Sabtu, 01 Agustus 2015

5 Manfaat Hashtag untuk Blogger

  31 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Kelakuan kalo udah libur, keenakan nyuekin blog. Lah baru blog, anak aja lupa. Iddih! Ngobrolin apalah enaknya hari gini? Sekolah anak udah mulai, udah banyak yang bahas. Eh, baydewey, seneng aja kemaren di socmed rame bahas kegiatan MOS (Masa Orientasi Sekolah) yang aneh-aneh itu. Anak sulung saya kan juga lagi MOS (masuk SMP), termasuklah saya jadi mamak nyureng gara-gara mumet ngumpulin tugas bawaan yang ajaib-ajaib. Disuruh bawa balon 2 biji tiap hari, tangan dipakein pita, name tag bentuk kepala Miki Mos. Hhhh ... pucing pala mama syantiex. Akhirnya ngomellah di socmed. Eh, gak taunya banyak temennya. Hashtag #MOS dan #bubarkanMOS sempet jadi trending. Dan gak taunya Pak Mentri pun jadi turun tangan. Alhamdulillaah, pelaksanaannya sendiri nggak sampe melenceng ke arah yang ditakutkan (bullying) kalau di sekolah anak saya. Mudah-mudahan di sekolah lain juga gitu, ya. Tinggal nunggu perbaikan aja soal atribut-atribut nggak berguna itu. 


Tapi saya mah bukan mau ngomongin itu sebenernya sekarang. Wkwkwkwk. Kebiasaan gak fokus. Maap. Udah lama nge-draft mau (sok) bahas soal penggunaan hashtag (#) di socmed. Gunanya buat apaan, deh? Trus ngefek kagak sih pake hestek-hestekan gitu? Biar analisa saya nggak keliatan sotoy-sotoy amat, ya saya ngajak temen-temen untuk diskusi soal penggunaan hashtag ini. Supaya kalau ada yang bilang, sotoy, berarti gue nggak sotoy sendiri. Ada temennya. Hihihihi, sotoy ngajak-ngajak. 

Jadi ya, waktu pertama main di Twitter, saya baru kenal sama yang namanya hashtag. Baru tau juga kalau penggunaan tanda pagar di depan satu kata tertentu akan menuju ke satu link yang mengumpulkan semua twit yang mengandung kata tersebut. "Ajaib!" kata saya norak. Lama-lama jadi seneng merhatiin trending topic di Twitter melalui hashtag. Terus, lama-lama kreatif sendiri bikin hashtag sendiri. Semacam anti mainstream. 

Nggak lama, Facebook juga ikutan pake-pake hashtag supaya dibilang kekinian. Saya mulai serius "menggarap" persoalan hashtag ini setelah FB juga memakainya. Pikir saya, "Ini pasti ada manfaatnya buat netizen atau pun praktisi socmed dan juga blogger." Jiwa kepo saya bergelora, membuncah, gegap gempita dan lincah gemulai ngedaprak. Apalagi di Instagram juga lebih cihuy hasil perolehan "Likes" kalau pakai hashtag. *semacam penting banget dapet like bejibun ye, maaak* 


Berkat bantuan beberapa teman, saya coba kumpulin beberapa poin kegunaan hashtag untuk blogger khususnya dan pemain socmed pada umumnya. Sip, udah kayak judul tesis. Keren banget!

1. Branding blog
Bikin deh satu hestek kheuseus untuk blog kamu, kayak Blog Emak Gaoel ini, tiap ada apdetan atau sharing postingan lama, saya selalu pakai #BlogEmakGaoel. Tujuannya, selain agar terkumpul di satu area, juga jadi brand awareness untuk teman-teman yang membacanya di social media. Mau itu di FB, di Twitter atau IG, selipin satu hashtag khusus itu selalu.

2. Get more participants for your event
Yang lagi ngadain giveaway atau lomba di blognya, bikin satu hashtag khusus untuk lomba. Kalau ada yang belum tahu infonya, bisa klik hashtag tersebut dari twit/status siapa aja yang lagi share tentang event kita. Ujung-ujungnya akan mengarah ke event, kan. Sip.

3. Expand the effect of your reviews
Buat yang sering dapat job review di blog, hashtag berguna banget untuk memperluas keluarnya review kita di socmed. Biasanya ada beberapa hashtag yang ditentukan oleh pihak klien, tapi tetap usahakan selipkan satu hashtag pribadi kita, agar review kita yang terbaca, bukan milik orang lain. Uhum, trafik, cyin. Ini namanya persaingan bisnis. Okesip.

4. Get new people on your readers' list
Hashtag juga berguna banget untuk menjaring pembaca baru untuk blog kamu. Caranya, selain pakai hashtag khusus untuk blog, tempelkan juga hashtag yang lebih umum atau general. Misalnya Blog Emak Gaoel lagi bahas soal mainan. Saya  pakai hashtag #BlogEmakGaoel plus #toy dan #mainananak. Cucok, kan?

5. Make your job easier in tracking your review and event
Ya iyalah, ini mah gak usah dibahas. Kan udah dibilang tadi, hestek fungsinya kan ngumpulin twit/status yang spesifik di satu tempat. Pastinya kita akan lebih terbantu kalau paham gimana memainkan si tanda pagar ini.


By the way, kenapa sih bentuknya hestek kayak gitu? Ada yang tau? Kalau tau, kasih tau, ya. Gak penting, sih. Tapi siapa tau ada yang tau. Saya kan jadi pengen tau juga. #mbulet #hestekgakjelas #gakusahditiru #gakadagunanya

Kalau kata Suci Santy Risalah, "Hestek itu berguna banget untuk memudahkan kita mencari tema tertentu. Apalagi kalau lagi mau cari referensi untuk keperluan belanja online, nolong banget untuk bisa dapat beragam informasi, biar gak kecele."

Si Hendra Fu tadinya ngomong gak paham banget sih fungsi hestek itu apaan. Tapi dia tetap berbahagia karena kalau pake hestek, biasanya kebanjiran like, bisa dari mana-mana. Hahaha, gak paham tapi bahagia. Indah banget hidup lo, ndut. :v

Winda Carmelita senada nih sharingnya tentang hashtag. "Hashtag itu gunanya untuk mempermudah orang mencari suatu postingan terkait tema. Ada juga yang kasih hashtag sebagai branding, ciri khas. Lalu ada juga yang memberi hashtag yang lagi populer di promosi blognya di social media supaya kalau ada yang searching berdasarkan keyword tersebut, postingannya ikutan muncul di list."

Nah, soal "nebeng" di hashtag yang lagi trending, saya rada gimana sebenernya. Kadang suka gak nyambung soalnya. Selain itu juga suka gak etis banget. Pas lagi ada musibah nasional gempa misalnya, hashtag #gempaIndonesia ketempelan aja sama yang promoin olshop. Hih! Gak sopan! KZL! Sebaiknya jangan gitu juga kali, ya.

Kalau mau nyontek kreativitas ber-hashtag, bisa nyontek sama Tante Syahrini, tuh. Hashtag #seperti_ituuuh punya Syahrini populer banget di jagad maya, terutama di IG. Hihihihi. Kalau menurut kamyu, penting gak dunia persilatan hashtag ini?

Bacaan bergizi tentang kegunaan hashtag untuk keperluan online marketing bisa dibaca di sini.
7 Reasons Why Hashtags Are A MUST in Your Marketing

31 komentar:

  1. Aah ternyata itu y kak alesan ada hastag
    #maklum ku rada katrok, jsrang n mlh bingung twitteran padahl masi gen y heheee

    BalasHapus
  2. Menurut aku Hashtag = tagar = Pagar itu usaha untuk menjaga, menjaga apapun itu. Secara logikan tagar itu harus tegak kokoh, nah kenapa tagar itu mereng? :))

    #OraUrus

    BalasHapus
  3. rupanya hastag itu punya efek yang dahsyat juga ya mak, ntar aku juga buat hastag deh, biar kekinian seperti tante Syahrini ituuuuhhhh ...

    BalasHapus
  4. Ini lagi cari inspirasi hastag buat sharing blog yang cocok :)

    BalasHapus
  5. Hestek itu penting banget biar kekinian mbak hehe...
    Sama sih kayak yang lain, penting untuk mencari sesuatu dengan tema tertentu..

    BalasHapus
  6. Wah, kudu berbenah diri nih di sosmed, selama ini nggak kepikiran soal tagar mak :)

    BalasHapus
  7. Ajarin bikin hestek yang kekinian, Mak! :D :D

    BalasHapus
  8. Poin yang pertama, belum kepikiran. Keren juga nih bisa jadi branding, jadi nggak melulu promoin link blog. Sekali sekali bikin stiker/banner bertuliskan hashtag brand kita, kan jadinya ngga ngebosenin ya mak! :D

    BalasHapus
  9. Ohh itu ya kegunaan hastag...aku baru nyambung nih.. Info yg sangat berguna bagiku.. Aku mau ulangi lagi ah nge-share tulisan yg baru aku posting barusan.. mau nambahin hastag-nya pula, hehe..

    BalasHapus
  10. Makasih makgaoel yg udah kasih backlink ke akuhhh... ^___^ so' hastag itu penting ya buat sosmed. Biar kekinian juga.

    BalasHapus
  11. Hem makasih Infonya mak. Langsung diperbaiki dah. Kemarin2 hastagnya masih lom seragam haaa

    BalasHapus
  12. ehehe.. kapan-kapan mau deh coba bikin postingan pake hestek, selama ini ga pernah sih :)

    BalasHapus
  13. mau bikin hastag blog juga aaah, biar kekinian. selama ini cuma pakai pas giveaway, itu pun kalau inget.
    biasanya pakai macem-macem hastag di Ig supaya bisa keluar dimana-mana. hihi. :))

    BalasHapus
  14. Makasih, mak. :D Aku biasanya pakai hanya di IG, kadang di fb atau twitter muncul kalau yang di IG dishare, hehe.

    BalasHapus
  15. Langsung ane paktekan mb, tahnkas infonya ya.
    ###

    BalasHapus
  16. cakep mak, informatif banget buat orang-orang gaptek kayak saya, hihi

    BalasHapus
  17. Hihi,...baru tahu kegunaan hastag. Duh, ini mah emak kurang gaul yah...saya

    BalasHapus
  18. Aku nggak aktif di IG tapi tiap post foto baru kok aku rasa lebih mudah dpt love di IG dr orang2 yg nggak kita kenal ya drpd di media lain. Sepertinya hashtag paling efektif di IG deh.

    BalasHapus
  19. Belum siapin hashtag khusus untuk ngumpulin postingan :D
    belum dapat yang cocok mak.

    BalasHapus
  20. Hastag penting banget di twitter dan IG.Kalo FB belum pernah keliatan hasilnya sih..

    BalasHapus
  21. cari hesteg yg gue banget itu yang susah hehe

    BalasHapus
  22. Hashtag ngebanti bangeeet.., apalagi kalau lagi kepooo hihihiii

    BalasHapus
  23. Mak Gaul, ni yang gaptek mau nanya: kalo bunda bikin hesteg #bloggerrenta ngaruh gak ya pengunjung ngebrudul datang ke www.bundayati.com? #nanyapaansehloo

    BalasHapus
  24. Kenapa sih bentuknya hestek kayak gitu? Ada yang tau? Kalau tau, kasih tau, ya. Gak penting, sih. Tapi siapa tau ada yang tau. Saya kan jadi pengen tau juga. #mbulet #hestekgakjelas #gakusahditiru #gakadagunanya

    #tahusedikitsih #buatmagerinsesuatu #namanyajugapager

    1. Mempermudah Pengelompokkan Konten
    2. mempermudah pencarian konten
    3. Memperluas postingan anda
    4. Sebagai sarana promosi produk

    #GuaKokAgakGakYakinLoNanyaMaaak #SecaraLoWikipediaBerjalan

    BalasHapus
  25. ya...kalo masang hastag di blognya gimana...#googletrendsindonesia

    BalasHapus
  26. Aku juga suka pakr hestek, tapi lurang kreatip buat bikin hestek yang unik :3

    BalasHapus
  27. Saya biasanya bermasalah dengan orang-orang yang pakai hashtag berlebihan, Mbak :) Buat saya, maksimal 5 hashtag masih bisa diterima, tapi lebih dari itu...malah bikin ilfil. Kayak yang desperado bgt buat dapat like. #IMHO

    BalasHapus
  28. Kalau di instagram sih buat ngelompokin foto, misalnya khusus foto anak ada hashtag khususnya.. foto jalan2 ada hashtag khusus,, dan pastinya hashtagnya harus gk ada yg niru., selain itu klo aku buat ngasi info aja, misal ke tempat wisata di suatu kota, kasi hashtag nama kota tsb, sapa tau ada yg butuh referensi..

    Kalo buat blog baru tau ngaruh jg, thx infonya maak.. slm kenal

    BalasHapus
  29. perlu banget maak, thanks sharingnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  30. Bener tuh maak, tagar cukup diperlukan saat posting konten di medsos, sebab akan memerluas jangkauan dari konten tersebut. Terimakasih atas ilmunya maak.. Salam

    BalasHapus