Jumat, 31 Januari 2014

[Swap Blog] Makanan Favorit Sepanjang Masa

  8 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum ....

Tamu Swap Blog saya kali ini adalah blogger kondang pemilik blog Honeylizious (Let's Eat and Travel with Rohani Syawaliah). Hani mau share tentang makanan favoritnya di sini. Yang mau tau makanan favorit saya, silakan ke blog-nya Hani. Silakan disimak ... :D

***
Sejak dulu sampai sekarang kalau ditanya jawabannya akan selalu sama. Karena makanan ini bisa saya makan tanpa tambahan lauk atau sayuran yang lain. Oh iya lupa, barangkali ada yang belum mengenal saya di sini. Nama saya Rohani Syawaliah. Biasanya dipanggil Hani. Pemilik blog Honeylizious.com. Seorang ibu rumah tangga biasa sekarang yang kerjaannya di rumah menulis untuk blognya. Cukup perkenalannya kita langsung ke makanan favorit saya tersebut. Saya sudah pernah menceritakannya di blog saya sendiri. Kali ini saya akan mengulangi cerita tersebut dengan versi yang berbeda.
Pacri nanas

Namanya Pacri Nanas. Tak banyak daerah di Indonesia memang yang punya makanan khas buah-buahan yang dijadikan sayuran dengan kuah yang kental dan penuh bumbu. Pacri Nanas sejak dulu sangat saya sukai. Saking sukanya saya bisa makan pacri nanas dengan nasi. Tak perlu tambahan yang lain. Setelah menimbang-nimbang antara pacri nanas, tempoyak, dan bubur paddas. Memang tetap pacri nanas yang selalu di hati.

Apalagi jika pacri nanas itu buatan Uwan (nenek) saya di kampung yang sejak dulu suka membuat pacri nanas. Tidak hanya dihari-hari besar tetapi hari-hari biasa kadang masakan ini ada di rumah kami di Jawai sana. Banyak yang mengenal pacri nanas sebagai makanan khas Pontianak. Sebenarnya lebih tepat disebut makanan khas Kalimantan Barat. Sebab beberapa wilayah punya pacri nanas versi mereka masing-masing.

Menuliskan ini membayangkan saya duduk di rumah Uwan bersama keluarga kami di kampung. Ada redang, sejenis nampan besar untuk meletakkan lauk pauk saat makan besaprah, lalu semuanya akan duduk bersila mengelilingi makanan yang disediakan tersebut. Makannya dapat dipastikan menggunakan tangan dan piring. Nasi hangat yang masih mengepul dan harum baunya. Lalu kuah pacri nanas yang kental. Potongan buah nanas yang sudah penuh bumbu. Membuat selera makan saya naik seketika.

Kalau sudah ada pacri nanas apa pun lauk di redang sana sudah tak menjadi pikiran lagi. Selama ada pacri nanas, nasi di dalam piring akan habis tak bersisa. Ini makanan favoritku. Bagaimana dengan makanan favoritmu?

8 komentar:

  1. Kalo aku makanan favoritku tetep rendang =D

    BalasHapus
  2. G pernh bisa komen di blognya honeylizious...susah bgt.jd bc aja hbs itu plg.. :(
    Mknn fav nasi padang ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm kenapa ya mak? mari kita tanya Hani :(
      nasi padang juga aku sukaaa..:D

      Hapus
  3. Iya aku juga pernah mo komen di blog Hani ngga bisa, belom pernah makan Pacri nanas, baru tahu malah ada makanan ini :)

    BalasHapus
  4. Baru tau ada bumbunya. Tapi kalo di Kalimantan emang biasa aja maem nanas pake nasi.

    BalasHapus
  5. wiih masakan Favoritnya ngeri bangettt... mauuuuu

    BalasHapus