Sabtu, 06 Juni 2015

Blog untuk Mama Kreatif

  30 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Halooo! Masih obsessed pengen jadi super mom? Aku sih, No *Anang's style*. The idea of being a super mom is too scary and out of reach for me. Terlalu banyak pressure dan rasanya gak adil buat anak-anak saya. Soalnya buat saya, label super mom itu lebih ke arah pencitraan ke luar ketimbang ke anak sendiri. Saya mah jujur banget, saya ini pemalas. Tapi sebagai ibu (pemalas), bukan berarti saya nggak mau melakukan yang terbaik untuk anak-anak saya.

Konon, kemalasan akrab dengan kreatifitas. Saya setuju binggo. Hihihihi. Karena orang malas cenderung ingin melakukan atau menyelesaikan sesuatu dengan cepat dan tepat sehingga sering muncul inovasi-inovasi yang anti-mainstream untuk menyelesaikannya. *suka-suka lo deh, mak!*

Andai anak-anak ini bisa puas dengan leyeh-leyeh begini sepanjang hari. Hahahaha.

Ultimate laziness saya sejujurnya adalah nyari-nyari ide bermain sama anak-anak di rumah biar mereka nggak bosen. Kadang mentok banget, ujung-ujungnya cuma bisa kasih kertas sama krayon, suruh gambar. Lama-lama anak-anak saya bisa eneg punya emak kayak gini. Untuung, jaman digital begini, nyari ide tinggal klak-klik di laptop atau tablet. 

Ternyata di luar sana banyak banget mama-mama keren yang kreatif dan dengan senang hati berbagi ide sama semua mama (pemalas) seperti saya ini. Hihihi. Ini beberapa blog creative moms yang saya ikuti. Banyak ide mereka yang ternyata simpel banget tapi nggak kepikir sebelumnya. Saya bersyukur banget bahwa di dunia maya yang brutal ini, masih ada mama-mama seperti mereka yang mau sharing upaya mereka untuk menjadi ibu yang baik dan menyenangkan untuk anak-anaknya. Semoga segera, saya menyusul jejak langkah mereka. Aamiin. *benahin jilbab*


Blog ini nggak sengaja saya temukan di Facebook dengan nama fanpage quirkymomma.com. Blog ini dibuat oleh seorang ibu, Holly Homer pada tahun 2007 dengan nama Quirky Momma. Tahun 2009 Rachel Miller bergabung dengan Holly Homer untuk mengurus Quirky Momma yang lalu berganti nama menjadi Kids Activities Blog tahun 2011. Hommer memiliki 3 anak, dan Miller memiliki enam anak. Yet, latar belakang mereka sebenarnya nggak jauh-jauh amat sama kita-kita, ibu-ibu muda yang cantik energik dan akrab dengan internet dan social media. 


Apa saja yang ada di Kids Activities Blog? Sesuai namanya, kita bisa menemukan banyak aktivitas kreatif yang bisa dilakukan bersama anak dari semua usia, mulai dari baby, toddler, pre-school, kindergarten, elementary dan seterusnya. Selain aktivitas dan permainan, juga ada beberapa tips seputar bayi seperti pemakaian cloth diapers, cara mengatasi bayi yang susah tidur, dan banyak lagi. Bagian favorit saya tentu di bagian DIY. Ada cara membuat sendiri mainan bayi yang empuk seperti bantal-bantalan. Mostly, cara-cara yang diberikan Kids Activities selalu fun dan murah meriah. Bahan-bahannya biasanya mudah didapat. Penting! 

Image courtesy: Kids Activities Blog

Saya sudah pernah mempraktekkan beberapa aktifitas dari Kids Activities sama Safina. Saya girang banget waktu ketemu artikel Got A Girl? 40+ Activities to Make Them Smile. OMG! Seru-seru banget! Mulai dari bikin gelang, kalung, play dough, topeng, cardboard castle, hand painting, dan banyak lagiii! 


Image courtesy: Kids Activities Blog

Kita juga bisa pilih kegiatan berdasarkan indoor atau outdoor. Cocok kalau pas lagi pengen piknik, cari kegiatan apa. Atau pas hujan/panas terik, di rumah enaknya ngapain sama anak-anak, ya? Ah, seru seru! Atau emak males bikin model-model DIY? Pengennya yang simpel-simpel aja kayak mewarnai atau melipat dan menggunting kertas gitu? Ada juga printable material yang tinggal print. 

Yang tadinya males main sama anak, jadi semangat, beneran deh. Percayalah, percayalah, terbukti sama saya. Hahahaha. 

Image courtesy: Kids Activities Blog



Pemilik blog ini bernama Erin. Yang bikin saya merasa cocok sama Erin (sok ikrib) adalah tagline di blognya, "Have it all without spending all you have." Hahaha, cucok! Me like it! 

Momasaurus nggak jauh beda sama Kids Activities Blog, hanya saja blog satu ini lebih menitikberatkan kepada aktifitas mama, ketimbang anak. Ada banyak tips seputar kecantikan, rumah tangga dan kesehatan. Erin menawarkan solusi agar para ibu bisa mendapatkan hidup yang lebih ringan dan mudah dilakukan melalui tips-tips yang diberikannya. 


Buat yang rada susah nyalon atau nggak punya budget buat ke salon, di Momasaurus ada tips kecantikan Do It Yourself. Kita bisa buat sendiri hair mask di rumah dari santan dan madu, lho. Ada juga tutorial membuat sendiri lukisan foto di atas canvas. 

 Image courtesy: Momasaurus

Blog Momasaurus ini asik banget buat ibu yang lagi cari kegiatan buat diri sendiri di sekitar rumah, atau juga di luar. Ada banyak tips berguna seputar kesehatan perempuan juga. Pokoknya, semua harus berimbang, kan? Anak puas main, mama juga harus punya tempat menghibur dirinya. 

Image courtesy: Momasaurus

Those two blogs are my favorit mom's blog now. Banyak banget yang bisa dicontek dari sana. Kalau tadinya saya mumet tiap hari nyari-nyari kegiatan buat anak, saya bisa dapat banyak inspirasi dari Kids Activities Blog. Kalau saya lagi pengen me time, saya cari-cari ide di Momasaurus. 

Intinya, jadi ibu emang nggak gampang, tapi menjalaninya harus selalu happy. Kadang kondisi kita tidak memungkinkan untuk bisa memberi atau melakukan sebanyak yang bisa diberi oleh ibu lain, karena kendala waktu atau mungkin finansial. Kreatifitas adalah jawabannya. So, super mom or happy mom? *wink* 



30 komentar:

  1. Keren keren ya blognya y mak :) blog emak juga keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, mupeng ya pengen punya blog keren gitu... 😂

      Hapus
  2. Mau ikutan baca 2 blog itu aaaahhhhh

    BalasHapus
  3. Ngintip blog emak gaoel aja lah yang pake bahasa Indonesia *emak cemen* :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak, plis deh, bw ke blog enggris kan bayar internetnya sama...huahahahaha

      Hapus
  4. Waah samaa, kayaknya saya jg pemalas. Kayaknya, loh yaa! Tp nyenengin anak itu kudu harus, jd nanti tak liat2 deh blognya. Drpd anak disodorin gem mulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho ih, maen game melulu, emaknya setreessss :)))

      Hapus
  5. Rajin BW jadi dapet link blog keren ya Mak... Btw saya juga Emak rada-rada pemalas da.. hihi... tos ah ^_^

    BalasHapus
  6. indonesia jg ada mba.....indonesiamontessori.com sama diinstagram atau pinterest...

    surga bangetttt itu mama2 seneng berbagiii...aku bikinin permainan buat raffi jadi banyakkkk idenyaaa

    BalasHapus
  7. blog ibu2 itu keren2 ya..
    jadi ngisi blog itu bisa apa aja, asal sesuai dengan minta pasti blognya akan update terus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, dan rapi banget blognya, bikin betah :)

      Hapus
  8. Ternyata ada juga ya blog buat ibu-ibu, kirain cuman buat anak muda doang :D :D *peace

    BalasHapus
  9. Keren keren~ ccin ke istri dulu ah :D

    BalasHapus
  10. keren keren, istri saya tak suruh beginian ah..

    BalasHapus
  11. beuhh... kalau bocah kayak saya baca2 gituan, pantes gak ya mak? hehe

    BalasHapus
  12. Mbaaaak ada link buat topi yang unik & gampang gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari di blog yg aku review itu deh mak, lengkap banget soalnya :)

      Hapus
  13. membukia peluang usaha dari rumah dan menjadi produktif dengan nulis, wow banget Mba Winda

    BalasHapus
  14. Baca blognya ah, banyak tips DIY. :D

    BalasHapus
  15. Biarpun emak2 tapi blognya kece banget... informasinya banyak dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, sayang banget kalau gk difollow...bermanfaat banget.. :)

      Hapus