Sabtu, 19 Juni 2010

Am I A Good Mom?

  2 comments    
Psst...ini hanya antara kita aja ya...Jangan dibawa-bawa keluar dari sini, please!
Khusus buat para mommy out there, pernah ngerasa gak kalo kamu tuh bukan ibu yang baik buat anak-anak? Kok gw sering gitu ya?
Pas anak sakit, ngerasa kalo gw tuh gak becus banget ngurusin mereka. Gak bener ngasih makannya. Gak bisa jaga kebersihannya. Gak merhatiin gizinya. Dan lain-lain...Dan lain-lain...
Pas anak nilainya gak bagus di sekolah, ngerasa kalo gw tuh gak bisa ngajarin anak di rumah. Gak bener ngatur jadwalnya. Gak bisa membujuk anak supaya senang belajar. Dan lain-lain...Dan lain-lain...
Suka nelongso sendiri gak sih kalo udah gitu? Kok gw iya ya? Gw suka mikir sendiri, kalau Tuhan ngasih gw anak untuk dididik dan dibesarkan, kan berarti Dia nganggep gw mampu untuk melakukannya? Bukannya kita nggak akan diberikan sesuatu yang di luar batas kemampuan kita? Ya kan? Tapi kenapa ya, dealing with kids, seringnya gw ngerasa bego banget! Terutama ya itu tadi, pas anak sakit sama pas anak lagi males belajar. Huhuhuueee....
Mikir-mikir sendiri, jadi inget sama sebuah ucapan (lupa dari siapa). Katanya, anak itu sebenarnya adalah ujian untuk para orang tuanya. Tadinya gw gak mudeng-mudeng amat, ujian gimana? Lha wong, girangnya setengah mati pas dikaruniai anak sama Yang Di Atas sana. Rasanya sih kebanyakan kita akan menganggap anak adalah anugerah dan rizki yang tak terhingga. Ya kan? Gw juga ngerasanya gitu. Tapi setelah gw pikir-pikir lagi, ternyata emang bener kalimat itu kayaknya.
Anak itu adalah ujian. Ujian bagi orang tuanya untuk menunjukkan kemampuannya menjaga titipanNya. Ujian pembuktian diri sampai sejauh mana kita bisa menghadapi tantangan. Dan yang paling berasa nih, ujian untuk menjadi manusia yang lebih sabar, toleran, penuh pengertian dan kasih sayang.
Jadi seorang ibu itu nggak gampang. Semua orang tahu itu. Bahkan para suami, dengan maksud mungkin untuk membujuk-bujuk para istri supaya gak mogok ngurusin anak, juga mengakui hal itu. Hehehe...Maaf ya para suami, gw cuma becanda. Yang pasti nih, kaum lelaki juga pasti mengakui kalau menjadi seorang Ibu itu bukan perkara mudah dan sederhana. Gak akan ada yang sanggup menggantikan peran seorang Ibu dalam sebuah rumah tangga. Dan laki-laki, kalau gw perhatiin, memang akan selalu mengagumi sosok seorang Ibu, terutama Ibunya sendiri. Ya iya dong! Masa ya iyalah? ^_^
Ini nggak bisa dipungkiri juga karena seorang anak itu, terutama laki-laki, akan selalu mencari sosok yang bisa melindunginya setiap saat. Umumnya kan Ibu yang selalu ada di samping anak mereka. Ayah sudah sibuk kerja cari nafkah di luar. Sampai rumah udah capek, plis dong Mah, kamu ngerti dikit, gitu kata si Ayah. Iya deeeh, kamunya capek cari uang. Kalo gitu kamu mau gak tuker tempat sama aku? Aku yang cari uang, trus kamu yang jaga anak-anak di rumah?
Wahahahaaaa...bisa dipastikan si Ayah akan menggeleng keras dan ngelooyor. Takut diuber. Wwkwkwkwk...Maaf lagi ya, para Ayah. Ini bukan mengecilkan peran sebagai Ayah lho. Gw cuma mau memberikan gambaran, betapa 'riwehnya' menjadi seorang Ibu. Gak usah dibahas dari keribetan mengurus keperluan ini itu dan tetek bengek anak-anak. Itu mah teknis. Tapi gw lebih concern ke masalah perasaan ini. Ya itu, balik lagi ke awal...Kenapa ya suka ngerasa kalo gw ini bukan Ibu yang baik buat anak-anak? Terutama pada saat mereka sakit?
Ah ya, walaupun sampai sekarang gw belum juga bisa menemukan jawaban yang pasti atas pertanyaan ini, gw tetep gak mau gara-gara ini gw jadi manyun and putus asa. Hey. life goes on! Kids will grow up, with or without you. Selama gw masih ada di dekat mereka, mendingan gw pastikan aja kalau mereka mendapatkan yang terbaik dari yang terbaik bisa gw kasih ke mereka. Masalah gw minder karena ngerasa belum cukup baik untuk mereka? Ya biar deh perasaan gw ini jadi pemicu untuk terus belajar jadi Ibu yang terbaik menurut standard gw sendiri.

PS : Dalam rangka belajar ngoceh kaya si Indah. Wkwkwkwk...kayanya gatot neh!

2 komentar:

  1. Hehehee.. untuk menjawab pertanyaan judul postingan elo ini ya, Winda.. (yang sebenernya gua yakin cuman pertanyaan retoris aja yang artinya ya kaga perlu dijawab juga, wakakakak :p tapi berhubung lagi iseng malam2 menjelang tidur, jadii gua komenin juga dhe, hihihi)..

    Coba tolong.. kasih definisi duluu.. ibu yang "baik" itu yang seperti apa seehh? Karena definisi tiap orang khan beda, ahahaha :p

    Kalo buat gua pribadii.. ibu yang "baik" itu adalah yang bisa membuat anaknya merasakan kasih sayangnya and bisa jadi tempat curhat buat anaknya dan menjadi tempat perlindungan dan tempat anaknya berlari mendekat ketika ia merasa seluruh dunia menolaknya (okayy.. itu hiperbola, ahahaha, mana mungkin sih seluruh dunia yang isinya sekian milyar manusia bakal nolak dia semuanya, karena khan yang tuh anak kenal aja belon tentu ada 1 milyar, wakakakak :p)..

    Tapii.. versi gua ama versi elo khan ngga musti sama, ahahaha.. karena rambut kita aja belon tentu sama hitamnya, apalagi isi kepalanya, ya toh? ;)

    Yang paling penting buat gua sih, karena gua baru pernah ngerasain posisi sebagai anak.. udah cukup kalo gua bisa merasakan bahwa nyokap gua sayang ama gua, walaupun nyokap juga bukan tipe yang "telaten" kalo pas gua lagi sakit, ahahaha.. but I still love her very much *cupss*

    Btw, ahaha.. kenapa nih komen jadi panjang? *maap* :p

    BalasHapus
  2. udah cukup kalo gua bisa merasakan bahwa nyokap gua sayang ama gua, walaupun nyokap juga bukan tipe yang "telaten" kalo pas gua lagi sakit, ahahaha.. but I still love her very much *cupss*

    naaah...hahahaha, itu dia yg jadi pikiran gw, nyokap lo kira2 ngerasa kayak gw gak ya pas lo sakit? hihihihi...
    en baydeway, komen aja ngoceh lo...wkwkwkwkwk...bisa banget sih? hahahaaaaa.....

    BalasHapus