Sabtu, 19 September 2015

Lapak untuk Berqurban

  11 comments    
categories: 
“Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu,   maka sholatlah untuk Tuhanmu   dan sembelihlah kurban.” Al Kautsar: 1-2

Hayo! Idul Adha sebentar lagi. Sudah beli hewan qurban? Atau masih ngumpulin dananya? Belum terlambat. Masih ada waktu beberapa hari, walaupun kalau menunggu sampai mendekati hari-H biasanya harga hewan qurban bisa naik, ya. Atau teman-teman masih bingung mau beli hewan qurban di mana dan mau menyalurkannya ke mana?



Sharing aja (dan ini mungkin pengalaman banyak orang juga), tiap mau berqurban saya selalu dibuat galau. Maunya sih nggak repot dengan urusan cari-cari hewan qurban ini. Karena repot yang saya maksud di sini kompleks sekali. Mulai dari mencari hewan qurban yang bagus, harga yang sesuai budget, sampai lokasi distribusi daging qurban. Khusus untuk pendistribusian ini, saya biasanya kasih perhatian lebih. Makanya biasanya saya suka survey dulu, kampung mana yang butuh hewan qurban. Karena kalau saya mau enaknya aja pilih berqurban di dekat rumah, misalnya, suka sedih karena daging qurban berlimpah sampai dibagi-bagi ke penghuni perumahan yang notabene sudah biasa makan daging tiap hari. Rasanya kurang tepat sasaran mengingat masih banyak di tempat lain saudara-saudara kita yang jarang bertemu daging untuk dimakan. Jangankan daging, mungkin rumah dan pakaian pun mereka masih bergantung pada uluran tangan kita. 

Alhamdulillaah, kegalauan saya tahun ini terjawab. Segala tetek bengek dalam mencari hewan qurban menjadi sesederhana klak-klik di layar laptop/smartphone. Ketemu online marketplace super lengkap yang sampai hewan qurban pun ada itu jadinya seperti do’a yang dijawab. Bayangin, hewan qurban sekarang bisa beli online! 


Kalau kamu buka Bukalapak, di sana bisa kita temukan bagian khusus penjualan hewan qurban atau Lapak Qurban. Ini bukan sub-kategori temporer di Bukalapak, lho. Artinya, kapan pun kita mau beli hewan untuk qurban atau disumbangkan, kita selalu bisa mencarinya di sana. Karena selain untuk keperluan Idul Adha, Lapak Qurban ini bekerja sama dengan Global Qurban dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia untuk urusan pendistribusian daging qurban yang dibeli di Lapak Qurban. 

Bukalapak adalah adalah online marketplace yang aman, baik untuk penjual maupun pembeli, karena menerapkan sistem Rekening Bersama dengan pola: pembeli transfer dana ke Bukalapak setelah konfirmasi pembelian, Bukalapak akan meneruskan pesanan ke penjual, penjual akan mengirimkan pesanan ke pembeli, dana akan diteruskan ke penjual setelah pembeli konfirmasi telah menerima pesananannya. Saya suka sama konsep Bukalapak karena mereka mendukung dan memberdayakan UKM di seluruh Indonesia. Jaminannya juga jelas, 100% uang kembali jika dalam 4 hari barang pesanan pembeli tidak dikirimkan oleh penjual. 


Untuk Lapak Qurban sendiri, semuanya dikonsep secara detil karena menganut prinsip amanah. Ada titipan masyarakat di sana untuk menyampaikan qurban mereka kepada yang membutuhkan. Artinya, kepercayaan menjadi sebuah nilai yang harus dijunjung tinggi oleh Bukalapak dan Lapak Qurban.

Ini ilustrasi saya untuk menjelaskan dengan gampangnya kenapa kita sebaiknya membeli hewan qurban di Lapak Qurban, Bukalapak.

1. All in

Mulai dari penyediaan hewan, pemotongan hewan qurban, distribusi, dokumentasi sampai laporan lengkap setelah daging qurban diterima yang berhak mendapatkan, akan dikirim secara berkala kepada pequrban. Harga sudah termasuk biaya operasional: sosialisasi, penyediaan hewan, pemotongan, distribusi, dokumentasi dan pelaporan.





2. Distribusi tepat sasaran

Lapak Qurban punya database daerah-daerah yang membutuhkan mulai dari desa tertinggal dan rawan pangan di seluruh Indonesia, daerah musibah sampai daerah konflik dalam dan luar negeri. Iya, mereka juga bisa menyalurkan sampai ke daerah konflik di luar negeri seperti di Gaza, Palestina karena bergandengan tangan dengan Global Qurban dan ACT Indonesia. Global Qurban berwenang untuk menentukan wilayah prioritas distribusi.




3. Sertifikat pembelian hewan qurban

Pequrban akan menerima sertifikat pembelian hewan qurban sebagai bukti terdaftar sebagai pequrban.











4. Bebas memilih jenis hewan qurban

Sapi, kambing, sampai unta. Okesip! Qurban anda akan dipotong dan didistribusikan pada Hari Raya Idul Adha atau hari Tasyrik 1436 H/2015.








5. Laporan lengkap secara berkala

Mulai dari laporan pembelian hewan qurban via e-mail sampai laporan berupa SMS sesaat setelah hewan qurban disembelih dan didistribusikan. Termasuk juga foto-foto dokumentasi penyembelihan dan pendistribusian daging qurban akan dilaporkan kepada kita. 






Mau nggak ribet nyari hewan qurban, tapi pengen daging qurbannya didistribusikan tepat sasaran? Lapak Qurban di Bukalapak solusinya. Jangan nunggu-nunggu lagi buat berqurban, ya. Nanti kalau ada yang nyindir, “Beli motor bisa, masa beli kambing nggak mampu,” pasti sebel, kan? Hihihihi. Inget lagi ayat di atas, kita sudah diberi karunia begitu banyak, berqurbanlah.  

11 komentar:

  1. sebaiknya memang kalau kita berkurban di tempat yang membutuhkan ya mak, dulu sih sudah pernah ikutan kurban di Cinajur Selatan tempat suami, seneng bukan main mak karena di sana jarang banget yang namanya makan daging-dagingan, ini saya baru tau ternyata kita bisa berkurban di marketplace jadi gak bingung buat pilih2 hewan kurban lagi

    BalasHapus
  2. Tapi entahlah, masih kurang sreg kalo harus online hihi.

    BalasHapus
  3. hmm, jadi gampang ya mak, semuanya bisa online, semoga selalu amanah penyelenggaranya

    BalasHapus
  4. Dari dulu kalau ada qurban atau sumbangan online saya agak gimana - gimana walaupun brandnya sudah famous. Teteup aja bawaannya insecure dan lebih milih buat berqurban atau beramal ke saudara atau tetangga yang lebih membutuhkan juga. Tapi bagus sih, CSR kayak gini memudahkan orang kalau ada yang mau berqurban juga. Nice info, Mak :)

    BalasHapus
  5. Wiih ada buka lapak qurban juga ya sekarang, semakin memudahkan orang yang mau beribadah. Tapi setahuku mak kalo yang dibagi2 ke warga sekitar masiid meskipun mampu itu bukan yang jatah buat fakir miskin. Kalo ga salah pembagiannya, sepertiga buat fakir miskin, sepertiga buat kerabat, sepertiga buat yang berqurban. CMIIW.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku tau itu, mak. Tapi krn sktr rumah selalu berlimpah daging qurban, sdgkan di daerah lain kdg 1 kambing aja gk ada yg qurban, aku ngerasa gimana gitu. "Jatah" yg kata mak rahmi itu setahuku boleh diambil atau boleh tidak diambil.

      Hapus
  6. enak ya berqurban via online itu, nggak perlu ribet. cuma masalahnya, anakku mintanya kambingnya harus bisa di pegang sama dikasih makan abis sholat ied hehe...

    BalasHapus
  7. wah kayaknya asyik nih qurban makin praktis dan distribusinya bisa mencapai temapt-tempat terpencil, ga melulu di tempat kita yg kadang udah berlimpah dagingnya.

    makasih mak infonya, langsung cuss ke bukalapak...

    BalasHapus
  8. tp bnr bisa dipercaya ya mba... ntahlah, kalo ga ngeliat sndiri hewannya, kyk kurang sreg :D.. kalo masalah fotokan itu ga susah juga utk rekayasa.. cm iya sih, ini masalah kepercayaan.. apalagi tanggung jawab penjualnya ke Tuhan...

    BalasHapus
  9. seneng bukan main mak karena di sana jarang banget yang namanya makan daging-dagingan, :)

    BalasHapus
  10. Kurban melalui Global Qurban merupakan ajakan yang mampu berkurban namun tak sempat untuk: memilih, membeli, menyembelih dan mendistribusikan GQ-ACT membantu dan mendistribusikan di daerah-daerah miskin supaya daging yang diberikan benar-benar membuat mereka bahagia

    Ini adalah amanah untuk ibadah, GQ akan menjalankan amanah yang terbaik, jika tidak amanah maka tidak mungkin dipercaya orang hingga 5 tahun dan pendistribusian yang semakin luas

    BalasHapus