Sabtu, 02 Januari 2016

I Think I Broke Some Blogging Myths Last Month

  42 comments    
categories: 
Assalamu'alaikum.

Di saat teman-teman blogger berlomba-lomba naikin Klout Score, DA, PA, Alexa Rank dan pageviews harian di blognya, selama bulan Desember kemarin saya justru harus berusaha ikhlas melepaskan kegiatan ngeblog dan "nyampah" di socmed karena kepengen fokus ngurusin Crafting for Charity. Biarin deh, Desember nggak ada kerjaan dulu. Saya udah komitmen sejak tahun lalu, Desember memang akan saya khususkan untuk kegiatan Crafting for Charity. Sekalian terapi untuk ketenangan jiwa seorang blogger rempong seperti saya ini. 


Tapi biar gimana, namanya juga sama blog sendiri, pasti cinta kaaan. Sebelum meninggalkan sejenak blog ini, nggak lupa ngecek posisi segala macem penilaian sistem itu. OK, Klout score lagi nangkring di angka 77 dan ini sisa basian abis ngadain lomba blog sama Smartfren sebelumnya, sih. Wkwkwkwk. Terus DA sama PA lagi ada di angka 23 dan 32, kalo gak salah. Alexa rank di angka 190.000-an. Pageview harian blog juga masih biasa aja, kalau lagi ada postingan baru sekitar 1.000 - 2.000an, kalau lagi gak ada update paling cuma sekitar 600-an. Biasa banget ....

Saya udah siap banget Klout Score bakalan terjun bebas. Bener aja, nggak pake nunggu lama, minggu pertama dan kedua Desember, Klout Score saya meluncur syantiex ke angka 69. DA dan PA masih sama, walaupun kata yang pakar blogging, ada semacam update untuk angka DA dan PA yang bikin hampir semua website mengalami kenaikan. Semacam itulah, jangan tanya saya, gak ngerti. Alexa rank juga sukses nyungsep ke angka 220.000-an. Saya males mikirinnya, ntar aja deh kalo mood, dikatrol lagi, pake apaan gitu. Hahaha. Soale, dulu saya pernah obsesi banget sama angka-angka ini, dan berujung ke ribet sendiri. -_- Niatnya ngeblog mau buang mumet, malah jadi mumet sendiri. Lelah .... Makanya, abis itu saya nggak mau lagi ribet sama angka-angka itu, kecuali ngintip-ngintip doang sekali-sekali. Itu juga kalau ada calon klien yang nanya. Selebihnya, cukuplah buat hibur-hibur diri pas arisan gak keluar. Sekitar pertengahan Desember kemarin memang saya pas dapat tawaran untuk mereview campaign satu perusahaan, makanya sempetin ngintip kondisi statistik blog yang ternyata mengenaskan itu. Eh, syukurlah, job-nya tetep deal. Rejeki gak ke mana, masih ke Bekasi.
Akhir Desember 2015 kemarin, kegiatan Crafting for Charity resmi selesai, saya coba cek lagi keadaan blog dan status social media milik saya. Dengan keadaan minim update, ternyata statistik blog saya justru mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan. Jangan tanya saya kenapa, karena saya pun nggak tahu. Daripada saya coba jelasin sok tau, terus ada yang ngakak di belakang, mending kalem aja, menikmati pete bakar cocol sambel. 

Tapi biar gimana, saya mikir juga, kenapa justru di saat saya "males" update di blog, segala rupa angka-angka itu malah naik? Konon kabarnya, sekitar awal Desember kemarin penilaian angka DA dan PA memang ada semacam pembaruan yang lumayan menghibur karena semuanya naik. Baydewey, kocak juga kalau semua naik, berarti kan kondisi sebenernya sama aja dong, ya. Hihihihi. Yah, buat yang ilmunya cetek macam saya ini, sekali lagi, lumayanlah kalau liat angka-angka itu naik (walaupun nggak tau kenapa), buat hiburan. :v 

Iseng, saya coba buat catatan, sebatas ilmu yang saya tahu aja, seputar kondisi statistik yang rada anomali di blog saya. Kenapa-kenapanya, saya nggak tau pasti. Tapi yang saya catat di sini adalah apa yang saya (tidak) lakukan dan hasil yang saya dapat, ternyata nggak selalu seperti yang ada di teori ngblog. Beberapa kondisi mungkin berbeda dengan orang lain, tapi ya gapapa dong saya catet sendiri. Ih!

Niche

Bahas niche blog ini bikin saya gelisah sebenernya. Sebagai blogger yang kebanyakan mau, saya susah menentukan mau menulis khusus di satu topik yang spesifik. Akhirnya dengan penuh percaya diri, kalau ada yang nanya, "Niche blogmu apa, mak?" Saya selalu jawab, "Niche-nya Emak Gaoel." Nyahaha, apa deh itu! 

Padahal, katanya ahli ngeblog, sebaiknya tema blog itu spesifik. Kalau bahas fashion, ya fashion aja. Kalau kuliner, ya kuliner aja. Kalau traveling, ya udah traveling aja. Biar kepercayaan publik (duile) juga terbangun dengan melihat konsistensi kita menulis di satu bidang. Selain itu, image kita juga terbentuk dengan sendirinya. Lah, saya malah segala macem dibahas. Image macam apa yang terbentuk? Image pasar malem? Entahlah, silakan jawab sendiri. Saya mah pasrah orangnya. :v (pasrah = males mikir).

Sampai udah tahun 2016 ini, saya masih ogah milih mau kheuseus ngebahas apaan di Blog Emak Gaoel. Biarlah, saya ngeblog kan biar santai, bukan buat setres. Kalau ternyata banyak topik yang bikin saya santai, ya sebanyak itu juga yang akan saya share di blog. Bhihihi. 

Klout score vs interactive


Jujur, kalau lagi lihat Klout score yang naik itu emang semacam hiburan, ya. Rasanya, aduuuh saya ternyata sesuatu banget di dunia maya. Wekekekek. Sebagai warga online yang pernah nangkring di Klout score 77 (gara-gara kedongkrak ngadain lomba pake sponsor gede, ini mah), saya paham banget gimana rasa semringahnya itu. Padahal dalam hati ya ngerti sendiri kok, kalau nggak ngadain lomba, nggak bakalan juga se-hits itu Klout score saya. Jadi semacam buat elus-elus diri sendiri aja.

Klout score kan katanya berhubungan erat dengan interaksi kita di social media, ya. Setelah kemaren sempet nyungsep di angka 63, di akhir Desember saya coba cek lagi, ternyata Klout score saya naik lagi ke angka 71-72. Padahal bisa dibilang, isi update socmed saya gak beda-beda amat kayak biasa. Tapi apa mungkin karena saya update foto-foto Crafting for Charity yang notabene rada beda dari bulan-bulan biasanya, ya? Entahlah. Males mikir lagi. :v

DA/PA vs updates

Dari pantauan (kepo), katanya kemaren DA dan PA blog sebagian besar teman-teman blogger mengalami kenaikan, ya? Alhamdulillaah, blog saya juga kebagian naik, dari angka 23/32, sekarang jadi 28/38 (kalau belum berubah lagi). Patut disyukuri juga dong ya, dinaikin cuma-cuma pas saya lagi gak ada update-an yang berarti. Anggap aja lagi beruntung. Bhihihi.

Blogwalking

Blogwalking meningkatkan nilai interaksi kita di dunia maya. Iya, saya paham, kak. Cuma panjang urusannya nih kalau blogwalking jadi semacam kegiatan yang harus saling berbalas. Masalahe, baca postingan orang tuh kalau nggak sesuai sama minat, ya susah enjoynya. Apalagi mau ninggalin komen, lah ngerti juga nggak. Contoh nih, si Sutopo lumayan rajin blogwalk ke sini, kadang ninggalin komen. Kemaren malah dia ikutan lomba Blog Emak Gaoel juga. Makasih, ya. Tapi jangan tuntut saya ke pengadilan ya kalau nggak pernah baca tulisan dia yang lain, apalagi ninggalin komen. Lah, yang dibahas di sana urusannya website design apalah, review spare part motor sama helm, segala teori SEO dan adsense. Otaknya gak sampe, kakaaak! :( Jadi ya, jangan baperan kalau gak dibales komen.

Sebulan kemaren praktis saya nggak ada baca-baca blogpost teman-teman. Maaf, ya. Memang nggak ada waktu. Tapi ini FYI aja, buat teman-teman yang sudah mampir ke sini dan ninggalin komen, saya selalu klik namanya dengan maksud bisa langsung masuk ke link blognya, seenggaknya udah nyumbang satu pageview. Makanya, kalau komen sebaiknya pakai identitas Name dan URL aja. Soalnya kalau pake akun Gmail, masuknya ke profile G+. Kalau udah dibawa ke mana-mana dulu, ya belum tentu nyampe ke blognya. Tergantung lagi rajin atau males.

Soal silaturahmi dan interaksi, saya mah percaya, bisa lewat mana aja. Sejujurnya, silaturahmi saya dengan teman-teman dunia maya justru lebih banyak terjalin di Facebook, Instagram dan Twitter. Jadi, janganlah katakan diriku tak menghargai niat silaturahmi teman-teman yang udah datang berkunjung ke sini karena gak ngunjungin balik. Banyak faktor penyebabnya. Tema yang saya nggak tertarik/mengerti, kurang waktu, kehadang Captcha, sinyal ngehe. Banyaaak! Jangan baper, yes. I love you still, mmuaaach!

Pageviews

Kondisi pageviews harian blog ini sebenernya nggak sebombastis yang dibayangkan teman-teman, kok. Sampe sepuluhribuan sehari? Boro-boro! Hahaha! Kondisi ini udah sejak lama kok, standard banget kalau lagi ada update blog post baru, trafik naik sampai sekitar 1.000 - 2.000an. Selebihnya, hari biasa tanpa blog post baru, nggak sampai 1.000an pageviews. Tergantung saya lagi rajin share link di akun socmed saya atau nggak.

Bulan Desember kemarin, praktis saya cuma posting 4 blog post baru. Ternyata dengan jumlah postingan baru yang minim, kondisi trafik blog saya tetap sama seperti biasa. Artinya, nggak mengalami penurunan.

Lah, jadi panjang. Gak ada ilmunya juga, cuma pengen curhat aja, kenapa selama Desember kemaren kondisi blog saya justru kebalikan dari beberapa teori-teori blogging yang ada? Mungkin ada beberapa kondisi lain di luar teori tadi yang bikin keadaan blog dan akun socmed saya begitu, kali ya. Yang pinter boleh dibahas, di depan saya, di belakang saya, terserah. Sambil ngetawain juga gapapa, asal jangan ketawa sendirian. Hati-hati.

BACA BLOG POST SAYA YANG LAIN SEPUTAR BLOGGING DI SINI.

42 komentar:

  1. ye ye ye wkwk :v mkasih ya mak , sudah di kasih rujukan wkwk :v
    Adil , semoga PA dan DAnya sama2 naik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin ajalah, walaupun gk paham apaan itu, cuma buat siap2 aja kalau diminta buat kerjaan :)))

      Hapus
  2. Yang blogwalking itu setuju mak, saya tetap klik untuk kunjungan balik sih. Tapi kalau gak ngerti sama isi blognya, huhuhuhu..saya gak bisa berkomentar T_T

    saya tunggu klik baliknya ya... #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik balik kok...entah pada percaya atau nggak, bukan tugasku meyakinkan semua orang...wakakakakkk
      tapi soal ninggalin komen ya sama...liat2 dulu judul sama isinya...daripada gak nyambung yes. :)))

      Hapus
  3. Untuk menghargai yang sudah merelakan kuota internetnya demi berkunjung ke blogku, aku juga biasanya kunjungi balik, baca postingannya, dan berusaha komen juga, tapi kalau gak paham topiknya juga gak komen, takut gak nyambung >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh sama kok...soal menghargai itu...saya setuju...dan banyak cara untuk menghargai kunjungan teman2 di blog...buat saya, paling minimal, klik balik linknya...
      soal ninggalin komen, ya sama, liat2 dulu...kalau gk ngerti, kenapa dipaksain?

      Hapus
  4. Anyway, pengen tanya serius nih :D
    Pernah dapat job yang mengutamakan Klout, DA, PA, alexa dan PR?
    Penasaran banget gue, secara banyak yang sibuk dengan hal itu, tapi gue baca blognya nggak pernah menyebutkan kalau dapat kerjaan karena itu. Kecuali Tokopedia ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari sekian juta (((JUTA))) job yang aku terima, baru satu sih yang nanyain begituan...huahahaha...
      eh nyesel ya komen di sini? :))))

      Hapus
  5. Fiuhhh baru kali ini baca yg beginian. Saya lebih kagak ngeh jika dibanding ma gaoel haha

    BalasHapus
  6. Beehh mak gaoel mah gak usah mikirin nichie.. Nichienya apa ya nichie mak gaoel.. Terserah.. Semaking gado gado.. Biarin aja mak, yang penting enjoy..
    Pv mak gaoel lumayan tuh, blog baruku malah gak pernah tembus 300perday mak.. Gimana ni?
    www.arditips.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga gak ngerti kenapa pv bisa segitu...entahlah.... :(
      yang penting bahagia ngeblog ya... :)))

      Hapus
  7. Wah, sama mbak. aku juga. karena 2 minggu ini sibuk nemani anak liburan dan lomba-lomba, akhirnya alexa rank ku turun drastis. Kayaknya memang kudu harus wajib update setiap hari yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihii, gak usah galawlaaah....ngurusin anak kan prioritas utama... ;)
      soal naikin alexa, kata yg hebat ilmu ngeblognya banyak teorinya...salah satunya rajin update dan bw...gituuu....

      Hapus
  8. semangat ngeblogg pokoknya..sukses selalu :D

    BalasHapus
  9. Waini yang kadang jadi permasalahan kebanyakan. BW BALIk. Padahal saya-nya bingung kalau sudah klik link, baca posting an, terus nggak tau mesti ninggalin komen yang kayak gimana. Kadang kalau sudah ada yang bawa-bawa etika BW balik tuh rasanya nyesek. :(

    Emang etika BW balik itu yang bagaimana sih? #lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau ah, hayati lelah kalo ngomongin soal itu, kak... :(

      Hapus
  10. Jadiii intinya, niche blognya apa? Wekekeek...

    BalasHapus
  11. Serem amat mak goloknya hehe. Saya mah pusing mikirin angka-angka ituh, jadi masih seenak hati aja kalau ngeblog. Tapi banyak blogger yang bahas DA, PA jadi kepo juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah ya sama, saya juga pusing...
      kenapa juga saya nulis beginian yak? :)))

      Hapus
  12. Qeqeqe mau dong, nyante ngeblog tapi kunjungan rame, da pa tinggi apalagi kloutscore. Saya mah kalau nggak update ya nyungsep semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu mak, kalau analisa sotoyku, mungkin karena di socmed masih agak aktif, trus beberapa lari ke blog...
      ngapain lari ke blog? yah daripada lari dari kenyataan? :)))

      Hapus
  13. Maunya BW pake name dan URL tapi sering dihadang capca jadi suka langsung pake akun google, bikin males yang mau BW yak, ga langsung dianterin ke blognya hihi. Ya deh kali ini pake name URL ajahh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sinni kehadang captcha gak? *malah nanya* hahahaa
      aku gak tau soalnya...wkwkwkwk

      Hapus
  14. wah keren banget lah itu mak....aku udah males lihat itu angka2, bikin nelangsa aja untuk blogger suka2 kaya aku gini hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah gak usah diliatin...
      mending liat polisi ganteng... #eh

      Hapus
  15. ceritanya ngeblog suka suka ya mak. ada wangsit ya nulis, nggak ada wangsit ya nggak usah yang penting heppy :D

    BalasHapus
  16. Saya juga masih ga bisa konsisten untuk menuju blog berniche tertentu, butuh konsistensi dan bahan yang banyak. Makanya saya biasanya nyelingin tips-tips blogging ala-ala bila ide atau bahan travelling dan kuliner lagi kosong.
    Jangan kuatir Mak, saya udah nggak baper lagi kok meski Emak ga BW balik. Mungkin tulisan-tulisan saya terlalu absurd ya buat Emak wekekeke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang aja mas, aku tetap klik balik kok linknya....hihihihi

      Hapus
  17. Saya ngeblog malah lebih banyakan curhat mak. Heheh, masih newbie sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini blog juga isinya curhatan semua kok... apalah arti blog tanpa curhatan, makin galau, makin rame cyin.. :)))

      Hapus
  18. Wih, blognya udah terkenal sih. Jadinya jumlah postingan tidak mempengaruhi traffik. Hehehe
    Pingin bikin niche blog, tapi bingung deh. -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau terkenal apa nggak, yg jelas terlenje sih iya... :)))
      yah jangan bingung di sini dong, ntar kita bedua pegangan tiang :(

      Hapus
  19. Saya ngeblognya sing penting asik haha :), keren emang nih mak Gaoel

    BalasHapus
  20. yaela maaak, elo kan udah seleb blogger. Gak perlu update ngos2an tiap hari laaaah... nama elo dan blog elo udah jaminan mutu ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sampe ngos-ngosan mah udah gak ada enak2nya ngeblog ya, ri... :))))
      lo jangan sembarangan ngasih label seleb blogger, nek...entar yg SELEB BLOGGER beneran ngamuk di sini... -_-

      Hapus
  21. roaming aku, mazz... :(
    salam hangat juga deh... *kasih selimut biar tambah anget*

    BalasHapus