Selasa, 08 September 2015

Inspirasi di Balik Safina's Home Video

  13 comments    
categories: , ,
Assalamu'alaikum.

Udah banyak yang tau kayanya kalau Emak Gaoel selain dia sok gaul dan gaptek, ternyata juga suka sotoy ngajarin anak untuk bilingual di rumah. Yah, seperti ituuh. Jujur, keputusan kami untuk membesarkan anak dalam lingkungan bilingual bukan cuma karena supaya anak-anak nanti bisa lebih mudah go internesyenel. Di atas itu semua, saya mau ngajarin ke mereka agar lebih percaya diri untuk bicara, dalam bahasa apa pun. 



Setelah dicoba dalam dua bahasa, mulai kelihatan tiap anak beda pilihan. Fadhil ternyata lebih PD mengungkapkan pendapatnya dalam bahasa Indonesia. Sedangkan Safina, ternyata jauh lebih ekspresif dan percaya diri kalau bicara dalam bahasa Inggris. Nggak ada masalah sih buat saya, mah. Bebas aja. Selama yang diomongin masih yang baik-baik dan sopan. Hehehe.

Saya pernah cerita tentang salah satu kegiatan rutin saya dengan Safina dalam rangka menumbuhkan PD-nya berbicara, yaitu dengan membuat home video. Anak-anak saya emang generasi Youtube. Mereka lebih kenal Youtuber tenar ketimbang artis-artis film di tivi dan bioskop. Insya Allah, saya selalu mengawasi kegiatan nonton Youtube mereka, kok. Yang pasti, anak-anak saya ini memang lebih banyak dapat kosa kata baru dalam bahasa Inggris dari Youtube. 


Fadhil yang minatnya ke game, terutama Minecraft, sekarang subscribe channel Youtube beberapa gamer Minecraft terkenal seperti Dan TDM. Safina juga suka ikutan nonton videonya. Beberapa kali saya awasi, bahasa anak muda dari Inggris ini tidak kasar dan abusive seperti gamer-gamer lainnya. Mungkin karena dia juga paham ya, Minecraft itu permainan yang populer di segala usia. 


Safina sekarang lagi suka banget ngikutin video yang di-aplod oleh keluarga yang menamakan channel mereka Funnel Vision. Ini adalah home video sebuah keluarga di Amerika dengan 3 anak mereka, Lexi, Mike dan Chase. Video mereka sangat populer, karena sang Ayah kreatif banget mengemas video-videonya ke dalam beberapa sub-channel. Ada sub-channel khusus untuk si adik bungsu, Chase, yang ngomong masih belepotan; Chase's Corner. Ada sub-channel yang khusus untuk mereka bertiga menerima tantangan dari followers mereka. Tiga anak lucu dan ekspresif ini pernah menerima tantangan membuat smoothie dari bahan-bahan yang tidak biasa untuk dijadikan smoothie, kayak biskuit Oreo, permen jelly bean, sampai keju dan mustrad. Yikes. Tapi lucu banget ngeliat ekspresi mereka waktu nyobain smoothie "ajaib" yang mereka buat sendiri itu. Mike, anak nomor dua, sampai mau nangis karena nggak tahan mencium bau smoothie hasil buatannya. :v


Dari semua video mereka, Safina paling suka nonton video reportase mereka saat liburan di Legoland dan Hawaii. Sejak nonton itu, dia terus-terusan nanya, "Kapan ke Dufan?" Ternyata pengen ke Dufan gara-gara mau bikin video reportase jalan-jalan kayak yang dibuat Funnel Vision's Kids itu. Hedeeuuh. Sini, ikut Mama ke pasar, bikin video reportasenya! :p

Safina's Home Video: Live Report from Dunia Fantasi, Jakarta


Selain pengen bikin video reportase jalan-jalan, Safina juga minta dikasih tantangan untuk dilakukan dan direkam di video. Akhirnya, saya nyontek aja salah satu ide di video Funnel Vision. Dan jadi deh video Taste Test Challenge ala-ala Emak Gaoel dan Safina. Makanan yang mau ditebak namanya beli di warung sebelah aja ya, dek! Mama irit dan mager. Ngik.

Safina's Home Video: Blindfolded Taste Test Challenge


Jadi buat sekarang ini, mereka-mereka inilah yang menginspirasi ide untuk Safina's Home Video. Niatnya nanti mau dibuat rutin sekali seminggu. Sekalian buat latihan bikin video emaknya. Bukan buat tenar-tenaran, sumpah, deh. Ini emang masih usaha buat bikin ni anak lebih berani ngomong. Soalnya kalau di sekolah masih aja malu-malu. Hih, gemyeess. Anyway, enjoy the video, guys.

Safina's Home Video: My Little Pony's Character






13 komentar:

  1. Hahhaaaa maaaakkkkk..... aku jadi loss focus begitu ngeliat dirimu njilat2 jari :D :D syedaaapp ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba uniek teringat sesuatu kan lihat jilat2 jari? :-D

      Hapus
    2. Hahahaha, langsung lupa lagi on cam, jilat teruuusss... :v

      Hapus
  2. Balasan
    1. jangan ngiriii, ayo bikin juga. gadget ada kaan.. :)

      Hapus
  3. ahahaha..jd ketahuan ya...safina emang kreatip deh..yg kreatip ini emaknya apa anaknya ya...huehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. safina-nya lebih kreatif ketimbang emaknya, maak.. :v

      Hapus
  4. wih saya selalu salut sama Safina, mak ^.^ kreatif banget, apalagi video ini walaupun dikit goyang ya tapi tetep live reportnya keceh, sukak! Inspire banget untuk anak-anak seumuran. Jangan hanya bisa main aja tapi maksimalkan smartphone.
    Good job, Safina :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, shaky ya videonya...besok2 pake tripos deh..gaya, padahal makenya juga gk ngerti wkwkwkwk
      makasih ya maak...

      Hapus
  5. ah seru-seru banget kayaknya bikin video gitu.. ditunggu video selanjutnya :)

    BalasHapus
  6. Seru banget mbak..
    Ah, ini anak bakal tenar nih.

    BalasHapus