Kamis, 16 April 2015

Melatih Anak PD dan Terampil Berbicara dengan Membuat Home Video

  13 comments    
categories: , ,
Assalamu'alaikum.

Saya orangnya emang gemesin. Maksudnya, suka gemes sama orang. Eh Itu gemesan, ya? Beda tipislah, ya. Pokoknya, saya suka gemeeesss, terutama kalau sama anak-anak, nih. Apalagi anak sendiri. Apalagi kalau anaknya betingkah nyebelin. Wakakakak.

Salah satu yang suka bikin saya gemes sama anak-anak saya adalah mereka ini "jago kandang" banget. Di rumah aja, berani banget berdebat sama emaknya. Giliran di luar rumah, ketemu orang lain, mulut susah banget kebuka. Kadang cuma ditanya pertanyaan sederhana kayak, "Apa kabar?" mereka malah nunduk malu-malu dan gak jawab, coba! Hiiih, gemeeessss! Dulu saya sempet jadi ibu yang modelnya: kalo gak ada yang liat, pelototin bocah sambil ngasih kode, "Jawab dong kalo orang nanya!" dengan pandangan penuh ancaman dan tangan siap nyubit. (Mak, lo ibu kandung apa ibu boleh nemu di kandang monster, sih?). Huhuhuhu, iya. Saya mah jujur, pernah sempet jadi ibu yang model begitu. Da' saya mah apa atuh, hanya seorang mamah cantik seksi semlohay bersinar di bawah mentari pagi yang dulu demen amat sama yang namanya pencitraan demi mendapat predikat Super Mom. Panjang yeee. :P



Alhamdulillaah, sekarang udah tobat. Dulu khilaf. Hahahaha. Capek ternyata ngejar predikat Super Mom itu. Apalagi kalau membanding-bandingkan diri sama ibu-ibu yang penyabar, rajin bangun pagi dan rajin mandi. Duh, rasanya saya ini apalah. -_- *nyium ketek sendiri*

Tapi kan, tetep aja kepercayaan diri anak itu perlu ditumbuhkan. Alhamdulillaah, kalau di sekolah dan sama teman-teman seusia mereka, anak-anak saya lancar berkomunikasi. Tapi kalau lingkungan sudah bercampur, mereka bawaannya mau sembunyi aja di bawah ketiak saya. Entah, mereka ngeh atau nggak kalau emaknya jarang mandi. 

Akhirnya mikir gimana cara yang enak supaya mereka bisa latihan PD ngomong sama siapa aja. Yang paling pertama saya tanamkan adalah: Nggak salah kok mengeluarkan pendapat atau bertanya kalau tidak mengerti. Ini aja sebenarnya udah susah banget, karena bawaan lingkungan juga kali, ya? Turun-temurun kayanya kita dibangun dalam suasana kelas dan keluarga yang (konon) katanya demokratis, tapi nyatanya mau nanya atau berpendapat aja suka takut duluan. Ini harus dihentikan sekarang juga.

Langkah selanjutnya adalah mencari media untuk latihan PD bicara dan latihan ketrampilan mengolah kata dan kalimat supaya dimengerti oleh lawan bicara. Saya berusaha menyesuaikan dengan minat anak-anak aja. Si Fadhil yang doyannya main game online dan nonton tutorial game di Youtube saya fasilitasi dengan webcam dan headset. Saya minta dia untuk menyelesaikan satu project untuk membuat tutorial game dengan wajahnya masuk ke dalam frame dan suaranya sendiri yang menjelaskan tutorial. Walaupun videonya belum jadi sampai sekarang (karena terpotong persiapan UN yang sebentar lagi), tapi proses belajarnya sudah berjalan. Dia belajar sendiri lho nyari tahu gimana caranya merekam game dan dia dalam satu frame yang sama dan merekam suaranya. Ya, anak-anak saya memang paham banget kalau emak sama bapaknya gaptek. Huahahaha.



Buat Safina, karena dia masih unyil, agak mudah mengarahkan dan diajak/dbujuk. Saya ajak dia untuk membuat home video ala video-video tutorial mainan dan prakarya di Youtube. Awalnya, dia ogah banget karena tahu kalau emaknya bakalan posting videonya di internet dan akan banyak teman mamanya yang nonton. Tapi justru karena dia tahu itu, saya ajak dia. Kalau dia mau, berarti dia sadar kalau dirinya nggak cuma ngomong berdua mamanya di depan kamera, tapi juga akan dilihat oleh orang lain. Semoga pelan-pelan keberaniannya muncul dan berlanjut ke tahap selanjutnya, yaitu berani bicara langsung dengan siapa saja. 

Berhubung anak-anak ini bilingual dan lebih nyaman bicara bahasa Inggris di rumah dengan saya, Safina dan saya pun merekam home video ini dalam bahasa Inggris. Kalau nanti shooting sama bapaknya, ya pakai bahasa Indonesia. Kegiatan ini sekalian buat memperlancar ketrampilannya komunikasi secara lancar (tek-tok) sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. Dan ini dia hasilnya. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat.



13 komentar:

  1. Wah keren Mbak ini cara latihannya. Memanfaatkan teknologi ke arah yang benar ini.

    BalasHapus
  2. *langsung ambil dslr buat rekam tutorial tidur sampe ngorok* #dipentung

    BalasHapus
  3. makasih sharingnya mak winda...btw aku suka kalo si nana bicara...udah kelewat pinter dan pede dia hahaha.... :)

    BalasHapus
  4. oh gitu ya, tapi perlu dilihat juga karakter anak2 yang berbeda penanganannya jug berbeda ya mak

    BalasHapus
  5. Anak-anak gw yang udah abege tuh dulu pada pemalu banget, mbak. Disuruh nanya atau bayar sendiri ke kasir aja susaaaaahnya kebangetan. Untung sekarang sih udah engga. Emang bikin home video gitu membantu banget bikin anak-anak jadi pede. Makanya aku sering bikin video-video pendek tentang anak-anak.

    BalasHapus
  6. Kereen Mak.. tutorial dan Bahasa Inggris-nya. Anaknya udah keliatan pede kalo di depan kamera ya..

    BalasHapus
  7. Wah... ide habat, mbak.
    bisa kucoba nih. anakku terima telpon saja malu.... kalo bisa yakinkan video untuk dokpri, semoga mau

    BalasHapus
  8. Bisa disebut tekhnologi tepat guna ya mak...

    BalasHapus
  9. Salam kenal mak... baru ngecek videonya sikecil, oh my god,,, keren banget ngomongnya,,,,,
    kebetulan sya lagi mulai belajar bhasa inggris, liat video gii jadi pengen cepet ngajarin anak2... (padahal nikah j belum :D ). . salam. .

    BalasHapus
  10. mak.. ternyata yang namanya mamah cantik itu emang jarang mandi ya... saya juga gitu

    BalasHapus