Minggu, 28 Oktober 2012

Nulis dan Ngeblog Mengantar Saya Ke Sini

  13 comments    
categories: ,
Ternyata kemaren itu hari Blogger Nasional, ya? Siapa yang mencanangkan, ya? Ah, siapa kek...pokoe sebagai blogger tak menentu saya ikutan rame-ramein aja. Hihihihihi....

Diitung-itung saya udah mulai ngeblog sejak tahun 2008. Dulu motivasinya bikin blog biar 'bakat' curhat di diary tersalurkan. Apalagi waktu itu pas banget abis ngelahirin si Safina. Jadi aja, suntuuk nggak bisa keluar rumah. Pengajian stop, arisan stop, shopping (continue stopping), makan di luar juga stop. Pokoknya bener-bener di dalem rumah, nggak kemana-mana. Ke pasar aja digantiin sama suami (dan keterusan sampe sekarang). Wkwkwkwk...


Dari mulai nulis di blog ini, saya nggak pernah mikir dulunya kalau sekarang ini saya malah bisa nerbitin buku. Sama sekali nggak mikir kalau nulis di blog bisa jadi penulis yang menerbitkan buku. Maksudnya, kayak penulis-penulis itu lho...J. K. Rowling, Sophie Kinsella, Clara Ng. Hihihihihi, asli dulu mah mikirnya nulis di sini emang cuma buat diary aja. Soalnya saking gapteknya, nggak ngerti juga kalau blog itu bisa dipromosiin ke Facebook (jaman dulu baru main Facebook doang, belum kenal Twitter dll). Jadi saya nganggepnya punya blog itu akan dibaca cuma sama orang yang nggak sengaja nemuin blog saya dari blog walking. Hahahaha.... Lah, copas link ke status aja saya baru ngerti beberapa tahun ini. Sumpeh ye, gaptek kok nggak nanggung-nanggung. Huahahahaaa! (Hush! Gaptek bangga!)


Dengan segala kegaptekan dan keculunan itu, saya tetap aja nulis di blog. Mau ada yang baca kek, mau nggak kek, pokoknya saya nulis. Satu hal yang pasti, saya konsisten nulis. Semua hal saya tulis di blog ini. Curhat sih mostly. Nggak kepikiran juga mau coba-coba nulis cerpen. Wuaaah! Jauuuh! Saya suka banget baca fiksi memang, tapi nyoba buat nulis fiksi waktu itu buat saya ya jadi sesuatu yang bukan buat saya aja. Bukan karena nggak mau, tapi karena mikir, "Lah, situ kan emak-emak... Gimana bisa jadi penulis novel?" Wakakakakkk, mikir kok cetek amat yak? *Silahkan digeplak*

Empat tahun berlalu *tsah!* dan sekarang blog ini malah punya 200-an followers. Wuaaah! Kok bisa? Kayanya hobi saya nyerocos di Facebook memberi kontribusi besar jadi blog saya juga dikenal sama teman-teman. Tapiii pengetahuan saya soal share link blog ini justru saya dapat dari G, teman main game Pet Society di Facebook jaman dulu Nguahahahaa... Jadi bisa dibilang turning point saya dari gamer ke blogger itu akibat perkenalan saya dengan si G ini. Wakakakakkkk...

Perlahan tapi pasti saya mulai ninggalin main game dan mulai serius nulis. Itu sekitar awal tahun 2010 atau akhir 2009.Saya mulai coba-coba nulis cerpen. Daaan, lagi-lagi si G 'ngeracunin' saya dengan statusnya yang bilang kalau dia mau nulis satu cerpen tiap minggu. Saya latah dan ikut-ikutan. G ngajak saya untuk gabung dengan blog keroyokan yang dia buat dengan teman-temannya yang lain. Dari situ juga saya baru paham kalau blog ituuu bisa ditulis sama banyak penulis. Jiahahahaa, gaptek nggak abis-abis. Saya sampe takjub-takjub waktu pertama kenalan sama seluk-beluk perbloggingan ini. Like, OMG, there's so much I can do here! Dan saya mulai merasakan semacam sensasi aneh yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Rasanya mirip-mirip waktu lagi naksir-naksiran jaman SMP, tapi kali ini lebih kuat lagi. Dan dari sana mulailah perjalanan menulis saya yang sesungguhnya.

Singkat kata, kalau saya nggak buat blog ini, mungkin sampai sekarang saya nggak akan pernah mulai menulis. Jangankan nulis cerpen atau novel, nulis diary aja belum tentu saya jabanin. Entah lagi ngapain saya sekarang ini kalau nggak punya blog dan nggak nulis. Mungkin saya lagi nongkrong di mall mana, ngabisin isi dompet, trus pulang sambil manyun. Wakakakakkkk...lah, abis gimana? Kerja nggak, ngurus anak juga kan nggak setiap saat. Apalagi anak-anak udah mulai gede-gede. Sesekali udah bisa ditinggal.

Kalau baca postingan awal saya di sini, rasanya pengen dihapus aja saking jeleknya. Tapi nggak mau ah, itu kan saksi perjalanan nulis saya. Harus disimpan. Ini juga enaknya punya kebiasaan mencatatkan segala kejadian dalam hidup. Kapan-kapan pengen flashback, mengingat kejadian pentingnya agak mudah, karena tercatat. Makanya tulislah, maka kamu akan selalu ingat! Hihihihihi...

Tahun ini adalah tahun ke-empat saya ngeblog. Sebuah novel sudah terbit, beberapa buku antologi juga telah hadir. Sebuah novel lagi akan terbit awal tahun 2013 nanti, insya Allah. Semua berawal dari menulis di blog. Dan sekarang saya mulai ngajak anak saya Fadhil (9 tahun) untuk mulai mau menulis. Membuatkan blog untuk dia saya lakukan agar dia mendapat sensasi ketertarikan yang mengasikkan ketimbang saya menyuruhnya menulis di buku. Mampir ke blog Fadhil juga yaaa... Namanya My Awesome Blog.  :)

Anyway, selamat hari blogger nasional, deh! Walaupun saya nggak tahu juga harus ngapain tapi at least sekarang saya jadi tahu ada satu hari dalam setahun untuk mengingat kembali perjalanan ngeblog saya di sini. Kayanya sih saya nggak bakalan berhenti nulis dan ngeblog, kecuali Tuhan berkata lain. ;)

Di bawah ini foto-foto ke mana saja saya sudah diantar oleh ngeblog dan menulis. Menerbitkan buku, mengelola blog menulis dengan teman-teman saya, jadi pembicara di workshop menulis, talkshow dan launching buku dan bertemu dengan beberapa orang terkenal (penulis sebagian besar). ^_^










13 komentar:

  1. salut mak, emang asik kok curhat di blog, ga bakal ada yg ngomel keberisikan. kalo ada yg komen nyinyir, tinggal diapus dan diblock. hehehe ...

    BalasHapus
  2. Ruri:
    wahahahaaa, bener itu....blog ibarat rumah sendiri...kalau ada yg mau ngerusuh, tinggal block aja...ngihihhhihi....

    BalasHapus
  3. wew... selamat hari blogger :D
    biar gaptek tapi bisa nerbitin buku :)))) I'm so proud of you ^_^
    and I'm glad I know you....... pelukkkksss...

    BalasHapus
  4. waw,....takjubbbb bener sama mba yang satu ini, mba windaaaa....pengen punya buku sendiri itu gmn ya?

    sedihnya saya juga gak pinter bikin cerita fiksi, masa nerbitin buku curhat keseharian yak *hikksss...

    BalasHapus
  5. ihhh,,si emak hebad euyy, prok prok prok yg rame buat emak. kapan dibagi gratis bukunya mak hehehhe

    BalasHapus
  6. moga2 mbak winda bisa jadi JK ROwlingnya Indonesia yang dikenal didunia ya

    BalasHapus
  7. Selamat Mbak.
    Wah jadi ngiri nih, kapan bisa ngikutin jejak mbak Winda ya

    BalasHapus
  8. Kyaaaa....kok cerita awalnya juga aku banget itu mbaaak! Empat tahun aja udah mantep gini si mbak! Aku juga gak pede mau nulis cerpen, baca ini jadi semangat deh! ^___^

    BalasHapus
  9. Red Carra:
    aaaak, peluk jugaaaak! Aku yang beruntung bisa knal sama dirimuuu....Kalau nggak ada dikau, blog anakku belum jadi-jadi kali sampai sekarang....hahahahaa...beruntungnyaaa punya temen pinter kayak mak Carol...uhuuuy...^_^

    IrmaSenja:
    Mbak Irmaaa, dirimu kan jago banget bikin puisi...itu kan bisa dbukukan...bisa terbitin sendirikook...fansmu kan banyaaak...pasti banyak yang mau beli buku kumpulan puisi Irma Senja...ihhiiy! ^_^

    mimi RaDiAl:
    hihihihihihi, makasih prok proknya ya mak...lah bukunya belum terbit, masih nanti maret, jadi belum ada yg bisa dibagi2...:)

    Ria:
    mariiii kita lanjuuuut, riii...:)

    Mbak Lidya:
    aamiin, mbaaak....semoga mbak lidya juga sukses teruuus...^_^

    Mas Agung Hariyadi:
    jieeeeh, padahal kan blogger aktif juga nh mas agung...ih ih...:)))

    Mayya:
    waahahahaaa, sama ya? Toss!!!
    ayolaaah, gk PD itu apaan sih? Kalau mau bisa nulis, ya langsung nulis...gitu aja kok...nanti kalau tulisannya udah jadi, baru bisa diliat di mana kurangnya...sip? ;)

    BalasHapus
  10. salam kenal mbak..gak sengaja nemu blog ini..inspiratif. pengen juga bisa buat buku..:)

    BalasHapus
  11. Mbak apa bisa postingan yang udah d post di blog, kemudian dijadikan buku.. ?

    Boleh atau tidak ya, udah pernah di post online dan dibukukan.

    Mohon saran dan jawabannya yah.. :)

    BalasHapus
  12. megasavithri:
    salam kenal juga...semoga bermanfaat...:)

    andrew:
    bisa doong...itu kan tulisan milik kita...jaman sekarang lebih mudah menerbitkan buku sendiri, walaupun ada byk hal yg harus dipertimbangkan sebelum menerbitkan buku sendiri, salah satunya yg penting adalah apakah karya kita sudah cukup baik (ini memang subyektif, tapi bisa minta pendapat orang2 yg kompeten di bidangnya)...

    BalasHapus