Senin, 16 November 2015

Crafting for Charity is Back!

  13 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Berawal dari nggak sengaja ketemu videonya di Youtube. Nggak lama liat beberapa fotonya di Instagram sliweran. Langsunglah Emak Gaoel cuuusss, pengen ikut-ikutan. Bawaan orok, nggak bisa liat yang rame dikit, langsung pengen ikutan ngetop. Halah. :p



Saya lagi ngomongin hand lettering yang fotonya lagi banyak beredar di social media beberapa bulan ini. Tadinya saya pikir tulisan sambung cantik-cantik yang saya lihat itu font di komputer atau aplikasi. Ternyata beberapa adalah hasil tulisan tangan memakai brush pen atau brush. Hwowh, hasilnya cakep-cakep bangeet. Kebetulan saya baru beli brush pen, tapi belum pernah nyobain. Akhirnya mulailah saya berguru sama suhu-nya (halah, SUHU!) :))) Siapa lagi kalau bukan Youtube! :v


Seperti yang udah-udah, kalau baru pertama nyobain biasanya ekspektasi emang tinggi. Apalagi kalau pake perasaan ... Perasaan gampang, deh! Huahahaha. Ternyata susyaaaah, cuy! Songong kok dipiara, mak? Kapan tobat? Sebagai percobaan perdana, saya pakai brush pen supaya hasilnya bisa lebih rapi. Brush pen ini banyak dijual di toko-toko alat tulis. Agak mahal sih, tapi sepadan kok dengan hasil lettering karena ujung pen berbentuk kuas, tapi tidak berbulu terpisah seperti kuas yang beneran. Selain itu, warna-warnanya juga lengkap. Saya baru punya warna hitam sih, soalnya ... itu ... nganu ... ya mahal itu tadi. Wkwkwk. Trus kalau pakai brush pen ini, warna yang keluar rata, nggak kayak kalau pakai brush dan cat air, warnanya pasti nggak merata karena harus menyapu cat air setiap beberapa saat penggunaan.


Rencananya, kalau saya udah jago (JAGO), hand lettering ala-ala ini mau saya karyakan jadi beberapa karya crafting. Masih inget sama Komunitas Lebah, kan? Tahun lalu saya dan beberapa teman crafter mengadakan kegiatan Crafting for Charity untuk menggalang dana untuk kegiatan tahunan Komunitas Lebah yang dinamakan Cerdas Tanpa Batas. Cerdas Tanpa Batas (CTB) ini merupakan kegiatan tahunan Komunitas Lebah. Mereka akan memberikan bantuan berupa buku, kegiatan edukatif dan dana untuk anak-anak. Tahun lalu kami berhasil mengumpulkan dana yang lumayan dari penjualan hasil kreasi paper craft kami. Dana yang terkumpul disumbangkan untuk Cerdas Tanpa Batas di sebuah desa di Wonosobo. Tahun ini CTB akan diadakan di sebuah desa di daerah Pandeglang, Banten. So, Crafting for Charity is back! Semoga bisa mengumpulkan dana lebih besar lagi tahun ini. Ditunggu partisipasinya ya, teman-teman. Kalau mau langsung donasi juga bisa kok, baca banner di bawah ini aja.


Kembali ke urusan hand lettering tadi. Setelah coba-coba pake brush pen, level songong saya meningkat; pengen pake brush dan tinta. Dengan pengetahuan ala kadarnya, saya beli cat akrilik dan kuas yang ujungnya kaku dan rata. Asumsi saya, makin kaku bulu kuas, maka makin gampang mengontrol lettering-nya. Hahahaha, dasar sotoy, gatot, cyiin! 

GATOT! :v 

Beruntungnya saya dikelilingi teman-teman yang pandai di berbagai bidang, salah satunya Mak Tanti Amelia yang jago banget melukis ilustrasi dengan menggunakan kuas dan tinta. Lewat konsultasi gratis dengan beliau, akhirnya saya baru paham, kuas untuk lettering itu beda sama buat melukis gambar. Lettering ini kan semacam kegiatan membuat kaligrafi, jadi justru dibutuhkan kuas yang fleksibel. Baiklah, mak. Saya tobat jadi orang sotoy. Besok mau cari kuas lettering merek Joyko dan tinta Cina, sesuai anjuran dokter Mak Tanti.



Dan kurang belagu rasanya kalau nggak bikin video tutorial di Youtube. Hahaha. Monggoo!



By the way, punya ide nggak hand lettering ini bisa saya karyakan jadi apa selain kartu ucapan, bookmarks, postcard dan ilustrasi note book? Dan kalau ada teman-teman crafter yang berminat untuk partisipasi menyumbangkan karyanya untuk dijual dan hasilnya didonasikan, silakan hubungi saya, ya. 


13 komentar:

  1. Mau mak..tp bukan seni tulis gni ya...sdh luama bgt insaf... dl banget msh jaman kartu lebaran msh laris manis suka buat...skrg hemm mikir deh..tgn sdh kaku ... yg lain sj wes... hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa aja kok, mbak...tapi kita butuh sample minimal 5 buah ditunggu foto2nya tanggal 20 November. Keburu, gak? ;)

      Hapus
    2. insyaallah bisa mak...kbtulan ada bbrp stock bros..

      Hapus
  2. Kraftnya apa aja, Mak? Saya bisanya merajut. InsyaAllah kalau gak ada kendala saya mau ikutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa aja kok, mbak...tapi kita butuh sample minimal 5 buah ditunggu foto2nya tanggal 20 November. Keburu, gak? ;)

      Hapus
  3. cakeeppp mbaa :)

    dianexploredaily.blogspot.com

    BalasHapus
  4. jadi inget waktu belajar kaligrafi jepang mak, mungkin pake kuas yang begitu ya
    dibikin pajangan mak, tulisannya quote-quote yang menginspirasi, nanti bisa ditambahin ilustrasi atau doodle cantik buat dekorasinya, trus dibingkai deh :)

    BalasHapus
  5. Jadi pengen nyobain nih nulis indah pake tangan gitu mak, kaku nggak ya nih jari udah terbiasa ngetik trus megang pena lagi :))))

    BalasHapus
  6. Nulis tangan cuma buat bikin daftar belanjaan & kwitansi :)

    BalasHapus
  7. Wahh keren yah... Jadi pengin cobaik juga ^_^

    BalasHapus
  8. Wah,,,ini hobi lamaku. Dulu suka banget bikin2 lettering tapi pake marker & pulpen boxi aja.

    BalasHapus