Kamis, 02 Januari 2014

"Gorjes" With Kain Batik dan Tutorial Lilit Galembong

  45 comments    
categories: 
Assalamu'alaikum ....

Punya banyak teman di Facebook emang harus kuat mental dan maintain excitement. Karena kalau nggak gitu, bawaannya jadi nyinyir, gak suka liat kenarsisan orang dipajang di wall mereka. Untungnya, kadar excitement saya melimpah-ruah. Kalau ada teman yang pasang foto-foto baru, bukannya sebel, saya malah ikut-ikutan heboh. "Wuaa, asik yaa jalan-jalan keliling Eropaa! Aku juga mauuu!" atau "Mbaak, anak lo ganteng banget, kita jodohin aja apa biar bisa besanan?" atau "Mas, beli di mana tasnya? Kok keren? Aku juga mau, dong!". Hahahaha, seneng aja liat orang lain bahagia sama hidup mereka. Narsis dikit sah-sah aja, socmed emang tempatnya, kan? Sah!


Mbak Endah Sulwesi dengan kain batik Mega Mendung-nya (doc: Endah Sulwesi)

Terus, kenapa tiba-tiba saya ngomongin beginian? Karena sejak mulai jadi pecandu socmed, saya jadi kenal beberapa teman yang ternyata suka banget kemana-mana pakai kain batik. Buat orang yang seumur hidup ngeliat kain batik cuma buat nutupin badan pas pijet sama nutupin jenazah (:|), pas liat ada yang bisa ke berbagai acara dengan kain batik dililit-lilit saya kagum juga. Eh lho, kece juga ternyata.


Sebutlah Bang Kurnia Effendi, penulis terkenal yang ternyata adalah fans-nya Magali, tokoh di novel saya Macaroon Love (GR dikit boleh, dong! Claim aja sepuasnya!). Beliau ternyata pecinta kain batik tingkat akut. Hihihihi. Setiap foto yang dipasangnya di FB, lengkap dengan informasi jenis kain dan nama batiknya. Wow! Liat perempuan pakai kain batik dililit jaman sekarang aja saya jarang, apalagi laki-laki. Dan gayanya Bang Kurnia ini asik banget kalau udah pakai kain batik. Santai tapi nggak slebor. Elegan tapi casual. Apalagi kalau udah ditambah dengan aksen scarf batik melilit di leher. Ciamiklah pokoknya. 

Kurnia Effendi dengan kain Sekar Jagad Lawasan (doc: Kurnia Effendi)

Beberapa hari yang lalu, sahabat saya, Mbak Endah Raharjo, posting serial foto tutorial memakai kain batik di akun Facebook-nya. Saya jadi makin tertarik untuk mencoba. Mbak Endah menjelaskan kalau cara lilit seperti yang digambarkan melalui foto-foto tersebut namanya Lilit Galembong. Saya nggak tahu lho kalau jenis lilitannya juga ada nama-namanya. Hadooh! Gak gaol lo, mak! Iseng sambil ngarep, saya bilang ke Mbak Endah, "Ih, pengen deh nyobain pake kain batik. Tapi aku nggak punya kain batik ..." sambil pasang muka memelas. Wekekekek ... modus banget! Ealaah, modus bersambut! Nggak cuma gayung doang yang bisa bersambut ternyata. :D

Mbak Endah Raharjo siap tahun baruan dengan kain batiknya :D (doc: Endah Raharjo)

Mbak Endah langsung ngenalin saya dengan sahabatnya yang bernama Mbak Endah Sulwesi, pemilik Online Shop Batik Menisae. Saya langsung disuruh pilih salah satu kain batik motif mega mendung di sana. Dan taraaa! Tiga hari kemudian kain mega mendung cantik berwarna biru tua yang saya mau tiba di rumah. Woohoo! Nggak sabar mau cobain pake gaya Lilit Galembong yang sering dipakai oleh Bang Kurnia dan Mbak Endah Raharjo. 

Akhirnya saya ngerasain juga jalan-jalan ke mall pakai kain batik dililit. Enak! Adeeem! Cuma saya rada ribet pas mau ke toilet, mau pipis. Hihihihi. Mungkin karena belum terbiasa aja kali, ya! Karena katanya Mbak Endah Sulwesi dan Mak Dina Begum, sih harusnya nggak susah-susah amat. Ada triknya biar nggak rempong ke toilet pas lagi pakai kain batik. 

Emak Gaoel baru belajar pake kain batik. Cakep kan Mega Mendung biruku! ^_^

Intinya, saya jadi jatuh cintaaa sama kain batik dan pengen lebih sering lagi pakai batik ke berbagai acara, biar makin ngendonesah, gitu! Sapa tau, ada yang nawarin jadi model iklan atau jadi bakul batik. Ah, pokonya mah, tahun 2014 saya mau agak menggeser gaya fashion saya yang gitu-gitu aja dari tahun ke tahun, biar agak lebih etnik, nyentrik, ciamik, klenik gitulah! Bebas mak, bebaaas!

Berikut ini tutorial Lilit Galembong dari Mbak Endah Raharjo. Selamat mencoba! :D


Ikat ujung kain pertama ke belakang pinggang

Biarkan ujung lainnya tergerai di depan

Ambil ujung yang tergerai di depan, masukkan ke selah kaki, ke arah belakang

Tarik dari arah belakang ujung kain tersebut sampai menuju pinggang

Ikat melingkari pinggang

Ini hasilnya! Lilit Galembong! Gampang, kan? :D

Gak ribet buat berjalan juga, kok!
 

45 komentar:

  1. Terimakasih, Informasi tentang motif batinya menarik.

    BalasHapus
  2. Mak gaoel, mau dong toturialnya....

    BalasHapus
  3. yaaay...viva batik dan kain tradisional indonesia :D..aku sering pake kemana-mana mak, termasuk lagi sidang dan meeting formal :D...ada beberapa yang memang udah dijahit langsung sih, lebih simple..tapi lilit-lipit a la tutorial kayaknya seru juga :D...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, seru ya mak...aku juga mau mulai sering2 pakai kain2 tradisional gini ah mak...:D

      Hapus
  4. cantik mbak kain batiknya, bisa juga dibaut modis ya jalam sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak lidya...motif batiknya cantik2 banget..:D

      Hapus
  5. Gampang kalau mau perdamaian (peace ~ piss) saat memakai galembong. Tinggal melangkahkan satu kaki kaki sehingga kedua kaki berada di satu "lubang kaki" selebihnya silakan teruskan sendiri. Gampang kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, iya mak..aku baru praktekkin kemaren...wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  6. Aku ada dri ibu mertua...coba ah model kyk mnk endah hihi

    BalasHapus
  7. aku tiap hari ngantor pake Batik Mak... membebaskan diri dari blazer formal yang kurang nyaman hehehehhehehhe

    BalasHapus
  8. Aaahh... Gw juga suka lilitan batik. Gimana kalo KF nanti ada acara pakenya kaos putih logo KF dan bawahnya batik2 lilit gitu ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi! yoi! yoi! acaranya belum tau apaan, tapi yg penting udah tau kostumnya..nyahahahahaaa

      Hapus
  9. itu pake daleman tapikan mak kan? kalo iketannya melorot apa kabar mak? semriwing badai ye mak ye? buat pecicilan aman mak? buat manjat manjat pohon gitu? aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. heu euh..yaelah banget komen si pungky...tante tiri aja yg jawab gih...aku males...-_-

      Hapus
  10. bisa buat di rumah nih, kalo lg males pake clana.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihihi, iya...asal jangan lupa pake daleman...soalnya kalau duduk suka kebuka sampe sampang paha keliatan..:D

      Hapus
  11. mak, aku juga suka batik. malah disupport suami utk beli gaun-gaun batik (bukan daster loh ya :p)
    tapi kalo pake kain/gelembong gitu belom berani..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, suamimu pengertian sekali. kalau dibeliin kain batik nitip satu buat aku dong... #eh...:)))

      Hapus
  12. Must have items deh bg org2 ditempatku tp yg pake sarung batik biasanya cewek yg cowok sarung tenun, kadang emak2 atau gadis yg mandi didungai pake sarung batik gt jg dililit hingga dada :D lilit gelembongan itu mirip harem pants ah suka ribet jalan jd kyk pinguin sukanya kain batik dibikin rok mekar aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, kalau di beberapa daerah masih umum pake kain begini ya mak...
      tapi pas aku cobain ternyata gak ribet2 amat lho mak, bener deh...:D

      Hapus
  13. Waah, lucunyaa...
    Tapi kalau aku, kayanya males pakenya.. ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain deh sekali-sekali ,mbak...biar ada perubahan aja dikit...:D

      Hapus
  14. Sebenernya nggak ribet2 amat ya kalau cuma diiket, trus dibalik, trus diiket lagi. Kalau pipis ya copot aja Mak, daripada kebasahan. :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, iya...pas udah dicoba-coba ternyata nggak ribet lho..:D

      Hapus
    2. Tapi kalo pas mau pipis harus copot2 juga kan malah ribet mak.
      Belum lagi ntar makenya lagi di dalam toilet.
      Gimana sih triknya biar gak ribet pas mau dan selesai pipis saat pake lilit galembong itu?

      Hapus
  15. kebanyakan emak-emak suka pake batik kayaknya mak, terutama daster batik hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, daster batik emang favoritku mak..adem nyeeesss...gampang diplorotin pula.. #eh :)))

      Hapus
  16. Oh, baru tahu Mbak Endah Sulwesi di sini. Kalo Pak Kef sih emang udah kesohor ya Mbak, hehe. Cerpennya bertebaran di media massa dan banyak buku. Puisi-puisinya saya sgt suka: padat dan iramanya terjaga. Tahun 2009 sy beruntung pulang bawa satu buku pak Kef dari acara peluncuran buku temen di Cipete.
    --*maaf OOT--*


    Oh iya, Lilit Galembong itu apa cuma buat kaum hawa, Mak? Saya pengen juga tuh pakai lilit kayak gitu dengan motif batik tp yg lebih gelap dan halus warnanya. Kayak Sujiwo Tedjo gitu tuh, apa ya namanya? Pernah juga ikutan seminar guru-guru di UIN eh ada satu peserta (agak sepuh) pake busana nyentrik banget kayak seniman--ya model sarung begitu, tapi bagus tenan. Mau dong dikasih bocorannya :D (sekalian batiknya juga ga nolak Mbak--

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak kook....itu Bang KeF sering ke mana-mana pake lilit galembong. Keren-keren aja. Malah nyentrik. Beda sendiri. :D

      Hapus
  17. eh, mumpung ada ide komentar, saya komen lagi ya Mak. Saya juga penyuka batik tulen. Hari ini pun saya ke ciputat pake kemeja batik walupun bukan pekerja kantoran. Padahal cuma ketemu temen buat antar barang hehe. sampe temn itu juga heran, haha. Akhir pekan sama tengah pekan biasanya berbatik ria. Apalagi setelah dapet hadiah batik dari GA, hehe. Jadi makin semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga gak nolak lho kalo dikasih batik... #eh :)))

      Hapus
  18. Waaah baru tau batik diikat ala harem pants itu namanya lilit galembong :D
    Nice inpoh Maak...
    Harus memberdayakan pake batik nih, sahabatnya ibu mertua ada yang keukeuh pake batik kemanapun, bahkan ke mall pun pake kain jarik batik... Hebaaat

    BalasHapus
  19. Tutorial melilitkan bawahan batiknya bagus plus dilengkapi gambar jadi lebih gampang memahaminya. Makin banyak aja kreasi batik yang bisa kita lakukan. Kemudian, lilit galembong itu bahasa mana ya?

    BalasHapus