Kamis, 13 Maret 2014

Manis, Asem, Pahit Group Chat

  13 comments    
categories: 
Assalamu'alaikum. 

Nyengir dulu, yok! #nyengir
Hari gini ya, megang smartphone kalo gak ada aplikasi chat BBM, Whatsapp, LINE, Kakao, de el el apa gunanya punya smartphone? Banyak juga yang sengaja beli smartphone justru biar bisa chattingan pake salah satu aplikasi chat tadi. "Lo gak punya BB? Beli dong, biar bisa BBM-an di grup alumni!" Bela-belain dah beli BB. "Install whatsapp dong di android lo, biar gue invite di grup arisan!" Okesip, install! Demi gak pengen ketinggalan berita di grup arisan. Takut kalo gak masuk, ntar malah jadi topik gosip. :)))

Image from http://myemail.constantcontact.com/Focus-on-Lupus-and-the-Kidneys--LFA-March-2012-Newsletter.html?soid=1101663298006&aid=SKwuKMaEYBY



Udah bisa BBM-an, udah bisa Whatsapp-an, udah bisa stiker-stikeran di LINE, happy! Hidup serasa ter-update kembali. Tadinya ngerasa kayak hidup di goa, sekarang serasa hidup di kota metropolitan walaupun makan mie instan tiap hari. Teman SD add ke group alumni SD angkatan '45, join! Temen ekskul SMA masukin kamu ke group pecinta alam yang isinya sekarang om-om dan tante-tante yang lagi sibuk berobat nurunin kolesterol, masuk! Temen kuliah masukin ke group "Geng Mantannya Similikiti", weh kudu wajib join! Belum lagi online shop langganan yang gak bisa banget kelewat update New Arrivalnya, masuk aja!

Nggak terasa udah puluhan group di jaringan BBM, Whatsapp, LINE, de el el, itu. Notifikasi tang ting tung, pang ping pung, krang kring krung, nggak berenti-berenti pagi, siang, malam, pagi. Kalau nggak dibuka, siap-siap aja besok pagi-pagi baru bangun tidur terpaksa scroll up ngecek histori percakapan. Jangan-jangan ada yang kelewat, nggak boleh terjadi!

Lalu lintas percakapan maya langsung crowded banget. Kadang pengen dicuekin, dipanggil-panggil. "Mana nih si Boy? Udah lama nggak keliatan? Mentang-mentang udah jadi orang penting!" Muncullah Boy dengan ikon mesem-mesem, "Hehehe! Sori, sibuk banget kemaren," seolah-olah jadi harus jelasin kenapa tiba-tiba ngilang. Padahal ya suka-suka si Boy aja, dong! Belum lagi jadi sering keseret-seret pembicaraan menjurus rumpi yang gak abis-abis. Aturan harus jemput anak sekolah, akhirnya telat setengah jam gara-gara nggak mau ketinggalan cerita. Soalnya kalau pending baca, chattingan model gini potensial menghasilkan ratusan sampai ribuan kalimat yang lumayan bikin emosi pas nyekrol ke atas. Atau sering juga percakapan ngalor-ngidul jadi obrolan jorok, biasanya ini kalau gabung di group mantan geng pas SMA/kuliah karena dulu perasaan emang itu geng paling keren sejagad raya. Becandaan nggak pake pager, udah biasa dari dulu. Lupa sama umur, obrolan dibawa kayak masih umur belasan, padahal kumis udah ubanan. Akhirnya salah satu ada yang jengah, trus mental. Macem-macem deh!

Image from http://blog.brosix.com/group-chat-for-daily-meetings/


Tapi nggak ada yang ngalahin "asik"nya ngeliatin group chat yang tiba-tiba salah satu membernya mendadak labil. Obrolan lagi seputar "Apa kabar?", "Lagi ngapain?" dan "Tumben sepi, nih?" tiba-tiba dia muncul dengan sebuah pertanyaan/pernyataan drama, "Guys, gue nyasar nih, lagi di Detroit, nggak ketemu jalan balik ke hotel gue. Help!" Salah satu temen yang dari dulu emang polos dan lugu nyamber, "Detroit mana, nih? Amerika?" Setengah detik kemudian langsung dijawab lagi, "Ya iyalah, di Amerika! Emang ada Detroit di mana lagi?" Trus si polos dan lugu makin unyu dengan bertanya, "Waah, hebat lo sekarang! Lagi dinas ke sana ya? Sering ke luar negeri?" Lalu percakapan pun langsung didominasi dengan latar belakang kisah kenapa si Detroit bisa ke sana, lagi apa dia di sana, sejak kapan dia ada di sana, makan apa aja di sana, nginep di hotel apa, lengkap dengan foto-foto yang beruntun masuk dengan berbagai pose dan latar tulisan nama-nama tempat di Detroit. Lalu, dia lupa gitu tadi kan minta tolong nyasar? Udah gak nyasar lagi, man? Apa udah ngeh, kalau bisa jalan-jalan Amrik, seenggaknya paham dong make aplikasi GPS. Nggak perlu repot-repot nanya ke grup chatting yang isinya orang-orang yang udah puluhan tahun juga nggak ketemu lagi. Jengah, cuy!

Yang tambah bikin nyengir itu modusnya kebaca banget, pura-pura nanya, tapi intinya mau nyelipin informasi lain sebagai tujuan utama, mamer. Wkwkwkwk! Jadi inget postingan si Mbot ini tentang pamcol alias pamer colongan. Atau ya lebih diasah ketrampilan pamcolnya, biar gak kebaca banget niat terselubungnya. Genggeus *lah salah sendiri keganggu?* Hahahaha.
Marilah sodara-sodara kita kembalikan hakikat grup chat ke asalnya: buat menjalin komunikasi dan silaturahim. Kalau buat pameran bisa sewa booth ke JCC. Atau ya, minimal di wall FB sendiri dah, suka-suka aja. :D

Buat yang gak sanggup nyengir-nyengir kayak saya kalau ngeliat yang begitu di group chat saran saya cuma satu, leave conversation aja. Beres! Paling ditanyain lewat japri sama yang invite, "Lo kenapa keluar dari group?" Trus dijawab, "Males gue sama si Ono, norak bener pamer-pamer segala rupa di grup!" Lalu percakapan pun berlanjut menjadi gosipin si Detroit berdua aja sama si admin. Eaaa! Nggak ada yang bener, dah! Hahahaha!

Hidup di social media emang keras, ya. Mau berbagi kebahagiaan aja bisa kena cap "pamcol". Heuuu! Jadi, pinter-pinter aja deh nongol-nongol di grup chat. Terlalu intens juga jangan, ntar dikira nggak ada kerjaan. Nggak pernah nongol juga jangan, ntar dikira nggak ada di grup trus digosipin. Wkwkwkwk. Nah, kalo emang mau "berbagi" kebahagiaan karena udah sukses, rajin-rajin latihan. Kalo buat saya cukup yang wajar-wajar aja. Ngucapin selamat ultah, selamat ngelahirin baby, semoga cepat sembuh, apa kabar dan nanya "Ada barang baru apa, sis?" cukup. Selebihnya, jadi pengamat aja sambil nyengir-nyengir.

13 komentar:

  1. hihihihihihi....untung g punya hp kece jadi cukup fban waelah hahahaha,apalagi abis baca ini,serem2 sedap ulala gimanaaa gitu ya hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, cobain dong mak, seru2 geli gitu sebenernya sih....asal jangan mudah kepancing esmosi aja....cukup buat obat nyengir...hahahahahaa

      Hapus
  2. groupku gak sampai puluhan mbak, paling cuma 4 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi baguslah mak, jangan kebanyakan...hidup brisik banget gara2 beginian....wakakakakakkk

      Hapus
  3. paragrag terakhir tulisannya benar banget tuh mba, pengendalian diri banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi non...secukupnya, sewajarnya, selebihnya jadi penonton aja...hihihihihi

      Hapus
  4. Syukurlah grup2 yg kuikuti isinya mayoritas bermanfaat. Hehehe…

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah...
      awal2nya semua grup yg aku ikutin juga bermanfaat mak, tapi seiring waktu, suka ada ada satu dua org labil yg nongol....wkwkwkwkwk

      Hapus
  5. baru dua kali kesini...
    tapi..langsung sukaaa dengan tulisan2 mu mak Winda :)

    bener banget, kudu bisa mengendalikan diri kalau chit chat di group..
    untung groupku dah banyak ninik2nya ...jadi yg banyak dicurcol in yaaaa tentang cucu2 aja ...hahaha :D

    terimakasih utk tulisan yg sdh mengingatkan ini mak Winda :)

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. bundaaa...hahahahaa...
      semoga gak kapok ya mampir ke sini...
      aku suka gini nih mak....blog dijadiin tempat ngoceh gak keruan begini...hiks..maaf ya bun... #sungkem :')

      Hapus
  6. Hahahahahah...

    Sekarang ini group memang fungsinya rupa-rupa ya Mbak Win.
    Yang awalnya buat jalin komunikasi jadinya malah buat pamcol.
    Sampek pernah ada tuh di group yang aku join pamcolnya parah banget.

    "Maaf ya guys, off bentar. Lagi nunggu furniture dikirim nih. Takut nyasar tukang ngirimnya. Soalnya ini perumahan masih baru. Jadi agak susah nyarinya. Ntar disambung lagi yaaa :*

    Maksudnyah apaaa? Mau ngomong kalo udah punya rumah di perumahan baru dan lagi borong furniture gituhhhh?

    Antara yang pamcol sama yang dipamerin sepertinya sama-sama siriknya. Biasanya besoknya ada lagi tuh yang pamcol. Gak ada habisnya, hahaha..

    Gue suka gayamu nulis Mbak. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaakakakakakkkkk....
      ituuu yg labil model begitu tuuuh yg mancing banget buat dikomentarin nyinyir...wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  7. Mau dong ikut gabung ke grup nya mak...
    Seru bnget kyak nya...hehe

    BalasHapus