Selasa, 22 September 2015

Tujuh Tahun Membangun Branding Emak Gaoel

Assalamu'alaikum.


Kepincut sama Giveaway Mak Uniek di blognya, karena temanya pas banget buat posting tsurhat. Hahaha. Semacam udah lama melupakan blog ini sebagai ajang ngoceh awalnya dulu. Sekarang ini Blog Emak Gaoel udah makin gado-gado isinya, dan makin rame sama yang follow. Semoga yang follow nggak lagi khilaf. Aamiin!

Seperti banyak kejadian yang dialami blogger; eksis di dunia maya, bukan berarti ngeksis juga di dunia nyata. Lah, kadang kalau ditanya, "Kerjanya apa?". Saya jawab, "Ngeblog," gak cuma satu dua orang yang keningnya berkerut, nggak paham saya lagi ngomongin apaan. Dan percakapan akan berlanjut dengan menjelaskan apa itu blog, blogger dan ngeblog dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Karena biasanya dijelasin panjang lebar pun, ujung-ujungnya respon yang saya dapat rada absurd. "Itu kerjaan?" Semacam itu, deh. Hhhh ....

Lagian, kenapa juga saya sok PD jawab NGEBLOG kalau ditanya orang? Karena sehari-hari saya emang nggak jauh-jauh dari nulis di blog. Lah, apa dong namanya kalau bukan kerjaan? Wkwkwkwk, cetek lu, Mak! 

Cuma nulis doang? 

Pertanyaan, "Cuma nulis doang?" itu minta banget dislepet sebenernya. Tapi untunglah Bundadari ini berhati lembut. Berusaha paham kalau penjelasan saya pun mungkin nggak cukup-cukup amat buat menggambarkan kalau ngeblog itu bukan "Cuma nulis doang." Ada keringat, air mata dan darah yang tertumpah dalam proses menghasilkan satu buah tulisan di blog. Call me lebay, tapi rasanya emang begitu, sih. 

Nulis di blog, walaupun isinya kayak apaan tauk ini, nggak pernah sekali pun saya asalan pencet tombol publish. Sebelum menulis di dashboard, saya riset dulu tentang tema yang mau ditulis. Baca sana sini, makan waktu, tapi nggak merasa rugi juga melakukannya. Baca kan nambah ilmu, yes? Abis baca-baca, semedi dulu sambil jongkok. Eh. 

Terus apa kabar kalau bloggernya model gaptek kayak saya gini? Apa-apa nanya. Apa-apa kudu liat tutorial di Youtube. Mau masukin link ke tulisan, liat Youtube. Mau ngedit foto, liat Youtube. Mau bikin video, liat Youtube. Mau permak blog, liat Youtube. Apa-apa Youtube. Mending kalau sekali liat, langsung bisa. Kalo kapasitas otak pas-pasan kayak saya gini, mesti dua tiga kali nonton, baru ngerti. Alhamdulillaaah, yaa. Tiap itu jadi belajar hal baru.

Sesuatu banget rasanya bisa gabungin 3 video ke dalam satu frame dan berhasil upload ke Youtube. Prestasi! :v

Kayak di tulisan ini, saya ngubek aplikasi foto editing dulu semaleman. Demi cuma bisa bikin buletan-buletan ijo-nya. Hahaha. Kalau di tulisan ini, karena modelnya reportase kunjungan, mau gak mau saya harus pinter-pinter mengolah data seabrek dari press release. FYI, dapat press release itu bukannya bikin gampang kerjaan kalau buat saya. Malah harus lebih muter otak supaya tulisan kita nggak kayak laporan kerja atau tulisan di koran. Lah, namanya juga blogger, sentuhan personal itu penting, kaan. Dan di tulisan ini saya mulai metamorfosis dari ulat menjadi kupu-kupu emak gaptek menuju emak rada pinteran dikit bikin video. Akhirnya bisa juga edit-edit video dikit sebelum di-aplod ke Youtube dan bikin postingan berdasarkan video itu. Dengan bangga, sekarang kumpulan Safina's Home Video udah bisa dilihat di sini, Maks! ^_^

Karena selalu belajar hal baru dan selalu ada cerita berbeda di balik tiap tulisan saya di blog ini, saya jadi semangat terus untuk ngeblog. Kalau gini caranya, pelan tapi pasti, saya pasti bisa jadi orang pinter! Semangat! Hahahaha. 

Dapet apa dari ngeblog?

Dapet HAPPY! Banyak latar belakang blogger memulai perjalanan ngeblognya. Saya pribadi, diawali dari basi banget nggak ada kegiatan di rumah selain ngurus anak-anak, rumah dan suami. Ketemu blog, rasanya kayak ketemu mantan. Eh, salah. Ketemu blog rasanya kayak ketemu sama hasrat yang sempat hilang dan terlupakan. 

Bisa ketemu penulis idola jadi salah satu bonus menyenangkan menjadi seorang blogger ^_^

Begitu terjun ngeblog, perlahan tapi pasti, semangat saya meningkat. Berawal dari curhat seharian sama anak, meningkat ke protes kecil-kecilan soal jalanan rusak depan kompleks rumah. Lalu meningkat nulis tentang hasil jalan-jalan dan jajan sekitar rumah. Nggak lama nulis soal buku-buku yang saya baca. Terus iseng-iseng nyelipin satu dua tulisan fiksi ala ala saya. Semuanya, deh. 

Sampai saat ini, dari ngeblog saya bisa dapet duit! Eh, ada yang mau bayar tulisan saya di blog ternyata. Emejing! Tawaran pekerjaan menulis review mulai berdatangan. Beberapa saya ambil, beberapa saya tolak. Biar gimana, sulit untuk menulis sesuatu yang nggak sesuai sama hati nurani. Beberapa topik memang saya "haramkan" untuk dibahas di blog ini. Selain itu, hayuk aja.

Kalau udah denger duit, langsung deh telinga berdiri. Padahal proses sampai invoice pembayaran cair itu juga bukan perkara gampang. Kalau model kerjaannya harus meliput acara, artinya saya harus luangkan waktu untuk ninggalin anak-anak di rumah, keluar ongkos transport, bawa-bawa kamera dan laptop berat, keliling-keliling event kayak wartawan beneran. Ini kerja. Tapi dibawa happy karena sekalian bisa ketemu teman-teman blogger. 

Precious moments with my fellow bloggers :*

Pertama kali dapat bayaran dari tulisan saya di blog, mata saya langsung melek. Ada peluang di sini. Ternyata, selain mengisi waktu dengan exercise otak, ngeblog juga bisa bantu-bantu nambah isi dompet sendiri. Mulailah saya belajar sedikit-sedikit. Saya sadar banget, kadar gaptek saya udah di ambang batas memprihatinkan. Kalau nggak mau belajar, pasti cepet banget ketinggalan sama kemajuan jaman dan teknologi.

Yang tadinya males belajar ngulik statistik blog, dikit-dikit belajar dari temen-temen blogger yang udah jago. Mulailah saya kenalan sama yang namanya Google Analytics (walaupun sampai sekarang masih aja suka bingung). Yang tadinya pasrah cuma bisa foto asal-asalan, mulai belajar teknik dasar potret-potret dan edit-editan. Yang tadinya mager banget buat bikin video, pelan-pelan mulai belajar akrab sama video editing dan upload ke Youtube. Pokoknya nikmat bener dah proses belajarnya, karena HAPPY!

Hayati lelah, Bang. Ngulik analytics gak mudeng-mudeng. -_-

Sampai nggak terasa udah tujuh tahun ngeblog. Banyak yang udah saya dapat dan pelajari. Tapi masih lebih banyak yang saya nggak tahu. Saya masih penasaran sama banyak hal seputar blogging. Itu yang bikin tiap postingan selalu berkesan buat saya, karena setiap menulis satu artikel, selalu ada hal baru yang harus saya pahami.

Di luar peluang mendapat income dari ngeblog, sekarang ini sebenarnya saya lebih fokus untuk menciptakan personal branding saya sebagai blogger. Pengennya, suatu saat nanti, kalau orang baca tulisan saya, pada bilang, "Emak Gaoel banget ini bahasanya." Hahahaha, kenapa saya pengen banget gitu dikenal sebagai si Emak Gaoel? Penting buat saya menancapkan kuku dengan kokoh di dunia maya. Karena banyak peluang yang bisa terbuka jika posisi saya di blog dan social media sudah stabil. Untuk sekarang mungkin masih sejauh peluang mencari income tambahan. Tapi ke depannya saya ingin dapat peluang untuk bisa berbagi banyak hal positif, bisa ikut terlibat dalam gerakan-gerakan yang memberi manfaat ke masyarakat luas, ingin juga lebih banyak terlibat dalam kegiatan offline untuk memasyarakatkan ngeblog. Pokoe seperti banyak blogger inspiratif yang jadi idola saya di luar sana. 

Makanya, dalam rangka branding sebagai si Emak Gaoel yang gagal gaul dan gaptek ini, saya mah gak mau jaim kalau nulis di blog. Bahasa yang saya pakai (walaupun) untuk pekerjaan review sekali pun, selalu saya usahakan sebagai bahasa Emak Gaoel, bukan bahasa iklan atau jualan. Dan nulis tema serius (apalagi buat jualin produk orang lain) pake bahasa kayak gini, itu susah-susah nikmat, cyin! Kudu punya strategi dan lihai bermain kata. Tsah! Salah-salah, jatuhnya bisa kayak nggak respect sama tema/produk yang ditulis. Jadi, please, ini tulisan biar dibacanya kayak ditulis gak pake effort, percayalah saya sampe nungging-nungging ini bikinnya. :v So guys, my fellow bloggers, ciptakan peluangmu lewat ngeblog

Giveaway Cerita di Balik Blog


100 komentar:

  1. dulu tau mbak winda pas di K,habis itu lanjut di blog dan terkenal dengan emak gaoel....bahasanya khas banget,bikin ngakak guling2lah pokoknya...
    sama,aku juga masih rada bingung sama GA xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahah, masa2 di K itu benar2 masa2 yg menyenangkan. dulu K tidak seperti sekarang. enak berinteraksi di sana. sekarang udah berubah, teraksa aku tinggalkan..hiks..untunglah teman2 lama di K semua ada di FB, ya maak... ^_^

      Hapus
  2. Keren, wah dah tujuh tahun ngeblognya ..kgm2

    BalasHapus
  3. Belajar selalu dari Emak Gaoel.. Sungkem dulu.

    BalasHapus
  4. Seneng baca tulisan bundadari, karena bikin ngakak. Yg harusnya bikin jidat berkerut pun, jadi "simple" kalo bundadari yg nulis.

    Oh ya, status percakapan sama Nana jadi favorit aku banget loh mak. Belajar nginggris sekalian nyari hiburan xD

    Good luck mak bun-dadar-i xD xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, makasih ya, intan...jempolnya gk pernah ketinggalan nongol di status aku sama nana... :))))

      Hapus
  5. Selalu senang belajar dari yang muda begini, biar ikut ketularan pinternya, kalau ketularan mudanya kan enggak, heheh

    BalasHapus
  6. Soal youtube2 aku lebih gaptek lagi, emak gaoel sih sudah sukses brandingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahahaa, aku sering banget culun mak kalo udah urusan teknis apalah apalah itu... :))) mesti salah dulu baru ngerti :v

      Hapus
  7. Keren.. keren. Keren...pokoknya emak keren dan menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih makasih makasih, pokoknya makasih yaaa... :D

      Hapus
  8. Lagi belajar nih mak biar bahasa blogku bisa khas yang "aku banget" jadi lebih dekat dg pembaca rasanya.

    BalasHapus
  9. Cieee... Ngadain GA ikut GA juga nih... :D

    BalasHapus
  10. sukaa cara nulismu maaak...kocaaak....

    BalasHapus
  11. Tulisan jujur emak gaoel selalu enak dibaca. Sesuai dengan effor-nya, sampai nungging-nungging :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk, jangan dibayangin ya mak... gak indah banget... :)))

      Hapus
  12. akupun slalu suka baca tulisanmu mbaa ;).. Enak dibaca dan ringan... justru aku bisa bnyk bljr nulis dari situ :D

    BalasHapus
  13. Banyak inspirasi di blog mak gaoel suka kucontek hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah, ada yang bisa dicontek di sini...kirain cuma buat diketawain doang...huahahahahaa

      Hapus
  14. Iya banget, Mak. Satu postingan yang kayaknya pas dibaca ringaaan bangeeet kayak debu itu sebenernya bikinnya sampe ngos-ngosan dan keringetan XD

    BalasHapus
  15. Emang gaul banget lha emak Winda ini, bahasanya selalu enak buat di baca, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaaah....
      semoga gak bikin eneg ya mak...wkwkwkwk

      Hapus
  16. Nah gue udah ngeblog tujuh tahunan juga belum dapet apa-apa. T_T
    *nangis*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehem, belum dapet apa-apa katanya.... menang lomba udah juta2an gitu ih... #jambak

      Hapus
  17. Duh Safina lucu banget dan pinter yak.
    Sukses terus mak, makin berjaya di dunia blogging :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, aamiin....sama-sama sukses yaa...
      makasih mak.. :)

      Hapus
  18. Baru aja mau ikut GA nya emakgaoel, udah disodorin GA #CeritaDiBalikBlog. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayoloh, awas ya kalo gak ikut lomba blog aku... #ngancem

      Hapus
  19. keren..keren..inspiratip banget mak.

    BalasHapus
  20. emaaak gaoel..sungguh engkau idolakuuu :D

    BalasHapus
  21. Salut buat semua usaha mba Win...7 tahun menjaga konsistensi pasti banyak jeglogan n becek2an di jalan...
    Tapi pasti jadi lebih tangguh!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo, saaan....semangat! pasti bisa ngejar...
      tujuh tahun mah belum ada apa-apanya, san...itu ada yang udah belasan tahun lho ngeblog...wow...

      Hapus
  22. Waahh hebat bisa konsisten tujuh taun ngeblog...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah, mbak...kadang semangat turun naik juga.. :)

      Hapus
  23. mau belajar bahasa gaoelnya ya mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. duilee, bahasa acakadul gini, tinggal cuuss aja...hahahaha...

      Hapus
  24. gak sabar menanti rangkaian kata demi kata, dan berujung di mana,, bikin penasaran, mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, bikin terharu, ada yang gk sabar...wkwkwkwk....makasih yaa... :)

      Hapus
  25. jiakakakak...sama mbak aku bingung juga ama GA..ampe skrg aku yo nggak mudeng2..pokoke nulis aja wes...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss-lah. tapi harus belajar pelan-pelan ya mak... :D

      Hapus
  26. tante bahasanya asik kok.. :))
    semangat terus~~!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipanggil tante... -_-
      hihihihi, makasih yaa...semangat!

      Hapus
  27. daku udah ngeblog 17 tahun (ketauan deh umurnya :P ) tapi ya masih gitu gitu aja.
    pengen kaya mak Winda deh...iya pengen jadi blogger sejatih :D

    BalasHapus
  28. inspiratif banget, ngikutin eksistensinya mak Winda di dunia blogging ahh..

    BalasHapus
  29. saking lelahnya bawa-bawa laptop, kamera sampai kehausan gitu ya mbak. Ada gak mbak nulis komen dapet duit? hehehe di timpuk hp sama mbak winda

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak lidyaaa, kalau nulis komen dapet duit, maklid juara deh hahaha...rajin banget BW ;)

      Hapus
  30. Emak Gaoel mah udah keren banget.. Tapi effort-nya juga "keren" ya pastinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, gk berasa effortnya sih kalau udah selesai nulis, tapi pas mulai nulisnya berasa banget... :))) makasih ya...

      Hapus
  31. AKu jarang ngaku blogger, pada nggak ngerti hahahaaa.... Kalau di kampung nggak ngerti maklumlah, tp ini teman2ku yg udah keliling duniapun nggak ngerti juga. Aku ngakunya nulis secara digital gitu malah paham mereka. Puciiiing. Eniwei, selamat ultah ke 7, semoga makin cihui & banyak curhatannya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waks, nulis digital malah paham, ya? hahahaha...
      daripada kita ngaku artis sinteron, apa gak lebih tidak mungkin lagi mak? wkwkwkwk
      makasih ya maks....ntar aku banyak curhat di sini, orang pada gumoh :)))

      Hapus
  32. Baca tulisan ini.. Saya kerasa kebawa... Jempol deh untuk emak yang bisa tahan ngeblog ampe 7 tahun.... Smga saya bisa kayak emak... Amin #newbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, bisa lebih doong, kan masih muda... #ngakutua :)))

      Hapus
  33. Aaaaaaaaaaaaakkk aku telat banget baru blogwalking ke blog emak paling gaoel se indonesia inii. *langsung pencet follow* *sembah sujud di depan laptop*
    Enaknya ngeblog kalo dari hati emang gitu ya mak, semuanya ikhlas aja meskipun harus belajar semua-semuanya. Yuhuuuu! \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, salam kenal yaa... itu sujud jangan depan laptop, sujud di sajadah...hihihihi
      bener banget, karena ngerjainnya dari hati, happy aja terus.. ;)

      Hapus
  34. Emak Gaoel inspiratif bangeeet!! :D :D :D
    Iya bener juga ya, ngeblog itu bikin kita jadi belajar. Liat tutorial ini itu lah, ngeriset topik yang dibahas lah... Moga makin banyak job ngeblog ya maaakkk *bagi2 donk hihihihihiii :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. semangat terus ngeblognya yaa..insya Allah, rejeki nggak ke mana kook.. ;)

      Hapus
  35. keren, mak gaoel..
    jadikanlah aku muridmu, mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain mau bilang, "jadikanlah aku pacarmu,mak!" hampir gw tolak...wkwkwkwkwk

      Hapus
  36. emak gaoel sih emang udah keren dah... :)

    BalasHapus
  37. Postingan yang membangkitkan semangat Mak, secara kita sama2 emak2 ... saya benar2 setuju dengan konten tulisan ini .....saya juga suka bisa belajr hal2 baru tapi utk video saya masih ketinggalan *hiks*. Jadi ingat pertama kali bisa bikin video waktu ikut Srikandi Blogger. Kalo gak dipaksa, mana tahu saya serunya bikin video wkwkwk ... mari terus ngeblog.

    Keep inspiring yaa
    Dan semoga menang :)

    BalasHapus
  38. Maaak, daku juga mau dong jadi muridmu. Masih bingung nih gimana ngurus blog. Salam kenal dan sungkem pada Mak Gaoel.

    BalasHapus
  39. Duh...foto terakhir. Mak Gaoel juga bisa lelah :)

    BalasHapus
  40. nulis beginian doang, semua orang juga bisa... huahahahha... Rasanya tuh, kl denger kalimat model gini langsung pengen nyekek...
    Way to go Winda! Semoga tulisan2nya bisa menginspirasi ;)

    BalasHapus
  41. nulis beginian doang, semua orang juga bisa... huahahahha... Rasanya tuh, kl denger kalimat model gini langsung pengen nyekek...
    Way to go Winda! Semoga tulisan2nya bisa menginspirasi ;)

    BalasHapus
  42. Keren deh mak....udh lekat banget nih ya personal brandingnya..gahol cuy!!!!! Perlu banyak belajar sama yg senior nih *sungkem*

    BalasHapus
  43. blog emakgaoel ini yang meracuni saya buat ikut-ikutan bikin blog :) semangaaaaat!!!!! :)))

    BalasHapus
  44. Waw... oke juga nih blog emak! Aku polow ah.,,

    BalasHapus
  45. Ahahahah setuju! Kadang tulisan kita dianggaep effortless, padahal bikinnya sampe ngeblank mulu di depan laptop.

    Berusaha lucu itu susah tauk! :v

    BalasHapus
  46. Dear, Mamak gaul yang mulai gaul beneran. Mamak gaul pandai membranding diri, dengan keterbatasan yang gak gaul, tapi Mak Gahul terlihat sangat gahul.

    Saya komen di sini biar kelihatan gahul aja, Mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAMAK GAUL YANG MULAI GAUL BENERAN x)))))))

      Hapus
    2. mao juga dong bergahul dengan mamak gahul :))

      Hapus
  47. Brandingnya mbak aja 7 tahun. Howay... Gimana aku?? Kudu berusaha keras banget ini

    BalasHapus
  48. wwaaww..inspiring banget mak!!jadi tambah semangat ngeblog..biar ikutan gaul kayak emak..

    BalasHapus
  49. Suka sama diksi km mak. Santai kayak di pantaaaiiii. Mengalit layak aiiirrrr... Mau berguru dl sa suhu emak gaoel nih hehehee
    Smg 7th ini bisa dijadikan tolak ukut buat jadiin branding yg oke punya ya mak. Tetep eksis dan tetep baik dan tidak sombong nyiahahaha

    BalasHapus
  50. Bundadari, my inspirator *alwaysinspiring!!

    BalasHapus
  51. Ruuarr biasa!! konsistensi tingkat tinggi, ikut baca-baca ya mak, saya blogger pemula, salam kenal...

    BalasHapus
  52. Aku gak konsen baca postingannya gara2 hayati lelah ituh :)

    BalasHapus
  53. Membangun personal branding, jika seseorang mendengar brand kita tersebut pasti langsung keinget wah ini pasti punyanya si fulan. Keren mak 7 tahun itu waktu yang nggak sedikit loh...

    BalasHapus
  54. huahahahaha...paling sukaaa liat foto lelahnyaaa...emak gaoel dilarang lelaaah hihihihiii...salam kangeeen dari mariiih...selamat udah menaaang yaaah mmuuaaah..

    BalasHapus
  55. Ajarin dong bun ... gimana langkah2 awal utk bisa menulis di blog
    Plisss ...
    Selama ini gak pede banget dengan tulisan yg saya bikin sendiri.

    BalasHapus