Kamis, 06 Juni 2013

Bikin Parcel Buku Untuk Ulang Tahun Mizan Ke-30

  12 comments    
categories: ,
Sebentar lagi Mizan mau ulang tahun yang ke-30, udah tau belum? Wuaa, tua ya. Tapi teuteup tuaan gue... #kemudianhening -_-

Dalam rangka merayakan hari ulang tahunnya, Mizan mengadakan lomba-lomba seru berhadiah seru juga. Salah satunya lomba merangkai buku/membuat parcel buku-buku Mizan. Langsung semangat 2013 kalau ada lomba nulis atau lomba ketrampilan begini. Niat banget mau nyari-nyari bahan-bahannya dan nggak sabar pengen langsung bikin. :)

Periode lomba merangkai bukunya sendiri sudah selesai. Tapi masih ada beberapa lomba lagi, lho... Buruan cek ke website-nya Mizan! Kalau di sini sih saya cuma mau share pengalaman pertama saya membuat parcel buku kemarin. Eh, seru juga. Seru karena direcokin sama si Nana. -_-

1. Saya mengumpulkan buku-buku terbitan Mizan yang ada di dalam lemari buku saya. Sebenarnya terkumpul lebih dari 20 buku, tapi terpaksa saya sortir karena kalau semuanya dimasukkan ke dalam parcel akan berat sekali, dan menumpuk. 




2. Saya memakai 4 lembar papan busa, dua lembar berwarna putih dan satu lembar berwarna hijau dan satu lagi warna kuning untuk latar. Yang warna putih pertama saya potong sesuai ukuran buku jika diberdirikan. Begitu juga papan busa berwarna hijau. Sedangkan papan busa berwarna putih yang satu lagi saya gunakan sebagai dasar, tidak dipotong-potong sama sekali.

3. I tell you something, motong-motong papan busa itu susah ternyata! Dan messy! Rumah jadi kotor banget, susah disapu karena butir-butirnya ringan dan gampang terbang. Heudeuh... Tapi gapapa... Yang penting parcelnya udah mulai berbentuk. :D


4. Sebelum pekerjaan berlanjut, harus uji coba dulu apakah buku-bukunya memang sudah pas dan bisa berdiri di lubang yang saya buat tadi. Asiik, bisa! Ffiiuuh! Nggak percuma keringetan motong papan busa. 


5. Saya menempelkan papan busa kuning sebagai latar dengan logo ulang tahun Mizan ke-30. Ini juga rada tricky, karena kalau pake lem, nggak bisa lem biasa. Tapi karena saya cuma pengen ini bisa berdiri untuk foto session aja, jadi pakai double tape juga sudah cukup :D
Saya juga memakai stik es krim untuk membuat pagar yang mengelilingi parcel dan memasang sedikit rumput plastik di dekat pagarnya. Soalnya tema yang mau diangkat Taman Buku Mizan. 


6. Akhirnya, sentuhan terakhir setelah semua buku saya masuk-masukkan ke dalam lubangnya masing-masing dan berdiri dengan sempurna: meletakkan boneka kecil punya Nana lagi meluk novel saya yang diterbitkan Mizan juga. Ahik... Btw, udah pada beli belum? Judulnya Macaroon Love. *iklan


Daaan...inilah dia foto yang saya ikutkan ke lomba merangkai buku Mizan! Kalau mau nyumbang jempol di FB, saya tunggu lhoo dengan senang hati. Soalnya penilaian lomba ini selain berdasarkan kreatifitas, juga berdasarkan banyaknya komentar dan like di media sosial.. Hiks! Mari nyumbang jempolnya di sini. :')


12 komentar:

  1. aih si emak ini luar biasa. rajin dan kreatif. salut! semoga menang ya, mak ^_^

    btw, foto teteup di ubin ya? hihihi #ditimpuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ubin is my fave place on earth! dingin...hahahahahaaaa #timpuk

      Hapus
  2. Kreatif dan harus pake niat ya Mak.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, iya dong..apa2 harus niat...tapi yg penting lagi, suka dulu ngerjainnya..kalo kepaksa juga gk bakalan enak prosesnya...:D

      Hapus
  3. wah unyu2 parcelnya maak. keren... tapi aku paling susah kalau buat yang begituan. sembrono sih aku orangnya mak
    btw salam kenal yaa
    www.liza-fathia.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi liza, makasih ya sudah mampir...
      aku udah dateng ke rumahmu...sukaa..:D

      Hapus
  4. Parcel buku ini pasti lebih mahal dari parsel buah ya:D Enak juga kalau dapat parsel seperti ini :)

    Goodluck mbak Winda. ^^d ntar tak jempolin deh disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, tergantung, kalo isi parcel buahnya durian tailan, mungkin lebih mahal parcel buah..:D
      makasih ya mbak Haya, udah jempolin di sana..:D

      Hapus
  5. Mak, selesai sesi poto, parsel buat aku, yaaa? *kedip2 *minta ditoyor. :-).
    Salam kenal Parselnya bagus, kreatif dan niat banget bikinnya. :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. lima menit setelah sesi poto2, parcelnya langsung ancur dibongkar anakku...-_-
      makasih yaa..:D

      Hapus