Senin, 09 Desember 2013

Catatan Buat Para "Banci" Kontes

  29 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Udah lama nggak ngoceh ngalor-ngidul di mari. Saya lagi suka nonton tayangan ulang Masterchef US season 4 di Star World. Padahal udah tau pemenangnya, tapi nggak bosen nonton terus tiap ketemu di tivi pas megang remote. 

Saya banyak ngekek dan mikir nonton Masterchef US season yang ini. Pesertanya galak-galak, bo! Wugh! Buat yang suka ngikutin kontes memasak macam begini, pasti suka banding-bandingin antara yang Australia dan Amerika. Kenapa kalau di Australia pesertanya kalem-kalem dan cenderung kayak nggak suka berkonflik? Kenapa peserta dari Amrik justru sebaliknya? Liat saingan dipuji, langsung sinis dan komentar to the point. Timnya kalah, langsung berantem cari-cari kesalahan orang. Pokonya isinya dramaaaa melulu, deh! Tapi dasar si sayah mah doyan nonton acara masak-masak, tambah enjoy aja dikasih ekstra drama begitu. Hahahaha! Btw, saya berharap sih postingan ini dibaca sampe abis, soalnya saya bukan cuma mau review acara doang, tapi ada pelajaran penting di akhir kisah ini. Tsahelah.

Juri Masterchef US: Graham Elliot, Gordon Ramsay dan Joe Bastianich



Khusus untuk season ini, nggak tau kenapa, juri kayanya milih peserta yang selain jago masak, juga punya kepribadian yang larger than life banget. Yang kalem-kalem biar pun jago masak, langsung kelindes sama yang jago masak tapi juga jago nyinyir dan berantem mulut. Wakakakakkk! Ada satu finalis namanya Krissie. Krissie nih emak-emak kayak saya juga. Jago masak, sih ... tapi kalau udah ngomong, orang yang denger bawaannya pengen nabok aja. Ada aja yang dia cela, dan dia nggak takut orang marah sama dia. Weleeh! Orang kayak gini emang enaknya ditonton aja, jangan dideketin. Bawaan pengen tawuran melulu kalo deket dia. Tapi kadang wajar ya kalau liat perempuan judes dan cerewet kayak Krissie itu. Coba kalo cowok, bikin ilfil, nggak? Lah, di Masterchef US 4 ini peserta cowoknya juga sama aja rata-rata. Suka ngenyek peserta lain dan nggak masalah adu mulut, biar pun di depan juri dan tamu. Haddooh!

Krissi

Saya sampe capek sendiri (tapi suka) nonton season 4 ini, saking tiap episode ada aja dramanya. Tapi ada satu peserta yang beda banget attitude-nya sama peserta lainnya. Namanya Luca. Aslinya orang Italia dan sempat ikut babak audisi pas season 3 tapi nggak lolos.

 
Luca ini tipikal orang ogah ribut dan fokus sama tujuannya ikut Masterchef. Dia nggak terganggu sama sekali saat orang-orang di sekitarnya udah ribut teriak-teriak berantem mulut, dia kalem aja ngeliatin sambil sesekali nyeletuk pake logat italiano-nya yang kocak itu. Suka ngekek kalo ngeliat saingannya pada lagi sewot, terus dia pasang muka lempeng dengan senyum polos.


Luca

Ada satu peserta cowok, namanya James. Dia sewot banget waktu juri membawa balik 3 peserta yang sudah dieliminasi untuk kembali masuk ke persaingan. Pas 3 peserta itu masuk ke Master Kitchen, cuma Luca yang tepuk tangan menyambutnya. Dan terjadilah dialog kocak antara Luca dan James.

Luca: *tepok-tepok tangan sambil ketawa lebar ngeliat salah satu peserta yang udah dieliminasi masuk ke dapur, namanya Bime*

James: Stop clapping, Luca!

Luca: What? Why? I like Bime. *lanjut tepok tangan sambil ketawa lebar*

Mwahahaha, ekspresi si James asem banget ngeliat kelakuan si Luca. Lah, lagian aneh, sebel sama orang kok maksa ngajak-ngajak orang lain ikut sebel? Ah, kamu James. #jambakrambutnya


James

Singkat cerita aja deh ya, Luca keluar sebagai pemenang. Why? Ya pastinya karena dia dianggap paling jago masak dibanding peserta lain, dong! Tapi saya dapat satu hal penting dari kemenangan Luca di Masterchef 4 ini. Sebuah pelajaran bagus untuk saya pribadi.

Saat peserta tinggal 3 orang; Luca, Natasha dan Jessie, mereka bertarung untuk memperebutkan spot di grand finale. Jessie, karena menang tantangan sebelumnya punya kesempatan pertama untuk memilih bahan utama yang paling dia kuasai. Niat Jessie mau ngejatuhin Luca, ceritanya. Jeng jeng jeeng! Jessie pengen menciptakan skenario all girls finale, dengan berharap Natasha ngasih bahan utama yang paling sulit untuk Luca. Eh dasar rejeki Luca, Natasha justru sok-sok mau step up the game dan milih bahan utama paling susah dan meninggalkan Luca dengan pilihan terakhir yaitu ... keju! Jiahahahaa, orang Italia disuruh masak keju. Luca ngekek-ngekek seneng, dong. Saya juga. Kek kek kek kek ... plak!


Natasha, Luca dan Jessie

Pertarungan 3 besar pun dimulai. Saya nggak ngedip demi melihat Joe Bastianich! Hahahaha, salah fokus. Itu juri botak italiano satu itu ganteng bangeeeuuuddd! #sluuurp

So, lanjut ceritanya. Jessie dengan o'onnya lupa ngambil butter dari pantry. Dia lirik-lirik ke meja Natasha, ternyata ada banyak butter di sana. Lalu terjadilah dialog ini (dengan sudah dimodifikasi pake bahasa ala Emak Gaoel) ...

Jessie: Natasha, boleh bagi butternya, gaaak? Cuma 2 sendok makan doang ... *muka memelas*

Natasha: *ngeliatin Jessie sambil mikir* ....

Jessie: *nungguin jawaban Natasha sambil remes-remes jari*

Natasha: *dalam hati* iddiihh, kalo gue kasih, lo menang, gue nangis bombay deeh ... *menggeleng*

Jessie: Oh, OK kalo gitu! *kibas poni pirangnya*

So, Natasha nggak mau bantuin Jessie. Jessie pun balik ke mejanya. Tiba-tiba Luca manggil Jessie.

Luca: Jes, jeees ... sini deh, jeeung ... *nggak gini juga kali kalo diterjemahin , mak!*

Jessie: Iyyeess ...?

Luca: *ngelempar sekotak butter ke Jessie*

Huaa! Saya nganga sebentar demi ngeliat kebaikan Luca ke Jessie. Padahal Jessie nggak minta butter ke Luca. Mungkin karena Jessie juga nggak enak hati gara-gara sebelumnya udah niat jelek mau menyingkirkan Luca. Tapi Luca tanpa diminta malah ngasih bahan yang dibutuhkan Jessie. Kenapa? Why? Kenapa? Why? #bletak #lanjut

"If I win this because she didn't do her best, I would be less proud of myself. And if she wins because I gave her the butter, that's also fine with me," kata Luca. Jleb! "Kalau saya menang karena dia tidak melakukan yang terbaik, saya tidak akan terlalu bangga dengan kemenangan saya. Dan kalau dia yang menang karena saya menolongnya (memberikan butter itu), itu juga nggak apa-apa buat saya." Wow! Luca has a big heart! No, Luca has a HUGE heart! 


Victory for Luca!

Respect saya untuk Luca berlipat ganda setelah melihat adegan itu. Sampai akhirnya Luca masuk final bersama Natasha, saya udah nggak heran dia yang menang. Orang baik selalu menang, kok! Luca buktinya! Nggak perlu saling sikut, saling selengkat, kalau emang rejeki dan emang melakukan yang terbaik, pasti menang. Dan menang dengan membawa kebaikan hati tentu lebih berarti ketimbang menang tapi babak-belur berantem dan saling menjatuhkan. Hwewww! Jempol buat Luca.

Sebagai seorang banci kontes yang sering ikut-ikut lomba, saya lumayan sering juga menemukan orang-orang yang "pelit" info dan kesannya seperti nggak mau nambah-nambah saingan kayak Natasha itu. Hihihihi! Suka lucu ngeliatnya, karena mungkin di pikirannya menang kalah itu murni cuma soal strategi dan sedikitnya saingan. Padahal takdir Tuhan yang lebih banyak berbicara. Dan kalau udah bawa-bawa kuasa Tuhan, diinget aja kalau Tuhan suka orang baik, itu jelas. Soo, kalau sedang ikut lomba, mending tetep jadi orang baik dan dermawan aja. Nggak usah takut kalah karena banyak saingan, karena segimana matematisnya perhitungan peluang menangmu, itu bukan jaminan akan menang. Itu cuma hitungan di atas kertas. Saling sikut dan menjegal dalam proses kompetisi hanya akan membuat nilai kita di mata orang lain (dan Tuhan) berkurang. Saya sih ogah, menang hadiah keren tapi secara spiritual value saya sebagai makhluk sosial berkurang. Kalau bisa ya dapet semuanya. #kemaruk. Hihihihi. Pokoknya saya belajar banyak dari Luca. Bagaimana dengan kamyu? ;)

PS: Istilah "banci" ini saya pakai bukan untuk merendahkan pihak-pihak tertentu yaa ... cuma untuk kepentingan penekanan ekspresi aja, kok ... ;)

Pesan sponsor: Masih ada waktu untuk ikut Lomba Ultah Blog Emak Gaoel bersama Smartfren berhadiah gadget keren sampai 21 Desember 2013. Buruaaan!

29 komentar:

  1. hahaha.. jadi mikir, saya masuk kriteria yang mana nih? tapi asli ko mak Win, saya orangnya baik, rajin dan belum pandai menabung *tulisan* hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok samaaa....yg bagian belum pandai menabungnya itu.. :|

      Hapus
  2. AAAkkkk Joe Bastianich emang ganteeeeengggg *lospokus*
    tetiba inget sopir taksi di sini ada yang mirrrriiiiiip banget sama Joe. Botak, ganteng! Aaaaarghhhhhhhhhhhh :D :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaak, ciyus ada sopir taksi kayak joe bastianich? beruntungnya dirimu maaak... :') #halah :)))

      Hapus
  3. hahaha...iya ya si boksi Joe botak tp seksi itu emang ganteng ya mak #ikutgaggalfokus :D
    ehh tp kayaknya masterchef Indonesia atau Amerika isinya emang drama melulu ya, itu kira2 emang diset gitu ya #nanyaserius

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku males nonton yg indonesia, soalnya juna gak seksi kayak joe... #eh wkwkwkwkwk

      Hapus
  4. wkwkwk tosss, ah. Suka bgt liat Luca ini. Baek, trus aksennya ngegemesin. Ya, sy juga suka bgt liat komennya yg ttg kasih butter ke Natasha itu. Plus yg keju (kocak liat ekspresi Luca yg pura2 bakal kesulitan kl dpt Keju hahaha).

    James ngebetin. Laki2 kok gitu, ya. Natasha keseringan manyun2in bibir. Kalo Krissie rasanya pengen ngegiles. Tp yg ada nanti sy yg didiles, ya. Badannya gede ajah haha

    Sy baru merhatiin, ternyata dibalik stelan pakaian formil Joe, sepatunya kets warna merah, ya. Makin suka lihat gayanya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss mak!
      aku juga suka liat gaya berpakaiannya joe. tau gak maak, dia juga jago nyanyi sambil main gitar maak...aaak! ariel lewat dah...hahahahaa

      Hapus
  5. Mau jadi banci kayak Luca ah, saya! ;))

    BalasHapus
  6. Kisah yang heart-warming banget :')

    BalasHapus
  7. aku suka istilah banci kontes kok, mbak :)))
    aku suka master chef yang season ini, meskipun liatnya telat dan nggak liat yang terakhir final, pas butter itu. yang jelas, sayang Bri harus keluar *ini kok malah ngomong panjang gini sih?*

    BalasHapus
    Balasan
    1. uuugh iyaa, bri itu kayanya jago juga masaknya ya.. :')

      Hapus
  8. Luca is the best, dia memang pantes menang. Somehow dia mengingatkan gw ama sponge bob, huahahaha *walopun si Indah protes pas gw nyama2in Luca sama si sponge Bob*

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahahahahaa, i agree with you...he's like spongebob...so easy going and kind at heart... :D

      Hapus
  9. LUcaaaaaa...................seru bangettttt ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, seruuu...padahal pas awal2 gak yakin sama dia, soalnya suka tiba2 culun gitu sih...hahahahaa

      Hapus
  10. aku gak pernah nonton yang US mbak

    BalasHapus
  11. Iya, aku juga suka banget yang season kali ini.
    Satu lagi kebesaran hati Luca yang paling nempel pas episode yang menang tantangan si James dan dia milih masakan Soto ala Vietman kalo gak salah.

    Bahan-bahannya kan ribet bgt trus Natasha ato Jessie (lupa siapa) gak punya bawang putih trus minta ke Luca, eh, dikasihin aja gitu secara cuma-cuma gak pake was-was. Malah si mbak Kristi yang sebel sendiri ke Luca. Ngahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya tuh, pas yang itu juga jleb banget...
      suka heran emang ya sama orang kayak krissi dan james itu, org lain yg berbuat baik, mereka yg rempong gk suka....wkwkwkwkwk

      Hapus
  12. pasti suka masak masak juga yah ....heee

    BalasHapus
  13. saya suka banget kontes masterchef indonesia

    BalasHapus
  14. Kagak punya tipi jadi kagak pernah nonton, Maaaaak.... *gelindingan*

    Tapi kalo dibaca dari ceritanya, kayaknya caranya seru banget ya. Tapi emang bener si Luca itu. Yang penting buat kita kalahkan itu diri kita sendiri. Ngelewatin standar yang kita buat sendiri. Not to compete others. :D

    Pasang tipi kabel apa yaaa? *mikir*

    BalasHapus
  15. Temen2 pada nyeritain Luca, tapi saya malah nggak pernah nonton Mak :"(... eh, istilah banci contest? unik.

    BalasHapus
  16. eike sih nggak nonton acara yg kauceritakan ini mak, but I got your point. ho oh, jangan suka pelit bagi info kontes dooongg... halah halaaahhh, out of mind deh komennya :D

    BalasHapus