Selasa, 28 Januari 2014

Nyebut Merek di Socmed = Buzzer?

  34 comments    
categories: 
Assalamu'alaikum, semuaaah! 

So ... udah tau kan "anak tiri" saya yang kejam terpilih jadi salah satu Finalis 50 Besar Srikandi Blogger 2014? Do'ain ya, biar lolos tahap selanjutnya, soalnya katanya dia mau traktir makan es krim sampe pingsan kalau menang. 

Kemaren si "anak tiri" yang tidak boleh disebut namanya (semacam Voldemort) sibuk banget campaign, supaya profilnya banyak dikenal sama member KEB (penyelenggara Srikandi Blogger). Saya dengan sukarela dan tanpa dipaksa (juga tanpa dibayar) nyemplung jadi timses-nya. Kalau bahasa anak socmednya sih, ekeh nge-buzzerin dese. Tapi ya, namanya buzzer bukannya dapet bayaran, ya? #lirikVoldemort

Image from http://www.keepcalm-o-matic.co.uk/p/keep-calm-and-get-paid-51/

 Ngomongin buzzer-buzzer-an, jadi inget kemaren saya nyebut merek biskuit di TL. Abis itu dapet mention "tuduhan", "Cieee, baserin biskuit, yaaa?" Duileeee! Ostosmastis gitu kalo hari gini nyebut merek pasti buzzer? Emangnya nggak boleee muji tanpa pamrih? Akyu kan tulus ... hanya memuji. Kuakui, tubuhku melunglai, sempat kumemuji dalam hatikuuuw ... #nyanyikbarengShanty 


Alhamdulillaah yah, sejak setahun yang lalu saya lumayan aktif juga jadi buzzer, walaupun yah masih dalam skala ecek-eceklah bayarannya. Kadang dibayar pake produk, kadang dibayar pake senyum, kadang dibayar pake air mata. Ah, saya mah yang penting happy ajalah ... Selama yang saya koar-koarin itu sesuai sama profil dan hati nurani, nggak dibayar pun saya mau. Tapi kalau dibayar lebih mau lagi. #yaeyyalah

Sampai beberapa bulan yang lalu, saya masih mikir kalau kerjaan baser-baseran saya ini cuma kerjaan lucu-lucuan aja, ketimbang ngoceh di socmed gak ada hasil selain dosa gara-gara ghibahin orang. Tau-tau, entah dari mana datangnya, e-mail permintaan kerja sama masuk bertubi-tubi ke inbox saya. Segala ditanyain rate card. Saya bingung nentuin harga, karena selama ini kalau pun dibayar ya masih pake produk. Gugel sana sini, akhirnya saya dapat contekan bocoran formula rate card ini di blognya Mas Harrismaul. Memang dikatakan bukan standard mutlak sih, tapi bisa dikira-kira dari formula itu. Setelah ngitung rate card sendiri, saya malah takjub. Serius lho, angkanya segitu? Darn! Kenapa nggak dari dulu aja gue jadi buzzer, yak? Tapi kan, dulu nggak ada yang nawariiin! :')

Image from http://founderfly.com/portfolio-items/press-send-get-paid/

Berpedoman dengan hasil hitungan rate card saya itu, saya beranikan diri untuk menjawab beberapa tawaran kerja sama itu. Pikir saya, kalau ditolak ya udah, bukan rejeki. Kali aja mereka nganggep, "Cih! Ngasih harga tinggi amat! Siapa elu, sih?" Heuheueheu. Karena terus terang saya no clue banget kalau disuruh pasang tarif. Syukur-syukur kalau mereka mau nawar, malah enak buat saya. Jadi saya tahu kalau rate yang saya kasih (mungkin) ketinggian. 

Subhanallaah, tawaran rate saya langsung disetujui aja, gitu. Wah, happy, dong! Tapi kerjaannya juga nggak gampang. Ada yang minta ngetwit beberapa kali seminggu dengan hestek kempen mereka. Ada yang minta saya cobain dulu produk mereka, lalu bikin postingan, lalu diumbar-umbar di socmed. Ada yang maunya saya bikin draft rapi dulu, serahin ke mereka, lalu tunggu diapprove dulu baru boleh posting. Pokoknya ya sesuai kesepakatan aja, permintaannya bisa beda-beda. 

Itu sih sharing dikit aja seputar ocehan saya di socmed dan blog yang ada aja yang mau bayar. Kembali ke topik, tuduhan ngebuzz karena saya sebut merek secara random. Eugh, agak sedih, sewot dan sebel aja. Satu, ya kenyataannya saya nggak ngebuzzerin itu merek, cuma mau nyebutin aja dalam konteks topik yang lagi saya angkat waktu itu. Kedua, dituduh ngebuzz, berarti dituduh saya dapet bayaran. Kenyataannyaa? Kan nggaak. :( Ketiga, jadi merasa insecure sendiri tiap mau ngetwit sesuatu (yang bukan nge-buzz) dan nyebut merek apa gitu. Ntar kena tuduh lagi. Ya gapapa sih, cuma dituduh becanda-becanda doang sama temen-temen. Sebenernya nggak segitu ngeselinnya, cuma saya jadi penasaran, emang nggak boleh ya nyebut merek sekarang ini tanpa embel-embel "kamu dibayar ya sama perusahaannya?". Eeerrrr ... saya nggak setujuh! Atau pun sedelapan, apalagi sesembilan! #apadehmak

Maka dengan ini, saya mau kempen gratis, nyebut merek makanan favorit saya di sini! Saya nggak merasa rugi, karena emang kenyataannya saya suka sama produknya. ^_^ Siapa tau, yang lain jadi terinspirasi ... buat beli. Yang untung bukan saya emang, tapi bisa "ngmporin" orang juga udah jadi kepuasan tersendiri buat saya. Wkwkwkwk.

1.  Malkist Crackers Roma
Gara-gara ngetwit, "celup-celupin malkist roma ke teh manis anget," ini nih, kemaren dimention, pada curiga saya lagi nge-buzz. Padahal, dari kecil emang saya doyan banget nyelupin biskuit ini ke teh manis anget. Kalo biskuitnya udah agak lumak, trus dimakan deh sambil sruput-sruput teh manisnya. Nyaaammm! Swerr, enak banget! Apalagi kalo lagi ujan-ujan. Wuiiihhh!


2. Good Day Mocacinno
Kopi endang bambaaang surendaaaaang, people! Rasanya paling pas buat saya. Nggak kemanisan, nggak kepahitan, nggak ke-eneg-an. Pokoknya pas. Kalau nggak inget maag, mau deh saya minum kayak aer putih. -_-


3. Sambal Terasi ABC
Yang satu ini penyelamat waktu harga cabe mulai naik gila-gilaan. Apalagi buat emak yang males ngulek kayak saya, cucok! Hahahaha! Cuma ya, nggak mau banyak-banyak juga sih, soalnya kan pake pengawet makanan beginian. Sekali-sekali bolehlah.


4. Bumbu Racik Nasi Goreng Spesial Indofood
Yang ini persis, ya! Bukan yang varian rasa lain. Soalnya rasa bumbunya kayak ada rasa-rasa gosong gitu. Asik. Hahahaha! Btw, keliatan banget ya, kesukaan saya itu berkaitan erat dengan kemalasan saya masak. :|


So, there! Saya nyebut merek. Nggak dibayar. *komat-kamit semoga diliat sama produsennya terus diajak jadi bintang iklan, dibayar pake mobil atau naik haji* Laaah? :))))

34 komentar:

  1. Maaak... itu beneran tukang buzzer tuh enak ya Mak? Mau ikyut juga ahh *kali2 ada yg ngasih hadiah rumah gt* :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak pas dapet bayarannya mak...(yaiyyalah) wkwkwkwk
      anggep aja kayak kerja...kalau menikmati kerjaan, gk berasa kayak kerja... :D

      Hapus
  2. kalau pengen naik haji sebutin merek bubur maaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ogah, ntar gak pulang2 kayak haji sulam...atau dimusuhin sama haji muhidin, dua kali naik haji...wkwkwkwkwk

      Hapus
  3. ooh, gitu ya? saya malah baru tahu yang namanya buzzer disini, mak, hehe .... *bener2kudetya! Nah gambar 1 &2 apa tuh? Punteen banyak tanya, emang gak tahu. Semoga banjirnya sudah surut ya, mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi gapapa mak..saya juga sering kudet...cabe-cabean apaan aja gak ngerti...:')))
      gambar 1 dan 2 itu cuma ilustrasi aja kok.. :D

      Hapus
  4. saya suka semua ituh mak.
    saya sih ga pelit pujian. kalo suka suatu produk ya sebut merk. kasih gambar juga oke-oke saja. wong memang suka, ya suka aja. hehe
    salut buatmu mak, sudah bisa dibayar kalo nge-buzz. saya belum pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau suka ya sebut aja ya...:)
      ah aku mah dibayar pake apa aja mau kok mak, asal produknya cocok... #gampangan wakakakakkk

      Hapus
  5. Mak, kl dibayar pake mobil, aku boleh nebeng yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh...sekalian nyetirin aku ke tanahabang juga boleh... :)))

      Hapus
  6. Kalo yang aku tangkep sih, karena dirimu suka jadi buzzer, jadi kalo nyebut merek padahal ga jadi buzzer merek tersebut, dikira dibayar. :D

    Btw, itu, anu, aku juga suka sambel terasi ABC. Aku bawa ke mariiiii. Banyaaaak. Menyelamatkan aku karena di sini susah sekali cabe merah.

    Itu juga, roma malkist. Di sini ada looohh. Anak2ku sukak! Aku juga sukak. Duh, jadi kepengen beli deh. -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, bisa jadi ya mak...tapi sebenernya sering2 banget ngebuzzer juga nggak sih aku..seringnya ngoceh aneh2 aja di twitter...wkwkwkwk

      wiiih, ntar kalo balik ke sini borong sambelnya lagi maaak.... :')

      Hapus
  7. wah btw itu jadi buzzer gimana caranya bu? lumayan tuh buat kerja sampingan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, aku juga gk tau kalau gimana caranya...lah, tiba2 aja ada yg nanyain ke email..tapi nanti aku share pengalamanku aja deh di postingan lain ya.. :D

      Hapus
  8. kalo aku yang nyebut nama merk di twitter kayanya ga akan dibilang buzzer mak, secara followersku ga adaaan :p hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo lebih aktif, biar follower nambah..sering2 share hal yg bermanfaat...kalau aku seringnya share tips nulis... :D

      Hapus
  9. saya juga sukak ma malkist roma mbak :) satu lagi ma sari gandum. sekeluarga seneng banget dech! :)

    BalasHapus
  10. hihi, yaa berarti mak Winda terkenal seorang Buzzer, jadi tiap nyebut merk dikiranya lagi iklan :p

    BalasHapus
  11. artikel menarik bagi seorang kreb minded mak......pengen jadi buzzer juga...

    BalasHapus
  12. Wih itu Good Day Moccacino, sejak asik geboy ngeblog, jadi doyan tuh minuman. *gagal fokus, ga?*
    Gimana sih caranya enjoy ngetwit, mak? Aku mah ga rajin mantengin. *jangan toyor aku di twitter, ya, mak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, kopinya enyaaak...:D

      ya enjoy aja...hahaha...follow orang2 yg twitnya menarik dulu aja..supaya betah, nanti kalau udah betah biasanya langsung bawel sendiri...wkwkwkwk

      Hapus
  13. anak tirinya gak boleh disebut ya mbak, hehehe tapi aku tau deh :)

    BalasHapus
  14. Cie cie cie jadi buser nih ye *digampar*
    Btw, gue juga suka sambel terasi ABC itu, bukan apa-apa, males ngulek :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. dadah dadah miss universe.... :))))
      toss yg males ngulek...mending ngulek suami ya mak... #eh :)))

      Hapus
  15. sambel ABC,suka bangetttt....cappucino,demennn...biskuit roma,enak enak enak.... ^_^

    BalasHapus
  16. kalau bayarannya segitu, harusnya saya lebih rajin main twitter :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, ayo dirintis...harus rajin dulu, baru ada yg mau bayar..bukan ada yg mau bayar dulu baru rajin mainan twitter...:)))

      Hapus
  17. haduh jadi pingin makan malkist sama teh anget juga mak :D

    BalasHapus
  18. Dulu waktu awal2 ngeblog sama sekali ga paham dengan istilah buzzer, jadi santai2 aja publish merek di postingan. Sekali sekarang baru tahu ternyata buzzer itu seperti apa dan bisa dibayar. :-)

    BalasHapus