih gampang menuliskan kalimat, "Aku akan membalas budi baikmu Ibu!" ketimbang benar-benar menjalankannya. Jadi ingat kalimat, "Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang penggalah." Bener banget! Saya tidak mau bilang kalau saya tidak sayang Mama saya. Tapi saat sudah berkeluarga begini, lalu dihadapkan pada kenyataan harus mengurus keluarga dan harus mengurus Mama di saat yang bersamaan, jujur dalam hati kecil saya sempat merasakan "keberatan" yang menurut saya manusiawi. Saya khawatir anak-anak saya jadi kurang perhatian karena saya harus merawat Mama juga. Saya khawatir urusan rumah tangga saya terbengkalai karena Mama juga harus diurus. Dan banyak lagi kekhawatiran lainnya. Ini sempat mendera saya selama beberapa hari.

Untungnya Tuhan sayang sama saya. Saya kena "tepok" dikit waktu saya harus melihat kondisi Mama yang terparah. Panic attack dan anxiety disorder yang dialami Mama membuat saya akhirnya jatuh tersungkur di sajadah dan memohon mukjizat dariNya. Saya janji pada Allah, saya akan urus Mama sampai sembuh. Saya akan terus ada bersamanya, menungguinya dan menjaganya. Semua kekhawatiran saya tentang mengurus keluarga saya sendiri hilang begitu saja. Saya ikhlaskan dan serahkan semua kepada Allah. Dan Allah Maha Pengasih. Keikhlasan berbuah manis. Ketakutan saya akan kerepotan saat mengurus Mama sama sekali tidak terjadi. Kalau pun terjadi, saya tidak merasakannya lagi sebagai sebuah kerepotan. Saya merasakannya sebagai sebuah moment indah bersama Mama yang tidak akan pernah terulang lagi. 

Dulu saya pernah diurusi hingga memakaikan pakaian dalam oleh Mama saat saya masih seorang gadis kecil. Sekarang, saat Mama sedang membutuhkan bantuan kami, mungkin sayalah yang harus berperan sebagai "ibu"nya dan menjaganya seperti dulu Mama menjaga kami.

Aaaarrgghh ... nggak mau nangis, nggak mau nangis. Udah, ya! Selamat Hari Ibu buat semua perempuan Indonesia. Semoga makin cantik luar dalam. Sukses semuanyaaa ... :') *kabur ke kamar mandi, cuci muka* 

8 komentar:

  1. Mak. Pelit cerita mamanya. Pasti takut mewek. Saya jg kl crita soal mama bawaannya mau mewek mak. Kita samaan.

    BalasHapus
  2. waalaikumsalam, saya jadi teringat almarhumah mamaku saat dirawat di rumah sakit sebelum beliau meninggal... , namun beliau tidak pernah mau menyusahkan anak2-nya hingga beliau pergi memenuhi panggilan Sang Khaliq ;(

    BalasHapus
  3. waalaikumsalam, happy mothers day, semoga perjuangan ibu yang telah membesarkan kita bisa menjadi motivasi bagi kita untuk menjadi ibu sejati...
    salam dari Kal-Sel

    BalasHapus
  4. Kalo ngomongin mamah baru ngonong sayang aja uda mewek yah Mak :'). Selamat hari ibu ya Emak Gaoel :)

    BalasHapus
  5. hickz....tambah mewek baca ini mak...
    selamat hari ibu ya emak gaoel ^^

    BalasHapus
  6. selamat hari ibu ya, mak.....semoga kita terus diberi kesehatan untuk merawat ibu lebih baik lagi.....:)

    BalasHapus
  7. selamat hari Ibu ya, kasih ibu memang sepanjang masa ya. Semoga saya sebagai anak bisa membahagiakan dan merawat ibu dan orangtua, amin..salam kenal mbak :)

    BalasHapus