Rabu, 28 Agustus 2013

Take Me To Indonesia! (#10daysforASEAN Day Three)

  42 comments    
categories: ,
Tema hari ketiga 10 Days For ASEAN

Indonesia kaya dengan beragam budaya, namun di sektor wisata, Malaysia lebih berhasil mem-branding “Truly ASIA”. Kira-kira apa ya branding yang cocok untuk Indonesia? Buat tagline, dan jelaskan kenapa tagline itu cocok untuk Indonesia di kawasan ASEAN.

  
Tema hari ketiga cihuy cetaaar, pemirsah! I love it! ^_^

Ada Apa dengan Truly Asia-nya Malaysia?
Saya (jujur) suka banget liat iklan tourism board Malaysia yang Truly Asia itu. Essence of Malaysia-nya dapet banget. Tapi yang bikin nempel terus sebenarnya sih bukan kontennya, karena isinya Malaysia itu sebenarnya ada juga di Indonesia. Lah, negara mirip-mirip gini, kok? Yang bikin nempel dan teringat terus, karena iklannya sering banget nongol di tv lokal kita dan di channel-channel luar negeri di tv cable. Jadi harus ngakuin kalau Malaysia berhasil mem-branding "Truly Asia"-nya ke seluruh kawasan Asia (dan mungkin dunia). Gimana nasib Indonesia?








Saya berusaha keras mengingat-ingat apa ya tagline pariwisata kitayang terakhir? Bukan saja karena sering gonta-ganti tapi juga impact campaign-nya nggak ada yang nempel. Udah iklan di media jarang banget, trus iklannya juga nggak memorable. Coba urutkan dari yang paling kamu ingat sampai yang tidak: Malaysia Truly Asia, Wonderful Indonesia dan It's More Fun In The Phillippines? Terus terang, tourism campaign Wonderful Indonesia nggak ada bekasnya di kepala saya sekarang ini. Saya masih ingat sederetan orang menari melayu di iklan Truly Malaysia dan saya masih ingat segerombolan anak muda bersenang-senang dari pagi sampai pagi lagi di Filipina, tapi saya blank mengingat adegan memorable dari iklan Wonderful Asia milik kita. Sad but true.

Bandingkan punya kita ...

Kenalkan teman saya, Putti. Putti kebetulan bekerja di Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) saat ini. Saya iseng nanya sama dia, kira-kira kenapa branding Truly Asia punya Malaysia lebih bergaung ketimbang Wonderful Indonesia punya kita? Putti kasih analisa singkatnya begini:

Untuk Truly Asia bisa dibilang konsep campaign mereka kuat dan semua pihak terkait delivered tugas mereka dalam rangka branding ini. Hasilnya, bisa dilihat sendiri. Untuk Wonderful Indonesia, sejak awal dimaksudkan wonderful di sini tentu saja semua aspek yang ada di Indonesia; wonderful people, wonderful nature, wonderful culture, wonderful food, etc. Tapi coba lihat kenyataannya di Indonesia. People (orang-orangnya) jaman sekarang udah nggak bisa dibilang paling ramah lagi se-Asia karena udah stress duluan sama tuntutan hidup. Nature (alam) sudah banyak yang rusak dan ini banyak diliput channel luar negeri. Culture (budaya) tidak dilindungi (akibatnya klaim-klaiman sama sebelah, kan?). Food (makanan), cyiin, banyak lho channel luar negeri yang nayangin joroknya kualitas makanan jajanan kita (street food) padahal di negara lain, bahkan street food pun ada passing grade-nya.

dengan punya mereka ... -_-
Baca komen Putti tadi, sorry to say, saya bisa bilang campaign Wonderful Indonesia failed! Big time! Belum-belum, orang yang baca dan tau "jelek-jeleknya" Indonesia doang dari channel luar negeri bakalan bilang, "Wonderful apaan?" Tau nggak kenapa? Karena nggak ada penyeimbang yang gencar nunjukin bagus-bagusnya Indonesia. Itu kan tugas kita seharusnya.  

Tagline Baru

 Saatnya berpikir kreatif. Udah nggak jaman bikin slogan yang bombastis dengan kata-kata yang nggak bisa kejangkau oleh semua orang. Setting dulu tujuan tagline-nya apa. Kita pengen orang berdatangan ke Indonesia, kan? Sampaikan pesan secara langsung dan personal untuk setiap orang. Contoh tagline kota Las Vegas yang legendaris itu: What Happen In Vegas, Stays In Vegas. Terasa nggak itu pesan yang direct dan personal? Siapa pun yang membacanya akan mesem-mesem sendiri seolah masing-masing memiliki cerita sendiri tentang Las Vegas. 

Di bawah ini 10 tagline pariwisata negara-negara ASEAN yang berhasil saya kumpulkan via google:

1. Indonesia: Wonderful Indonesia
2. Malaysia: Truly Asia
3. Filipina: It's More Fun In The Philippines
4. Kamboja: Kingdom of Wonder
5. Thailand: Amazing Thailand
6. Vietnam: Timeless Charm
7. Brunei Darussalam: Green Heart of Borneo
8. Myanmar: Mystical Myanmar
9. Laos: Simply Beautiful
10. Singapura: Your Singapore

Bedakan mana yang memberikan pesan langsung dan personal untuk kita. Saya suka Filipina dan Singapura. Membaca slogan mereka seolah saya diajak langsung untuk datang ke sana. Tagline milik Malaysia, Kamboja, Brunei, Myanmar dan Laos lebih ke sebuah rayuan penuh intrik yang mengundang penasaran. Ih, semistik apa sih Myanmar itu? Sehijau apa di Brunei? Dan secantik apa di Laos? To be honest, pemilihan kata Wonderful di slogan kita itu terlalu generik. Maknanya terlalu luas dan mengawang-awang. Buat saya sih, slogan kita terlalu konvensional. Saatnya jadi anak gahol, karena dunia sedang menggeliat di luar sana dan kita harus ikut gelora mereka kalau nggak mau ketinggalan.

Saya suka dengan pemikiran orang-orang kreatif yang katanya out of the box. Karena kadang sedikit "kegilaan" akan meninggalkan kesan yang lebih kuat ketimbang normal-normal saja. Menciptakan branding nation itu bukan perkara kecil, maka jangan pakai cara biasa. Cari tagline yang beda dan bikin orang tidak bisa berhenti membicarakannya. Go viral! This is the new power or promotion. 

Ini tagline saya untuk Indonesia:

Take Me To Indonesia!

Modal dikitlah, pake artis Hollywood buat jadi bintang iklannya! :D

Aku juga nggak nolak kalau diajak jadi bintang iklan :)))


Tagline Tinggal Tagline, Jangan Sampai Bulan Madu Hanya Mimpi

*Warning: bagian ini saya selang-seling dengan foto-foto traveler blogger sahabat-sahabat saya di beberapa tempat menarik di Indonesia dan apa kata mereka tentang Indonesia. Enjoy!*
Slogan hanya tinggal slogan. Apa efeknya kalau tidak disosialisikan? Ini yang rada suseh yeee! Boleh liat di jalan tol Cipularang billboard segede gaban ngiklanin Truly Asia. Sementara kita? Billboard segede gaban isinya foto caleeeeeg semua. Yaelah! Hahahaha! 

Haryadi Yansyah a.k.a Omnduut di Pulau Lengkuas Belitung, tempat lokasi syuting the Philosophers. Kata Omnduut, "Indonesia itu ... unforgetable, unpredictable, magnificent, romantic and (totally) awesome!"

Inget dong postingan perdana saya untuk 10 Days For ASEAN ini? KOLABORASI. Penting banget kerja sama dan kolaborasi dengan semua departemen terkait untuk mensukseskan branding nation. 

Departemen Pariwisata ngobrol dong sama DepPU (eh PU kan ya yg masang-masang papan billboard?), "Gue mau pasang billboard gede iklan Take Me To Indonesia di semua titik strategis, tolong turunin ijinnya. Psst, kalo bisa Truly Asia rada belakang dikit, yak!" 

Rohani Syawaliah di Keraton Sambas, Kalimantan. She says, "Indonesia, Everybody smile here!"

Terus Ngobrol juga sama media, "Mohon bantuannya, ini iklan pemerintah. Kalian harus mendukung. Setiap slot iklan pariwisata yang kalian kasih ke luar negeri, sediakan 2 slot gratis untuk iklan Take Me To indonesia!" (yakale!)

Duabadai di Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Katanya, "Indonesia is dangerously beautiful!"

Terus urus yang bener itu pesawat-pesawat. Jangan mentang-mentang tiket murah, penumpang keleleran gara-gara delay. (lho, curcol, ya?)

Yang di hotel juga harus kerja keras, kasih pelayanan terbaik. 

Yang kerja di tempat wisata juga, jaga semua fasilitas agar wisatawan nyaman. 

Hendra Fu a.k.a Si Tukang Minggat di Raja Ampat, Papua. Katanya, " Indonesia is the lost and found paradise in the east."

Yang traveler blogger, rajin-rajin bawa slogan pariwisata Indonesia ke blog dan vlog-nya. 

Semua harus gerak! Karena kalau cuma tagline doang yang diganti mah, ya sudahlah! Sama aja!

Nih, sebagai bukti, saya sudah mulai bergerak mulai hari ini. Bersama teman-teman kami berusaha membuktikan kalau Indonesia itu keren. Turis mancanegara yang lihat foto-foto ini bakal ngences dan ngomong, "Take Me To Indonesia!" Ahahaha! 


Suhendar Dwi Putra di Pantai Kuta, Bali

Hani di Garut, Jawa Barat

Setia Wati di Istana Bogor, Jawa Barat

Novi Mudhakir di Museum Kota Padang, Sumatera Barat

Wylvera Windayana di Pantai Mutun, Lampung

Yuuki Pratiwi di Stadium Sriwijaya Palembang

Dina Begum di Telaga Warna, Dieng Jawa Tengah


Etyastari Soeharto di Jogja

Octaviani Nur Hasanah di Baloiya Resort, Kepulauan Selayar

Arian Sahidi di Kawah Putih, Jawa Barat
 
Agus Subandar di Pantai Klayar, Pacitan

Tanti Neng Amalia di Cibadak, Jawa Barat

42 komentar:

  1. keren foto2nya :)
    ak..aq blm posting *mendadak minder :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak boleh minder, PD lebih ngenyangin mak...hahahahaa

      Hapus
  2. Maaaak ... gila lo...tulisannya ajiiiib!!!!! Gw doain menang, ya mak :) kalo perlu gw rapalin mantra tiap pagi :) Good job! Take me to Indonesia, yak with Tom Cruise *eeeh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allaah, aamiin aamiin ya Allaah....makasih yaaa... #nangisterharu :')

      Hapus
  3. Dari 16 poto narsisnya, yang 8 poto pantai. Emang bener kata penelitian tempo hari kalo orang Indonesia demen piknik ke pantai hehehe.

    Sakses buat kontesnya, Mbak Winda. 3 hari ini aku ngikutin tulisannya Mak Gaul terus lho, tapi baru kali ini ninggalin jejak hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah backpacker keren mampir dimarih.... #sungkem

      Hapus
  4. Indonesia memang wonderful, yang ngga wonderful kan pemerintahnya. Ngga mampu merawat dan mengembangan potensi SDM dan SDA nya. Parahnya iklan pariwisatanya Nampak ndeso dan ngga greget blas. bandingkan dengan iklan pariwisata Malaysia yang Nampak menakjubkan. Anyway... tagline barunya boleh juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, SDM dan SDA-nya masih kacruuut....soal pemandangan alam mah gak ada tandingan deh, boleh sombong...tapi ya percuma kalo gk ada yg naikin ke permukaan...siapa yg bisa liat? ;)

      Hapus
  5. Meriah mak tulisannya :D as usual. Emang tagline itu perlu out of the box dalam menciptakannya.

    Ini supported by travel bloggers ya, seru banget hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. meriah, kayak panggung tujuhbelasan yak...hahahaha
      iyaa, supported by temen2ku yg suka jalan2...^_^ senangnyaaa...

      Hapus
  6. We o we (baca wow) mak ... duh, jadi merasa postingan saya biasa2 untuk hari ketiga *nundukmalusambilmelipirdanjiper*
    Kereeeen mak, dirimu sampai survei slogan2 negara2 lain. Memang benar, terasa dalam kalo direct, straight to the heart (eh kayak judul lagu jaman dulu).

    Suka sama ide tulisan ini.
    Moga menang ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, ini satu lagi peserta yg postingannya suka bikin minder, sekarang memuji postinganku yg duile ini...aaaaku terharuuuw...:') makasih maaak....

      Hapus
  7. Wow, taglinenya sip banget tuh, Mak. To the point! Take me to Indonesia. Yes, they can't wait for that. Sukses ya, Mak. Keren dan ajib tulisannya, minder eikeh! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah, mak alaika pun...aku sampe sengaja gk mau baca tulisanmu dulu sebelu tulisanku selesai, biar gk minder...wahahahahaaa...apa inih, kok minder2an?

      Hapus
  8. Gara-gara menemani Rizqy tidur foto gue kagak nongoooooolll.... :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa atuuk, kirain abis komen di status, mau langsung tag, kan tinggal tag doang...eh malah ditinggal tidur...-_- dikejar DL soalnya tuk...hiks...alun rasaki...
      bisuak kito buek satu postingan khusus foto atuk muah? hihihihihi

      Hapus
  9. aduuh tuh pemandangan alamnya keren2 mak, banyak yang belum saya singgahi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, keren2 banget....saya juga banyak yg belum datengin...jarang jalan2...:(

      Hapus
  10. Balasan
    1. hish...biangnya juara nulis komen... #tersanjung

      Hapus
  11. Hai Ninda, assalamu'alayku wr wb. Merinding euy lihat foto-foto yang dipick-up Ninda. Bukannya kak opi juga mejeng, tapi semuanya bikin ngiler. Wisata Indonesia Subhanallah ya, Nin. Ayo diagendakan ke semua tempat yang diperkenalkan di sini. Sukses, NIN!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikumsalam kak opi...
      iyaa, fotonya bikin ngiler semua ya...insha Allah ada rejeki dan dikasih kesempatan, pengen bisa mengunjungi semuanya...aamiin...^_^

      Hapus
  12. Oyesss! Gue ikutan mejeng juga ya. ;)
    Btw, gudlak ya, terhanyut baca paparan dan kritik di atas. Kereeen, Mak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oyeaaah! harus ikut mejeng dong emak keren tiada tara kayak dirimu mak...hahahahaa
      makasih yaaa..:D

      Hapus
  13. Mak, kenapa mataku jadi berkaca-kaca, ya? Indahnya Indonesia! Aaakkk bagian paling enggak kukuw adalah Johnny Depp. :)))) Come to Indonesia, Johnny! Meet me here! :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, pasti pas bagian Johnny Depp-nya yg bikin berkaca-kaca? sama mak...hahahahahaa

      Hapus
  14. Iya.... indah banget... Jadi pingin pelesir lagi! *uhuk* #PecahinCelenganAyam

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, pengen plesir juga... #serobotkoindaricelenganayammakdina

      Hapus
  15. Asyiiikkk bisa nebeng narsis dimarih *benerin letak kacamata* :)

    BalasHapus
  16. Wiiii, kereen Mak, foto2nya plus tagline barunya :) suksess!!

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. ssst, harus kreatif, soalnya yg lain udah nulis keren2 banget...hihihihihi
      makasih yaa..:D

      Hapus
  18. Aihhh jd mkn mupeng kliling2 endonesah. eke ikutin trs apdetannya mba. tancaaap

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbaak, pengen jalan2....siapa yg mau sponsorin ya? :D
      makasih ya mbak udah ngikutin terus apdetanku..:D

      Hapus
  19. Akang Jondip...take me to your heart..take me to your heart # eh :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yeah, akang jondip....mari kita liburan bareng ke pulau kotok..:D

      Hapus
  20. oyeee... oyeee... fotoku nongol jugaaa.... \^o^/

    BalasHapus