Jumat, 08 Januari 2016

Sosok di Balik Coloring Book Mysterious Mandalas

  17 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Coloring book for adult lagi ngehits banget, setuju yes? Sebagai mamak ngehits, saya juga gak mau ketinggalan, dong! Wekekek, malesin banget lu, mak. Nggaklah, saya mah emang dari dulu penggemar kegiatan-kegiatan menggambar, mewarnai dan main-main gunting tempel kertas. Jadi pas mulai banyak sliweran foto-foto berbagai macam coloring book adult di TL socmed, saya emang mupeng berat pengen punya. Ealah, pas dicek, harganya lumayan ternyata, ya. Maksudnya, beda sama buku mewarnai si Nana. (((YAEYYALAAH))).


Alhamdulillaah, rejeki jadi hantu TL, bulan lalu lihat update status salah satu teman lama saya di Kompasiana. Tumben nih, si Mas nongol. Perasaan udah lama nggak lihat sosoknya di timeline saya. Nongol-nongol, beliau ini pasang foto cover buku coloring book for adult dengan judul Mysterious Mandalas, by Bambang Pribadi. Cleguk! Mas Bambang nerbitin buku coloring book for adult yang lagi ngehits ituuu! Kejaaarrr, jangan sampai lepas! Huahaha!

Singkat cerita, buku coloring Mas Bambang sampai ke tangan saya. Girangnya amit-amit, norak banget! Jujur, saya emang penasaran banget sama seluk-beluk di balik buku jenis ini. Sebelum buku tersebut sampai ke tangan saya, saya udah kepo berat sama jenis kertasnya. Karena hobi saya doodling, lettering dan coloring memakai marker (spidol) dan (kadang) cat air, penting banget untuk tahu apakah kualitas kertas cukup tebal dan bagus sehingga kalau pewarnaan dengan memakai spidol dan cat air tidak tembus? Selain itu, apakah gambar dicetak bolak-balik, atau hanya satu sisi tiap lembarnya?


Rasa penasaran saya terjawab saat Mysterious Mandalas sampai di Bekasi. Kertas tebal dengan kualitas yang bagus. Cetakan gambar memang bolak-balik, tidak ada halaman kosongnya, tapi karena kualitas kertas yang bagus, dan cetakan tinta gambar sangat jelas, tidak ada masalah sama sekali saat pewarnaan memakai apa saja. 

Dunia udah kebanyakan orang stress katanya, ya? Sampai buku mewarnai ala-ala anak TK begini aja kok bisa booming? Hahaha. Berhubung saya penikmat kegiatan seni doodling dan lettering, saya nggak merasa kalau ini sebagai pelarian rasa stress. Tapi saya nggak menampik juga, mewarnai, menggambar dan menulis memang bisa jadi salah satu alternatif terapi untuk melonggarkan isi kepala. 

Mandala ala-ala Emak Gaoel 

Jadi siapa sih Bambang Pribadi itu? Mas Bambang ini kalau saya boleh melabeli sendiri, beliau memang seniman pada dasarnya. Hidupnya nggak jauh-jauh dari seni (lukis dan gambar kebanyakan), walaupun sempat beberapa kali bekerja kantoran dan sesekali mendalang juga, lho. Sampai sekarang beliau memang akrab dengan dunia seni. 


Saya penasaran banget sama proses pembuatan buku coloring for adult ini, terutama seri Mysterious Mandalas milik Mas Bambang, karena pola-nya yang rumit, detil dan kecil-kecil. Saya suka stress sendiri kalau menggambar pola mandala kalau tidak presisi (padahal bisa aja presisi kalau pakai alat bantu). Menurut penuturan Mas Bambang, proses menggambar pola mandala dalam bukunya ini diawali dengan hand drawing, kemudian untuk beberapa bagian dibantu dengan sentuhan aplikasi gambar di komputer. Beberapa gambar langsung digambar di komputer (free drawing). Berhubung bentuk dasar mandala adalah lingkaran penuh, untuk mencapai presisi yang sempurna, Mas Bambang hanya perlu membuat pola beberapa derajat saja, untuk kemudian dibuat pengulangan hingga menjadi penuh satu lingkaran (360 derajat) dengan bantuan komputer. Bagaimana pun, pola ciptaan Mas Bambang ini semuanya indah dan rumit. Butuh kerja keras pastinya. Saya mah enak, tinggal ngewarnain doang, hihihihi.

Buku Coloring For Adult Mysterious Mandalas ini sudah bisa didapat di toko-toko buku dengan harga Rp 72.000 saja ya, gaes. Dan kabar gembiranya lagi, Mas Bambang akan segera meluncurkan beberapa seri baru coloring book dalam waktu dekat! Sempat kepoin TL-nya, kayanya mau ngangkat motif batik juga. Asik, asiiik. Buat kamu yang belum pernah atau tahu asiknya mewarnai buku coloring for adult ini, cobain, deh. Buat saya di rumah malah jadi kegiatan bareng anak yang menyenangkan sekaligus bikin santai banget. Rumah nggak berantakan, anak-anak nggak ribut berantem rebutan henpon dan Mama bahagia warna-warnain. Hihihi.



Mbak Dhani Pratiknyo yang sekarang lagi asik mewarnai buku Mysterious Mandala ini berbagi kesan tentang buku ini, "Gambarnya besar besar, belum ada yang mengeluarkan seri mandala sebelumnya.Trus motif motifnya orisinil, nggak nyontek dari buku buku sebelumnya." 

Salah satu hasil mewarnai Mbak Dhani di buku Mysterious Mandala

Kalau kesan saya, hampir sama. Saya sangat apresiatif dengan pekerjaan seni yang njelimet macam ini. Dan saat mewarnai, hampir semua alat mewarnai saya coba. Tapi akhirnya memang saya lebih memilih memakai crayon plastik milik Nana ketimbang pakai spidol. Warna spidol yang intens membuat garis pinggir pola tertutup, dan saya nggak rela. Hahaha. Intinya, ini asik banget! Menutup wawancaranya, Mas Bambang kasih hadiah doodle keren buat Emak Gaoel. Huaaa, makasih ya, Mas! semoga sukses untuk buku-buku selanjutnya. 

Doodle Mas Bambang untuk Blog Emak Gaoel! Keren!

17 komentar:

  1. aku suka, aku sukaaaa. XD
    Aku juga baru aja ngepost tentang Coloring Book for Adults. Kalau aku versinya pakai ngimpi dulu beli pensil 105 warna dengan 10 ribu saja.. Bahahaha (betewe komentar di atas Radar Jemberet itu aku. >.< Aku lupa ganti akun pakai komputer kantor trus asal komen aja di siniiihhh, Maap emak.. hihi)

    BalasHapus
  2. Mas bambang kompasiana? Si dalang itu? Ya Allah, hebat ya hasilnya mbak.. Errr.. Aku jadi penasaran. Kapan2 pesan. Kmrn kadung beli coloring karang yg lain sih

    BalasHapus
  3. Buku Coloring For adultku malah belum dateng2 mak. Padahal tangan udah gatel pengen Colaborasi warna.
    Aku mesti beli yang Mysterious Mandalas nih mak.
    Thanks mak infonya.

    BalasHapus
  4. perkenalkan, saya salah satu penggila mewarnai yang gambarnya numpang di mari. Aku nunggu buku batiknya yak dik Bambang...

    BalasHapus
  5. Wiih bukunya kece banget. Jadi pingin ikutan mewarnai. ;D

    BalasHapus
  6. Aku belum terketuk hatinya untuk mulai mewarnai, tapi mulai gatel pengen bikin lettering. :3

    BalasHapus
  7. Gara-gara lu sih, Mak, pamer lettering molo.

    BalasHapus
  8. sukaaaa, bagus banget ya gambarnya detail sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lihat gambarnya bagus sekali...suka...tpi kalau suruh mewarnai sy paling ndak bisa :D

      Hapus
  9. aku penasaran, itu crayon apa mak?

    Usul : gunakan pensil warna Faber castell yang water color

    BalasHapus
  10. haduh, urusan warna mewarnai, saya paling ndak terampil :D

    BalasHapus
  11. Menarik juga nih Mbak buku untuk relaksasi. Orang dewasa memang sesekali perlu untuk melakukan kegiatan ala anak-anak, agar bisa lebih rileks dan lepas dari rutinitas serta penatnya kehidupan.. tsah! :)

    Saya ikutin hasil karyanya Mbak Winda di IG. Boljug hasilnya.. :D

    BalasHapus
  12. aku juga suka banget mewarnai gini, apalagi kalau gambarnya bunga-bunga, cuma belom nemu waktunya aja buat ngerjain

    BalasHapus
  13. Aku juga sukaaaak! Sampai instal aplikasi coloring di gadget. Lumayan kalo lagi untuk nunggu, jadi ngga bengang-bengong lagi.

    BalasHapus
  14. Artikel dan info yg menarik. Trims. Perkenankan saya berbagi info undangan mewarnai Mandala di PIM minggu ini. Trims lagi....

    Kegiatan mewarnai untuk orang dewasa memang lagi ngetrend sekarang, apalagi banyak buku lokal soal mewarnai untuk orang dewasa yang beredar. Tetapi, mewarnai seperti apa yang bisa membawa manfaat bagi diri kita, terutama spiritualitasnya. Pastinya bukan asal mewarnai! Apa benar dengan hanya mewarnai kita semua bisa berubah lebih kalem, lebih fokus?


    Lalu ada apa dengan Mandala sampai-sampai kok dipilih secara khusus dalam kelas ini untuk diwarnai? Apa yang special dari Mandala? Apa benar kita punya stress berkurang, galau menghilang, pikiran tenang dan hati senang lewat kegiatan mewarnai Mandala ini?


    Jika mau tahu jawabannya, ikutan yuk.


    Lihat Link di Sini: https://www.facebook.com/events/169514876739674/


    Dalam kelas Mewarnai Mandala ini, peserta diberikan pemahaman mengenai Mandala, kegiatan mewarnai dan pengaruhnya serta tahapan mewarnai Mandala dengan baik. Peserta akan melakukan praktek langsung (75%) dan diberikan pemahamannya (20%) dengan cara pengajaran yang santai dan menyenangkan.


    Informasi lebih lanjut klik ke www.itasugito.weebly.com / +62 818 737 455 (Fransiska)


    #‎workshop‬ ‪#‎fun‬ ‪#‎adultcoloring‬ ‪#‎mandala‬ ‪#‎jakartaevent‬ ‪#‎kreatif‬ ‪#‎meditation‬ #mandalacoloring #ruangrekahadichitta #itamengajar #mewarnai #mewarnaiutkdewasa #kelasmewarnai‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬

    BalasHapus
  15. Wah, temanku juga lagi terkena demam seperti itu juga. Mak bertandang balik yooo

    BalasHapus
  16. ak ada ada Buku Enchanted Forest belum selesai2...
    Klo beli pensil2nya sih lumayan rajin :-D

    BalasHapus