Jumat, 27 November 2015

Bule Gaul yang Jago Masak Jajanan Pasar Indonesia

  32 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Kata orang bijak, "Kita nggak tahu lewat apa Tuhan mempertemukan kita dengan manusia lain." Bisa kenalan sama orang waktu lagi nungguin kereta. Bisa lagi buru-buru udah telat masuk kerja, terus tabrakan, terus isi tas berhamburan, terus jongkok pelan-pelan bersama-sama, mungutin barang-barang yang berceceran, terus saling bertatapan .... cieee, sinetrooon. Hahahaha. Kemarin saya baru dapat teman baru, lewat foto pete. Iya, PETE! Atau PETAI untuk lebih jelasnya. Hah! *hembus napas bau naga*



Asisten rumah saya baru balik dari kampungnya kemarin dan bawa oleh-oleh pete fresh from the tree. Ah, si mbak, tau banget kesukaan majikannya. Mmmuuaach! *kecium bau naga lagi* Tentu aja, dengan penuh kebanggaan pete montok-montok itu langsung saya foto dan post di Instagram. Nggak lupa pake hestek #IndonesianFood biar nggak diklaim. Hihihihi. Nggak ada itungan menit, nongol notifikasi dapet like dari akun yang nama dan foto profilnya catchy banget buat saya. Fotonya bule tapi user  name-nya pakai bahasa Indonesia: @masak2denganNick. Langsung kepo, stalking akunnya. Berlanjut ke fanpage-nya dan langsung meluncur ke channel Youtube-nya. Dan abis itu bengong. Hahahaha.

Ada bule nge-like foto pete gue! :v 

Buset, ini bule ngomong bahasa Indonesia udah kayak anak Jakarta banget! Fasih nggak ada cadel-cadel bulenya sama sekali.  Terus lihat video-videonya di Youtube, saya sampe malu jadi emak-emak asli Indonesia. Huaaa, si Nick ini ternyata jago banget masak kue-kue jajanan pasar khas Indonesia! Jadi kayanya Nick ini hobi masak, dan channel di Youtube-nya yang dikasih nama Masak-masak Dengan Nick khusus untuk video-video masakan khas dari seluruh Indonesia. Mulai dari kue talam ubi, kue pepe, kue nagasari, bakso goreng, sampe jamu beras kencur, bo! Bahasa yang dipakai selang-seling Inggris dan Indonesia yang fasih banget. Ini bule kok punya kesukaan nggak biasa banget, ya? Hihihihi. Sampe jamu-jamuan pun dibuatkan video cara pembuatannya di Youtube. Siapa sih Nick ini? "Hmmm, pasti anak blasteran, nih. Atau kecilnya pernah sekolah di Jakarta. Anak diplomat kali." Jiwa sotoy saya langsung bergelora. Hahaha. Tapi daripada nebak-nebak nggak jelas, mending saya tanya langsung aja, kan?
Singkat cerita, saya dan Nick yang asli warga negara Australia dan sekarang tinggal di Sidney ini kenalan di fanpage-nya. Dan berlanjut via email, langsung saya wawancara. Nggak nyangka ternyata Nick yang punya nama lengkap Nicholas Molodysky ternyata baru berusia 23 tahun. Masih muda banget. Nick punya istri orang Indonesia, "Istriku orang Tanjung Duren. Hahaha!" katanya waktu saya tanya-tanya seputar istri dan keluarganya. Biar percaya kalau Nick ini beneran fasih ngomong bahasa gaul anak Jakarta, saya copas plek-plek jawabannnya dari email, ya (agak dirapihin dikit yang ada singkatan-singkatannya). Tapi asli, saya mah ngakak ada bule bilang orang tuanya dengan sebutan "Bonyok". Hahahaha.


Kamu kok bisa fasih banget ngomong Indonesia, sih? Belajar di mana? Apa punya orang tua
campuran (Aussy dan Indonesia) gitu?

Ga ada campuran Indo (Indonesia) sama sekali. Bonyokku ga bisa ngomong satu kata pun haha. Kisahnya gini, dulu pas aku kelas 5 SD, sesekolah wajib ambil kelas bahasa Indo selama dua taon. Waktu itu ya cuman bisa itung ampe 100, nanya jem (((JEM, red: komen Emak Gaoel))) berapa, dan lain-lain. Setelah ituuu, aku lanjut belajar ampe kelas 3 SMA. Waktu kelas 2 SMA, entah kenapa jadi rajin banget belajar, terus cari guru les privat supaya bisa lebih lancar. Guru lesku (yang sekarang teman baek) kenalin aku ke komunitas Jakarta di Sydney. Jadinya ngobrol pake bahasa Indo doang semenjak itu ma temen-temen. Aku juga lanjut S1 bahasa Indo dan bahasa Chinese di Sydney. Temen kampusku ampir orang Indo semua.. Tiap ada kelas malah pake bahasa Indo daripada Inggris (kadang campur bahasa Hokkien juga dikit-dikit, hehe). Semenjak ituuuu, aku lumayan aktif ikut komunitas Indo di Aussie juga. Istriku orang Tanjung Duren hahahaha. Aku belum pernah tinggal di Indo. 

Diambil dari akun Instagram Nick, liat bahasa yang dipakai buat nulis resepnya, bahasa sehari-hari banget. :)))

Emang hobi masak ya? Kenapa suka banget masak kue-kue Indonesia? Sejak kapan mulainya? Dan belajarnya dari mana?

Aku dari kecil hobi banget masak, dari SD sih sebenernya. Suka di dapur sama nyokap cobain ini itu, ampe sebelom masuk kuliah rencananya mo culinary school, cuman jadinya lanjut S1 trus S2 yang lebih akademik. Ya masakan Indo emang enak! Aku makan apa aja!


Terusss, kepikiran buat channel Masak-masak dengan Nick di Youtube, tujuannya apa, nih?

Aku liet, memang ada kekurangan info tentang masakan Indo buat bule. Trus juga banyakan bule ga tau tentang jajanan pasar. Taunya cuman nasi goreng, mie goreng, gado-gado sama palingan es campur. Lagian aku juga tujuannya kasi liet pemirsaku kue-kue dari setiap daerah di Indo, bukan cuman yang paling terkenal doang. Contohnya aku rencananya mo bagi resep kue Maksuba khas Palembang sama Sala Lauak dari Sumbar (PS: Emak Gaoel asli Sumbar tapi malah gak tau ada kue namanya Sala Lauak -_-), Tujuannya karna bule Aussie cuman tau budaya Bali ama Jawa aja. Trus aku jarang ketemu org Indo juga yang tau kue Maksuba tu apaan. Jadi ya begitu ....


Dan, Nick ini ternyata udah pernah nerbitin buku juga, lho. Buku tentang belajar bahasa gaul Indonesia, hahaha. Kurang gahol apa ni anak? Wkwkwk. "Bukuku tentang bahasa gaul Indo, ajarin bule-bule caranya pake bahasa gaul, karna pas aku kuliah kagaaaaa ada yang bisa bahasa gaul sama sekali. Ampe hari ini cuman bisa ngomong yang baku sebaku-bakunya," kata Nick. Jleb! Bule asli Australia, nggak pernah tinggal di Indonesia, ngangkat jajanan khas dari seluruh Indonesia, mengenalkan ke seluruh dunia, dan bikin buku belajar bahasa Indonesia sehari-hari supaya Indonesia bisa jadi lebih dilihat. Emejing? Heu euh, banget! I personally, so happy to find him online. Dan dapat kesempatan wawancarain dia senengnya bukan main. Karena orang kayak Nick belum banyak. Dia punya ketertarikan yang unik, mau belajar abis-abisan, dan mau menyebarkannya ke orang lain. Jangan ragu lagi, nggak rugi banget buat follow IG-nya, fanpage-nya dan yang pasti video-video memasaknya di Youtube. Silakan kenalan sendiri. Anaknya ramah dan bocor. Saya bilang, karena umurnya masih 23 tahun, dia berondong. Kirain dia nggak bakalan tau berondong itu apaan,. Ternyata tau, bo! Hahaha. 

Thank you for your time, Nick. Kapan-kapan kalau lagi ngunjungi mertua di Tanjung Duren, kontak saya, ya. Saya jajanin kue rangi sama kerak telor deh sampe mabok. :v

32 komentar:

  1. Bhahahhahha seru, nih! Meluncur ah ke Youtube-nya. :D :D :D

    BalasHapus
  2. hahhahaa.. seringnya ya gini ya, orang bule yang tertarik dengan apa yang kita punya, terus berkreasi. dan kita jadi penontonnya :D

    tapi tetep, saya apresiasi untuk orang yang mencintai negeri ini :)

    BalasHapus
  3. keren ya pinter masak jajanan indo. Aku mlh gk bisa, hihi

    BalasHapus
  4. ih persis kayak gue, Mak, pinter masak, terus tampang gue Bule "bulekan apa belekan, ya, gue?" *wkahahha

    BalasHapus
  5. Wa'alaikumsalam mak. pernah baca juga kalau di australia ada mata pelajaran bahasa indonesia di sekolah. Bahkan ada lomba berbicara bahasa indonesia. Tapi kalau ada bule yg lancar bahasa gaul indonesia itu wow punya nilai lebih. muhehe. Saya kaget pas bacanya. Keren ey.
    mana bisa masak lagi, jadi malu dengan diri sendiri. *tutup muka*

    Habis baca ini jadi s

    BalasHapus
    Balasan
    1. *ketekan publish tadi*
      Lanjutan... XD

      Habis baca ini jadi penasaran penge nyicip (makan semuanya) masakan nick hehe.

      Juga semakin pengen buat ngenalin Indonesia. Gak mau kalah semangat dengan nick :D

      Hapus
  6. Sy nemu akun dia di IG jg gara2 post jajanan pasar n pake hestek jajananpasar. Selama ini klo sy post makanan yg like ada bbrp bule2 tukang masak tp baru sm bule 1 ini sy bengong liatnya :D

    BalasHapus
  7. Sy nemu akun dia di IG jg gara2 post jajanan pasar n pake hestek jajananpasar. Selama ini klo sy post makanan yg like ada bbrp bule2 tukang masak tp baru sm bule 1 ini sy bengong liatnya :D

    BalasHapus
  8. Makjleb bangettt neh, orang luar malah lebih jago dan mengenal kuliner Indo. Salam kenal buat Nick.

    BalasHapus
  9. Waaah. Aku kalah jauh nih kalo disejajarkan dengan Nick dalam hal masak-memasak.

    BalasHapus
  10. hiya ampunnnn masak mbak winda g tau sala lauak???aku aja orang jawa yang baru kemarin tinggal di Siak udah tau sala lauak lo xixixixixi....
    keren ya nick,cus ah ke IGnya..^^

    BalasHapus
  11. wah hebat banget mas nick nih...jd inget sm bule2 yg jago nyinden sm nyanyi lagu keroncong...mrk bgt mencintai indonesia..klo kt tdk hemmm malu maluin ya mak..

    BalasHapus
  12. Salam buat nick #ehh....kenalan saya namanya juga nick en jago ngomong indo juga doyan nasi padang hehe. Saya jadiin inspirasi tokoh nick di novel ping :D

    BalasHapus
  13. wuih, keren abis sih nick ini ya mbak...

    BalasHapus
  14. Saya juga penasaran sama sosok nick sejak dapet likenya di postingan instagram... :D keren!

    BalasHapus
  15. keren ih si Nick, saya aja orang indo ga pinter bikin kue :(

    BalasHapus
  16. Lucuuuuu... Dan kereen lah ini si Nick! Bikin sayah tambaaaah semangaaat di dapur hehehe :). TFS yoooo mak..

    BalasHapus
  17. Warbiyasak banget si Nik ini Mbak Winda. Hihihi. Seru bacanya.

    BalasHapus
  18. Langsung donk ke youtube channel-nya si Nick inih. Iya, gile banget niy bule. TFS maaaakk !!

    BalasHapus
  19. Wah nemu tontonan baru nih, kebetulan tentang kuliner. Pas banget.

    BalasHapus
  20. wah keren keceh hehe.... mantap nih mbak langka...

    BalasHapus
  21. Si Nick keren yah jago masak lagi...bahasa indo oke...sayang udah punya istri hahaha

    BalasHapus
  22. kereen... jd inget novel nya bule ngehe yg wktu itu sempet terbit, dia jg smpet aktif di twitter, tp nth kenapa tiba2 aja menghilang.. twitternya tiba2 di kunci, kayak ditelan bumi deh :(.. moga2 si nick ini ga kyk bgitu -__-.. sama2 org aussie juga tuh

    BalasHapus
  23. manteeeep... Bener2 lebih Indonesia dari yang asli Indonesia nih anak ^_^

    BalasHapus
  24. Berawal dari pete, eh bisa ketemu bule. Terbukti teknologi bisa membawa manfaat ya Mak.
    Tu bule hebat bener bisa bikin talam segala, ubi pula, aku sukaaaa..
    Asal jangan wingko, itu spesialis aye ahaha.
    Bahasa Indonesianya hebring walo belon pernah main ke Indonesia.

    BalasHapus
  25. Jadi berondong itu ama kak ??? #belagakbego

    BalasHapus
  26. Lucuk juga nih bule :D stalking-stalking ahhhh ....

    BalasHapus
  27. Berkat si pete jadi bisa kenal yang namanya Nick ya mak :D
    Nick gak minat ngeblog juga nih? #eh

    BalasHapus
  28. Widiiiih muda banget masih umur 23! XD Kek masih anak gahol gituuu, you're awesome Nick! ><

    BalasHapus