Jumat, 02 Oktober 2015

Menjaring Ilmu di Smesco Netizen Vaganza 2015

  15 comments    
categories: 
Assalamu'alaikum.

Yang tinggal di Jabodetabek, udah pernah lewat gedung SMESCO di Jl. Gatot Subroto, Jakarta? Sering lewat, tapi tahu nggak SMESCO itu apa? Hahaha, jujur baru hari Sabtu (26/9) kemarin saya tahu SMESCO itu kepanjangan dari Small and Medium Enterprises and Cooperatives, atau istilah bekennya dalam bahasa Indonesia adalah KUKM (Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah). Ngaku aja gaul, gitu aja baru tau. Hiks. Tapi bukankah lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali, Ronaldo? *telenovela*

SMESCO Netizen Vaganza 2015

Ngapain saya ke SMESCO hari Sabtu kemarin? Nah, ini kalau sampai anak gahol socmed nggak tau, keterlaluan banget. Ada acara super duper keren selama dua hari (26-27/9) kemarin di SMESCO. Acara bukan sembarang acara, tapi benar-benar disiapkan khusus untuk yang ngaku netizen sejati. Akrab sama social media? Smartphone nggak pernah lepas dari tangan? Gatel kalau sejam doang nggak nge-tweet? Gelisah lihat kaca bening, bawaannya pengen selfie dan langsung posting di Instagram? Selamat! Kamu sah jadi netizen! Tapi netizen yang gimana dulu? Hohoho, di SMESCO kemarin itulah kita diajarin untuk jadi netizen yang berkualitas cetar menghempas.

SMESCO Netizen Vaganza 2015 selama dua hari ini, diisi dengan workshop dan talkshow bergizi tinggi untuk para netizen. Mulai dari talkshow tentang travel writing oleh penulis traveling inspirasional, Agustinus Wibowo, tips dan trik menjadi vlogger sukses oleh vlogger famous, Sacha Stevenson, workshop Monetize Your Socmed oeh Yeyen Nursjid dan workshop fotografi oleh Raiyani Muharramah. Hmm, nyesel kan nggak dateng? :v

Beruntung banget saya menyediakan waktu seharian untuk ngendon di gedung SMESCO untuk mengikuti acara keren ini. Sambil sesekali cuci mata melihat-lihat produk hasil karya koperasi dan usaha kecil menengah dari berbagai daerah di Indonesia. Ditambah, di area outdoor gedung SMESCO sedang digelar juga SMESCO Art Fest. Di sana ada panggung live music dan berbagai rupa food truck lucu-lucu dengan menu yang enak-enaaaak. Ohohoho! Me like it! ^_^

SMESCO Art Fest (foto pribadi)

Beef Fajitas dari salah satu food truck di SMESCO Art Fest (foto pribadi)

Acara dibuka dengan opening ceremony yang diisi dengan sambutan beberapa undangan dan tari-tarian daerah dari pelajar dan mahasiswa. Aslik, saya mah berasa muda lagi aja gituh karena satu ruangan sama anak-anak muda gini. Hihihihi. Aula utama SMESCO pagi itu memang penuh sesak sama undangan, pengisi acara dan juga pengunjung. Padahal workshop dan talkshow belum dimulai. 

 Opening ceremony SMESCO Netizen Vaganza 2015 (foto pribadi)

Selfie bareng penari dari mahasiswi UHAMKA (foto pribadi)

Bener aja, makin siang ternyata pengunjung makin banyak. Kayaknya memang banyak netizen yang mengincar ketemu langsung sama Mas Agustinus Wibowo atau yang lebih akrab disapa Gus Weng ini. Semua ingin mendengar langsung pengalaman kerennya selama menjelajahi Asia Selatan dan bagaimana proses menuliskan perjalanannya itu menjadi sebuah kisah yang sarat nilai filosofis tentang kehiudpan. Beugh. Nganga. Takjub. Mupeng. -_-

 Agustinus Wibowo dan Mohammad Yusuf (moderator), talkshow Travel Writing (foto pribadi)

Yang mau selfie sama Gus Weng antriii. :D (foto pribadi)

Di lantai 12 gedung SMESCO, workshop Monetize Your Socmed oleh Mbak Yeyen Nursjid juga nggak kalah menariknya. Mbak Yeyen "buka-bukaan" tentang pengalaman pribadinya menjalankan bisnis garmen milknya, Amayra Batik Indonesia dan bagaimana caranya berjualan dengan memanfaatkan social media. Buat yang pengen jadi pengusaha kekinian, penting banget materi yang diberikan oleh Mbak Yeyen ini. 

Workshop Monetize Your Socmed oleh Yeyen Nursjid dan moderator, Donna Imelda (foto pribadi)

Kembali ke aula utama tempat tadi Mas Agustinus Wibowo mengisi talkshow, sesudahnya diisi oleh vlogger dan Youtuber ngehits, Sacha Stevenson. Sebelum Sacha mengisi acara, saya sempet foto bareng sama cewek bule kece yang fasih bicara bahasa Indonesia dengan logat lokal ini. Biar ketularan femeus, cwuyn! Ngihihihi. Sore itu Sacha membagi pengalamannya menjadi seorang vlogger. Sacha juga berbagi beberapa tips dan trik berdasarkan pengalamannya, dan bisa diaplikasikan oleh semua netizen yang ingin mengikuti jejaknya menjadi vlogger sukses. 

 Talkshow VLOG Tips and Tricks oleh Sacha Stevenson (photo courtesy: Dua Badai/Smesco)

Punya selfie sama vlogger tenar! (foto pribadi)

Kembali ke lantai 12, selepas workshop dari Mbak Yeyen, sorenya diisi dengan workshop Still Life Photography yang diisi oleh Mbak Raiyani Muharramah. Beliau ini traveler, blogger dan fotografer terkenal, lho! Cek website-nya di sini. Foto-fotonya, uh-mae-zing! Mbak Raiyani bagi-bagi rahasia tentang bagaimana mengambil gambar dengan kamera sehingga gambar yang tertangkap bisa terlihat hidup. Ini kalau dibikin workshop berbayar, biayanya bisa jutaan, lho! Di SMESCO Netizen Vaganza 2015 kemarin, gratis! Ah, bahagia bener diriku. *pecinta gratisan garis keras*

Workshop Still Life Photography oleh Raiyani Muharramah (photo courtesy: Dua Badai/Smesco)

Local Brand Lebih Keren

So, kenapa SMESCO mengadakan acara keren ini untuk para netizen? Apa hubungannya produk buatan dalam negeri dengan netizen? Saya cerita dikit, ya. 

Sebelum Mama saya sakit, beliau adalah salah satu pengisi pameran produk Indonesia di pameran-pameran di Singapura dan Malaysia. Selama 10 tahun, setiap bulan Mama saya bolak-balik Singapura dan Malaysia. Membawa produk kerajinan tangan dari daerah Tasik dan Garut berupa keranjang anyaman, centong kayu sampai sapu ijuk. Alhamdulillaah, dari pekerjaan itu lumayan penghasilannya. 

Mengisi pameran di luar negeri dengan membawa produk Indonesia seperti yang dilakukan oleh Mama saya itu hanyalah satu dari sekian banyak cara untuk mengenalkan produk Indonesia ke mata dunia. Kalau kita bukan pelaku usaha, apa yang bisa kita lakukan, dong?

Masih perlu saya jabarkan sampai detilkah jawabannya? Kamu netizen, kan? Akrab sama social media, kan? Smartphone di tangan selalu terisi paket data internet, dong? Dari situ aja kita sudah bisa menjangkau dunia untuk mengenalkan local brand Indonesia. Capture foto kain batik tulis Pekalongan, upload di Instagram, kasih hashtag #BatikIndonesia, #IndonesiaHeritage. Kayaknya nggak terlalu besar effort-nya, ya? Tapi kalau kamu netizen sejati, anak socmed yang selalu update, kamu pasti tahu, fotomu sesungguhnya sudah melampaui jarak yang bisa ditempuh langsung oleh langkahmu. Kekuatan netizen untuk memberi pengaruh kepada dunia luar secara instan sangat besar. Kita harus sadari itu dan manfaatkan untuk mengangkat nilai Indonesia di mata orang Indonesia sendiri dan dunia. 

Mak, napas, mak. Napsu amat. :p

By the way, untuk bisa lihat-lihat produk hasil kerajinan tangan dari berbagai daerah di Indonesia, nggak perlu jalan ke daerahnya langsung kok, kalau budget dan waktu nggak ada. Coba sekali-sekali mampir ke gedung SMESCO, di sana galeri pameran produk hasil dalam negeri ada di setiap lantainya. Puasss!!!

Lomba Blog SMESCO Netizen Award

Dalam rangka sosialisasi tagline Local Brand Lebih Keren, SMESCO juga mengadakan lomba blog dengan hadiah-hadiah menarik, lho! Jangan sampai nggak ikutan, ya. Kalah menang urusan belakangan, yang penting kita ikut berpartisipasi mengangkat local brand Indonesia supaya diterima di rumah sendiri dan juga dunia. Info lomba selengkapnya bisa dilihat di sini. Selamat berlomba! ;)


Ikut lombanya, yuk? ;)


15 komentar:

  1. Gue sengaja begadang untuk nunggu info lomba ini. Bwahahah.

    BalasHapus
  2. Keren. Pengen banget ikut acara beginian 😀

    BalasHapus
  3. Bemenya udah direncanain mau datang ke acara tgl. 27 tapi dadakan permata hatiku ditugaskan dadakan fieldtrip ke Papua, alhasil batallah rencana doi pe mama untuk ke Smesco. Apalagi baca postingan yang keren kek gini jadi tambah deh nyeselnya gak dateng.

    BalasHapus
  4. Gus Wenh gak biasa selpi, matanya bingung nyari lensa camera smartphone. Ajarin gaul dia, Mak Win hahahah...

    BalasHapus
  5. Makasih infonya mak, komplit, sering lewat tp blm pernah masuk ke dalam... keren ya ternyata

    BalasHapus
  6. Wuahhh ada lombanya.. mau ikutannnn...

    BalasHapus
  7. Kisah di bagian akhir bisa dimodif lagi buat lomba blog, Mak! ;)

    BalasHapus
  8. apa ikutan lombanya aja ya? Kemarin mau dateng ke acaranya nggak bisa~~

    BalasHapus
  9. Mba Winda, pembukaannya rame banget kan hahaha, sayang ngga bisa hadir pas hari sabtunya hehehe, pengen ikutan lombanya hehehe

    BalasHapus
  10. Gedungnya bulet itu ya mbak Win, pernah bimtek disana. Sempet liat2 barang yg dipajang dibawah emang bagus2.

    BalasHapus
  11. hiks gak sempet datang. kok gak ada spoiler ttg tips menulis dr gus weng sik?

    BalasHapus
  12. Udah tau smesco sejak pertama berdiri dulu sih. Dulu sepi bgt, syukurlah skrg sadar sosmed.

    BalasHapus
  13. Wuah ada lomba smesco.. ikutan jg.. makasih infonya mak

    BalasHapus